​MASALAH PALING UMUM MENGENAI PEMBENGKAKAN PROSTAT

Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra). Ukuran organ ini sebesar biji kemiri dengan diamater empat sentimeter. Kelenjar prostat merupakan salah satu organ reproduksi pada pria. Cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar prostat membantu memberi nutrisi pada sperma dan membantu kesuburan. Semakin bertambah usia, ukuran prostat akan semakin membesar. Pada pria usia 25-30 tahun prostat mencapai berat maksimal, sekitar 25 gram.

Perkembangan kelenjar prostat, dimulai dengan seukuran kacang polong pada bayi baru lahir dan berkembang sangat lambat sampai saat masa pubertas, kemudian bertambah 2 kali lipat. Menjelang usia 40 tahun, kelenjar prostat biasanya akan membesar kembali. Faktor yang mempengaruhi perkembangan dan fungsi dari kelenjar prostat terdiri dari banyak hormon, tetapi yang terutama adalah hormon seksual pria, yaitu testosteron.

Ada tiga masalah yang paling umum mengenai prostat. Sperti dibawah ini:

  • BPH:
    Dalam kasus tertentu, ukurannya bisa mencapai seperti buah jeruk dan menekan haluan kemih yang melalui uretra. Kondisi ini disebut harmless prostatic hyperplasia (BPH), serta ini merupakan masalah prostat yang paling umum.
     
  • Prostatitis:
    Lalu, apa yang terjadi bila usia Kamu baru 35 tahun namun Anda telah mendapatkan perkara atau terlalu sering buang air kecil? Dalam situasi ini Anda mungkin mendapatkan infeksi pada prostat yang disebut bacterial prostatitis.
     
  • Kanker Prostat:
    Kanker prostat merupakan kanker paling umum dalam kalangan pria tadinya 55tahun dan menjadi pembunuh terbesar kedua di masa kanker-kanker yang menyerang pria di Amerika Serikat. Berlimpah dari separuh pria tadinya 70 tahun telah mengalaminya. Kanker prostat jarang menyerang pria pada bawah 45 tahun kecuali bila ada di masa keluarga Anda yang demikian. Penyakit ini biasanya meraih disembuhkan bila terdeteksi di dalam tahap dini.
Tips Merawat Prostat
Anda dapat mengurangi kemungkinan dan meringankan dampak gangguang prostat melalui beberapa perubahan pola makan dan cara hidup. Berikut adalah langkahnya:
  • Ejakulasi secara teratur.
    Kamu dapat mengambil pilihan yang bijak. Yang jelas, memungkinkan saluran pengeluaran tidak tersumbat.
     
  • Menurunkan kolesterol.
    Di dalam tubuh, kolesterol diubah akhirnya menjadi testosteron. Berdasarkan pengamatan jaringan prostat yang membesar mempunyai kandungan kolesterol tinggi 1x.
     
  • Kurangi asupan lemak.
    Hindari makanan-makanan kaya lemak, seperti daging merah, produk susu, ' serta goreng-gorengan.
     
  • Batasi makanan sangat merangsang dan alkohol.
    Keduanya meraih meningkatkan iritasi pada kantung kemih, khususnya bila Kamu menderita BPH. Alkohol dapat merugikan sekali, karena berfungsi menekan sistem saraf induk yang membuat otot-otot pada seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih. Akibatnya urin tertahan.
     
  • Berolahraga.
    Banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami perkara prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.
     
  • Tidak duduk terlalu lama.
    Berada terlalu lama membuat prostat Anda tertekan. Apabila pekerjaan menuntut Kamu lebih banyak duduk, bangkitlah dan berjalan-jalan barang sejenak demi kebaikan Anda sendiri. Jangan menahan kencing. Jika Anda sering ingin buang air kecil, orang pada umumnya menganjurkan Anda berlatih menahannya selama mungkin. Cara berpikir ini salah, apalagi di dalam kasus ini.
     
  • Hindari minum banyak di malam hari.
Jangan minum selewat pukul enam atau tujuh petang, apabila tidur Anda hampir sering terganggu (misalnya, lebih untuk dua kali dalam semalam) oleh keinginan untuk buang air kecil. Baik siang maupun malam hari, batasi minum minuman yang berisi kafein. Ini membuatmu jauh sering buang air kecil dan tidak baik untuk kandung kemih, karena seolah-olah sudah penuh padahal belum.

konsultasi-dokter

Makin dini Anda memeriksakan diri Ke Klinik Apollo, jadi penyakit dapat segera ditangani untuk mencegah kondisinya memburuk.