​MUNCULNYA BISUL DAN BENJOLAN DI BIBIR VAGINA

Anda telah panik, berpikir bahwa benjolan itu merupakan gejala penyakit kelamin. Atau, Anda gelisah bisul yang Anda mungkin semacam kanker. Sekarang Anda benar-benar panik, lalu mulai membuka tab internet baru untuk mencari respom atas kegusaran Anda.

Mungkinkah benjolan di bibir vaginal area saya adalah...

  • Kanker vulva

    Kanker vulva merupakan kanker yang menyerang periode luar sistem reproduksi wanita (vulva). Area ini termasuk bagian depan vagina, bibir vagina (labia), klitoris, serta kulit serta jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Sedikit kemungkinannya benjolan yang Kamu temukan adalah tumor sel kanker. Kanker vulva termasuk langka, hanya menduduki 3-4% dari total kasus kanker alat reproduksi wanita. Macam kanker ini adalah kanker kulit lambat, butuh masa tahunan untuk berkembang. Perubahan prakanker biasanya dapat dideteksi dan diobati.

  • Herpes virus genital

    Herpes genital di dalam perempuan umumnya tidak mendatangkan tanda dan gejala persis sekali (asimptomatik). Borok langkah pertamanya berupa bentol kecil menyerupai gigitan serangga yang beralih, berganti, bersalinbertukar menjadi luka melepuh yang terbuka dan terlihat misalnya bisul.

  • Kutil kelamin

    Benjolan berdaging berukuran yang padat, timbul, serta memiliki permukaan kasar dapat menjadi pertanda kutil kelamin. Kutil kelamin disebabkan akibat human papilloma virus ataupun HPV. Anda bisa memperoleh kutil kelamin melalui kontak kulit antar kelamin ataupun bahkan menyentuh alat kelamin dengan tangan yang menarik virus.

  • Ulkus (chancroid)

    Chancroid atau ulkus mole adalah infeksi penile yang disebabkan bakteri Haemophilus ducreyi. Bakteri menghasilkan luka terbuka alias koreng yang muncul pada atau dekat organ reproduksi eksternal. Koreng mungkin berdarah dengan mulus saat disentuh atau meraih nanah menular yang meraih menyebar bakteri selama seks oral, anal, atau vaginal area.

  • Sifilis

    Anda dapat tidak mengetahui Anda mempunyai ulkus jika itu berkembang di dalam vagina ataupun di bukaan rahim (leher rahim). Ulkus juga meraih muncul di daerah tubuh selain alat kelamin.

  • Molluscum contagiosum

    Pertumbuhan kutil atau kulit ekstra menyerupai tahi lalat yang timbul abnormal bisa diakibatkan akibat molluscum contagiosum, virus yang ditularkan melalui kontak kulit atau kontaminasi dari pertukaran barang pribadi, seperti handuk.

Apa lagi yang menyebabkan bisul dan benjolan di bibir vagina?

  • Vulvovaginitis

    Candida albicans adalah infeksi jamur penyebab umum dari vulvovaginitis. Vulvovaginitis pada remaja perempuan meraih disebabkan oleh kadar female yang rendah.

  • Eksim

    Eksim mengacu pada kulit yang menyebabkan kulit meradang, bengkak, iritasi, serta gatal. Salah satu macam eksim yang sering timbul adalah dermatitis atopik (disebabkan oleh sensitivitas kulit kepada alergen) dan dermatitis kontak (disebabkan iritan eksternal ataupun kimiawi).

  • Kista vaginal area

    Jika berukuran cukup besar atau tidak tak tenang, dokter dapat mengempiskan benjolannya. Memencet kista sendiri tidak merupakan ide yang baik sebab dapat membuka gerbang masuknya bakteri dan mengakibatkan infeksi dan bernanah; pada umumnya diakibatkan oleh bakteri penyebab penyakit menular seksual, misalnya gonore atau klamidia.

Penyebab kista vagina tergantung di dalam jenisnya:

-  Kista inklusi merupakan salah satu jenis yang paling umum dari kista vagina, biasanya sangat kecil dan terletak di dinding bawah vagina. Kista inklusi disebabkan oleh trauma di dalam dinding vagina. Misalnya, untuk episiotomi (sayatan sukarela memperbesar lubang vagina ketika melahirkan)

-  Kista Bartholin merupakan kista yang berisi cairan, terbentuk pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini terletak pada kedua sisi bukaan ke vagina dan merupakan produsen cairan yang melumasi bibir vagina (labia)

Ingat yakni hal terbaik yang meraih Anda lakukan jika Kamu melihat atau mencurigai hadirnya benjolan di bibir vaginal area atau perubahan fisik lainnya yang tampak tidak normal adalah berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa serta mendapatkan diagnosis tepat. Dengan cara itu Anda jadi memiliki ketenangan pikiran.

konsultasi-dokter

Baca Juga : Keputihan