​PENYEBAB VAGINA GATAL PALING UMUM

Hampir semua wanita pernah mengalami gatal di bagian vagina karena beberapa alasan. Anda tidak perlu malu akan hal tersebut. Itu terjadi karena adanya hal yang bisa menyebabkan iritasi kulit vulva dan vagina. Daftar kemungkinan penyebab gatal pada vagina sangat panjang. Berikut kami sajikan beberapa penyebab paling umum.

Alergi dan Iritasi Kulit

Bahan kimia pada beberapa produk yang Anda gunakan dapat menyebabkan iritasi atau bahkan menimbulkan reaksi alergi yang menyebabkan gatal pada miss v. Penyebab umumnya adalah deterjen atau pelembut kain yang Anda gunakan.

Bisa juga sabun mandi dan deodorant, salep, krim dan lotion yang menyebabkan alergi pada tubuh dan memicu adanya gatal. Selain itu douching vagina juga menyebabkan gatal pada miss v, termasuk lubricant yang digunakan saat berhubungan seksual.

Gejala Infeksi Vagina

Infeksi ragi vagina disebut-sebut sebagai efek samping yang menyebabkan gatal pada miss v yang begitu hebat. Penyebab umumnya meliputi penggunaan antibiotik atau pil, hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, menstruasi, kehamilan, diabetes dan karena sistem kekebalan tubuh Anda yang lemah. Hal tersebut bisa juga disebabkan karena Anda sedang melakukan diet atau adanya masalah hormonal.

Infeksi vagina lainnya dan penyakit menular seksual (PMS), termasuk bakteri vaginosis (BV), herpes genital, trikomoniasis, dan kutu kemaluan, mungkin juga menjadi penyebab daerah kewanitaan gatal dan perih. Selain gatal, bakteri vaginosis sering disertai dengan keputihan berlendir dan bau amis setelah melakukan hubungan seksual. Trikomoniasis juga menyebabkan perubahan keputihan, disertai dengan bau vagina yang begitu kuat dan juga gatal pada miss v.

Salah Satu Gejala Vaginitis

Wanita yang menderita vaginitis, atau yang juga dikenal dengan radang vagina, mungkin mengalami perubahan vagina, bau vagina, dan peradangan yang disertai gatal-gatal. Vaginitis sering terjadi pada anak perempuan yang belum mencapai pubertas.

Ini penting bagi Anda, para ibu, untuk mencari tahu kenapa hal tersebut dapat terjadi pada putri Anda. Mungkin itu disebabkan karena putri Anda mengalami pelecehan seksual atau bisa jadi itu merupakan gejala penyakit yang lain. Jadi penting bagi Anda menemui dokter sehingga Anda dapat menemukan penyebab terjadinya vaginitis .

Stress

Semua penyakit pada awalnya berawal dari stres dan kemudian berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan. Begitu juga dengan gatal pada miss v, stres dapat menjadi pemicunya.
Untuk itu, jika Anda sedang mengalami stres, cobalah lakukan beberapa gerakan yoga atau meditasi. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengurangi atau bahkan mencegah daerah kewanitaan gatal dan perih.

Menopause

Selain wanita yang mendekati tahun pasca menopause, wanita pada tahap perimenopause juga sering mengalami gatal pada miss v. Rasa gatal tersebut biasa terjadi bersamaan dengan keringnya vagina.

Penyebab Lainnya

Penyebab lainnya daerah kewanitaan gatal dan perih yang jarang ditemukan adalah adanya kondisi kulit lain yang mungkin atau (mungkin juga tidak) bersifat pra-kanker. Bisa juga itu disebabkan adanya cacing kremi, namun pada umumnya ini dialami anak-anak. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gatal pada miss v disertai nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah, dan jika daerah kewanitaan gatal dan perih disertai demam.

Jika Anda mengalami gatal pada miss v atau gatal pada alat kelamin, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda. Penyebab gatal tersebut tidak selalu diketahui secara jelas dan tidak sama pada setiap orang.
Anda mungkin menerka-nerkanya dengan membaca beberapa artikel online. Namun dokter dapat mencari tahu penyebabnya dengan melihat riwayat kesehatan Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui apakah gatal tersebut disebabkan PMS atau ada infeksi lainnya.

konsultasi-dokter

Baca Juga : Diagnosa Keputihan