​WASPADA HAL INI SEBABKAN MISS V BENGKAK

Bagi para wanita, alat kelaminnya atau yang lebih dikenal dengan sebutan miss v adalah salah satu bagian tubuh yang sangat wajib diperhatikan. Ya, ladies miss v wajib untuk Anda perhatikan, karena organ genital yang satu ini punya keunikan dan struktur yang berbeda dari bagian tubuh lainnya. Apalagi hal tersebut justru membuat miss v rentan mengalami masalah, salah satunya adalah pembengkakan di bagian vagina.

Pembengkakan di vagina umumnya diiringi dengan berbagai gangguan lainnya, mulai dari iritasi, nyeri, kemerahan, luka sampai mengeluarkan cairan yang berbau menyengat yang sangat mengganggu tentunya. Bisa Anda bayangkan kalau itu terjadi pada Anda? mengerikan bukan?
Menurut para pakar kesehatan setidaknya ada 5 penyebab miss v bengkak, semua itu berkaitan langsung dengan kurangnya perhatian terhadap organ genital paling penting tersebut. Apa saja penyebabnya? Ladies berikut ulasannya.

Miss V Kurang Higienis

Pasti Anda sadar bagaimana bentuk dan bahkan peran pada setiap bagian miss v Anda. tapi mungkin Anda sendiri tidak sadar kalau ada banyak tempat yang bisa menjadi tempat favorit kuman dan bakteri. Setiap lipatan pada miss v adalah sarang kuman dan bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini bisa membuat Anda mengalami gatal-gatal dan berujung pada pembengkakan.

Infeksi Jamur

Selain kuman dan bakteri, jamur dan virus juga bisa tumbuh dan berkembang di miss v, dan hal ini tentu akan menyebabkan miss v jadi bengkak setelah jamur ataupun virus menginveksi salah satu bagian.

Peradangan

Pada kasus tertentu peradangan yang terjadi pada miss v atau tubuh juga bisa menyebabkan miss v jadi bengkak. Hal tersebut karena peradangan dapat memicu penumpukan cairan pada jaringan vagina yang memicu pembengakakan dan diiringi dengan keluarnya cairan. Cairan tersebut umumnya mengeluarkan bau yang sangat tidak nyaman.

Alergi

Miss v butuh perawatan khusus, hanya saja tidak semua produk perawatan baik untuk Anda. pasalnya tidak sedikit produk yang menggunakan bahan kimia sehingga memicu alergi, iritasi, gatal dan berujung pembengkakan. Hentikan pemakaian, ganti produk yang Anda gunakan tapi sebelumnya pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter.

Gangguan Hormon

Fluktasi atau gangguan hormon, dimana hormon yang diproduksi tubuh tidak stabil juga bisa menyebabkan pembengkakan. Hal ini karena fluktasi hormonal akan memicu cairan vagina meningkat dan menyebabkan miss v jadi bengkak.

5 hal di atas dapat dipicu oleh penggunaan produk pembersih yang tidak sesuai, terlalu sering menggaruk dan penggunaan pakaian dalam yang tidak nyaman dan tidak mensirkulasi udara dengan baik. Jika Anda mengalami sebaiknya jangan ditunda, segera periksakan diri Anda ke dokter Klinik Apollo.

konsultasi-dokter
 
Baca Juga : Gatal Pada Keputihan