PEMBESARAN KELENJAR PROSTAT

disclaimer: hasil berbeda-beda tergantung individu 

Apa itu Pembesaran Kelenjar Prostat ?

Pembesaran kelenjar prostat merupakan kondisi yang sangat sering terjadi pada laki-laki yang lanjut usia. Disebut juga Benign Prostatic Hiperplasia (BPH) dan hipertrofi prostat, pembesaran kelenjar prostat dapat menyebabkan gejala sulit kencing. Kelenjar prostat memiliki fungsi untuk memproduksi air mani dan terletak pada rongga pinggul antara kandung kemih dan penis. Karena kelenjar prostat hanya dimiliki oleh pria, maka tentu saja seluruh penderita BPH adalah pria. Umumnya pria yang terkena kondisi ini berusia di atas 50 tahun.
 

 Klik disini untuk mengetahui berapa lama pengobatan Kelenjar Prostat <<<

 

Apa penyebab dari Pembesaran Kelenjar Prostat ?

Sebenarnya penyebab persis pembesaran prostat jinak (BPH) masih belum diketahui, namun diperkirakan kondisi ini terjadi karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Pada sistem kemih pria terdapat sebuah saluran yang berfungsi membuang urine keluar dari tubuh melalui penis, atau lebih dikenal sebagai uretra. Dan jalur lintas uretra ini secara kebetulan melewati kelenjar prostat.


disclaimer: hasil berbeda-beda tergantung individu 

 Klik disini untuk Konsultasi Biaya Pengobatan Kelenjar Prostat <<<  

Jika terjadi pembesaran pada kelenjar prostat, maka secara bertahap akan mempersempit uretra dan pada akhirnya aliran urine mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini akan membuat otot-otot pada kandung kemih membesar dan lebih kuat untuk mendorong urine keluar. Pada laki-laki, pertumbuhan terus menerus ini memperbesar ukuran prostat hingga cukup untuk menyebabkan segala kencing atau secara signifikan menghambat aliran urine. Dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan prostat membesar. Mungkin karena perubahan keseimbangan hormon seks seiring pertambahan usia.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena pembesaran kelenjar prostat adalah:

  • Kurang berolahraga dan obesitas.
  • Faktor penuaan.
  • Menderita penyakit jantung atau diabetes.
  • Efek samping obat-obatan beta ( beta blocker )
  • Keturunan

Bagaimana Tanda dan Gejala Pembesaran Kelenjar Prostat ?


disclaimer: hasil berbeda-beda tergantung individu 

 

Berikut ini gejala-gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita pembesaran kelenjar prostat :

  • Selalu ingin berkemih, terutama pada malam hari.
  • Inkontinensia urine atau beser.
  • Sulit mengeluarkan urine.
  • Mengejan pada waktu berkemih.
  • Aliran urine tersendat-sendat.
  • Mengeluarkan urine yang disertai darah.
  • Merasa tidak tuntas setelah berkemih.

Munculnya gejala tersebut disebabkan karena meningkatnya tekanan pada kandung kemih dan salurang kencing bagian bawah ( uretra ) akibat membesarnya kelenjar prostat.

Jika Anda alami gejala seperti tsb diatas sehingga membuat Anda tidak nyaman bergerak dan beraktivitas normal seperti biasanya, oleh karenanya jangan ragu atau malu untuk segera memeriksakan keluhan Anda tsb kepada kami di Klinik Apollo dimana Anda merasa terjaga privacy dan segera dapatkan solusi kesembuhannya. 

Bagaimana Cara Pengobatan Pembesaran Kelenjar Prostat ?

Penanganan pembesaran kelenjar prostat dikelompokan menjadi dua, yaitu penanganan pembesaran kelenjar prostat dengan gejala ringan dan penanganan pembesaran kelenjar prostat dengan gejala menengah hingga parah. Penyakit Pembesaran kelenjar prostat bisa disembuhkan dan termasuk mudah dalam penanganannya asalkan mendapat perawatan yang cepat, tepat dan tidak terlambat. Jika Anda mengidentifikasi gejala-gejala  seperti yang disebutkan diatas segeralah berobat dan konsultasi dengan Dokter  Ahli Andrologi.  Jangan mengulur waktu Anda jika harus kembali memeriksakan kondisi penyakit Anda ke Dokter karena lama masa pengobatan tergantung pada kondisi penyakit dan metabolisma tubuh Anda.
 

konsultasi-dokter

" Jika Anda mengalami keluhan diatas, untuk informasi lebih lanjut dan jelas silahkan konsultasi langsung dengan kami di klik chat " KONSULTASI DOKTER ONLINE" dibawah ini atau segera menghubungi kami secara langsung via SMS ataupun Telepon. Terima kasih. "
 

 Klik disini untuk konsultasi pasien perlu Rawat Inap atau tidak <<<