RADANG KANDUNG KEMIH

disclaimer: hasil berbeda-beda tergantung individu 

Apa itu Radang Kandung Kemih ?

Radang atau infeksi kandung kemih dengan istilah sistitis adalah peradangan di saluran kandung kemih yang mengakibatkan nyeri di saluran kandung kemih.

Apa itu Infeksi Saluran Kemih ?

Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Sembilan dari sepuluh kasus infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup di dalam usus besar dan sekitar anus. Diperkirakan bakteri ini masuk ke dalam saluran kencing bagian bawah (uretra) seseorang ketika kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar maupun kecil.


Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Penularan Radang Kandung Kemih ?

Bakteri utama penyebab ISK adalah bakteri Escherichia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di usus besar (kolon). Wanita lebih rentan terkena ISK karena saluran kencing bagian bawah (uretra) wanita lebih pendek daripada uretra pria sehingga bakteri ini lebih mudah menjangkaunya. 

Bagaimana Tanda dan Gejala Radang Kandung Kemih ?

disclaimer: hasil berbeda-beda tergantung individu 


 

  • Selalu ingin buang air seni (sering) dan terasa sakit pada perut bagian bawah.
  • Terasa gatal atau panas sewaktu buang air seni.
  • Radang kandung kemih juga menyebabkan adanya darah di dalam urine, serta dapat menyebabkan demam.
  • Sebagian penderita merasa sakit pinggang.
  • Perasaan tidak nyaman, mual, dan muntah.
  • Pada pria dijumpai cairan yang keluar dari uretra.
Infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh iritasi setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urine oleh kondisi tertentu. Ketika mengenai saluran kemih dibagian bawah dinamai dengan istilah medis uretritis (infeksi saluran kencing bagian bawah), dan ketika mengenai saluran kemih bagian atas dinamai dengan istilah medis pielonefritis (infeksi ginjal). Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki.
Apakah Komplikasi Yang Mungkin Timbul Pada Infeksi Saluran Kemih ?
Berdasarkan bagian sistem saluran kemih yang terkena dampaknya. 

Bagaimana Cara Pengobatan Radang Kandung Kemih ?
Penyakit radang kandung kemih bisa disembuhkan dan termasuk mudah dalam penanganannya asalkan mendapat perawatan yang cepat, tepat dan tidak terlambat. Jika Anda mengidentifikasi gejala-gejala radang kandung kemih seperti yang disebutkan diatas segeralah berobat dan konsultasi dengan Dokter Ahli Penyakit Dalam ( Internist ). 

" Jika Anda mengalami keluhan diatas, untuk informasi lebih lanjut dan jelas silahkan konsultasi langsung dengan kami di klik chat " KONSULTASI DOKTER ONLINE" dibawah ini atau segera menghubungi kami secara langsung via SMS ataupun Telepon. Terima kasih. "

konsultasi-dokter