Balanitis Adalah Iritasi Kulit Pada Kepala Penis

Balanitis adalah pembengkakan kulup atau kepala penis. Balanitis mempengaruhi sebagian pria. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan, akan tetapi biasanya tidak serius. Dan bisa dihilangkan dengan menggunakan pengobatan topikal. Balanitis adalah iritasi kulit pada kepala penis yang dapat mempengaruhi pria dan anak laki-laki. Kondisi ini biasanya tidak serius, akan tetapi harus menemui dokter jika menderita balanitis.

Pengertian Balanitis Adalah

Balanitis adalah peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau kondisi kulit kronis. Kebersihan yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi kulit. Baik kebersihan yang tidak memadai dan terlalu banyak dalam membersihkan juga dapat menambah masalah ini. Kondisi ini sering disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri atau ragi. Kulit khatan penis adalah area yang ideal bagi organisme untuk tumbuh karena dapat menjebak kelembaban di sekitar kepala penis. Luka pada ujung penis atau kulup dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

konsultasi

Penyebab Umum Balanitis Adalah

Iritasi di area tertentu dapat menyebabkan balanitis. Iritasi ini dapat disebabkan oleh :

• Tidak membilas sabun sepenuhnya dari penis setelah mandi.
• Menggunakan sabun dengan aroma untuk membilas penis.
• Menggunakan sabun batangan yang dapat mengeringkan kulit.
• Menggunakan lotion beraroma atau spray pada penis.

Beberapa obat-obatan pencahar, pil tidur, obat-obatan penghilang rasa sakit dan pengobatan antibiotik juga dapat menyebabkan balanitis sebagai efek samping yang disebut erupsi obat-obatan tetap. Penyabab lain balanitis dapat termasuk :

• Radang sendi reaktif.
• Diabetes (kencing manis) yang tidak terkontrol.
• Infeksi menular seksual (IMS) seperti sipilis (raja singa), Trichomonas dan gonore (kencing nanah).

konsultasi

Apa Saja Gejala Pada Balanitis?

Pembengkakan dan kemerahan pada kulup dapat mengindikasikan balanitis. Gejala lain kemungkinan dapat termasuk :

• Kulup yang kencang.
• Alat kelamin yang gatal.
• Rasa sakit di area genital.
• Kulit yang menyakitkan pada penis.
• Penis terasa sakit dan bau.
• Kemerahan dan bengkak.
• Penumpukan cairan yang kental.
• Sakit saat kencing.

Pembengkakan ujung penis dapat menekan uretra. Ini bisa menyebabkan kencing yang menyakitkan. Balanitis dapat mempengaruhi kepala penis dan kulup. Terjadi jauh lebih sering pada pria dan anak laki-laki yang tidak disunat. Beberapa orang dewasa juga kemungkinan memiliki kulit khatan yang ketat yang tidak bisa ditarik kembali, kondisi ini disebut phimosis.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Pria Dengan Balanitis?

Balanitis biasanya dapat didiagnosis selama melakukan pemeriksaan fisik karena sebagian besar gejalanya terlihat. Sampel dengan kapas dapat diambil untuk sampel urine. Untuk memeriksa sel bakteri atau jamur dan membantu menentukan penyebab balanitis. Ketika penyebab balanitis adalah kondisi kulit yang kronis, dokter kemungkinan melakukan biopsi. Untuk biopsi dengan jaringan yang kecil dari penis untuk dilakukan pemeriksaan mengenai adanya penyakit. Dan diberikan anestesi lokal sebelum dikumpulkan sampel.

balanitis adalah

Cara Mengobati Balanitis Dengan Cepat

Usahakan hentikan penggunaan semua sabun pewangi, lotion atau bubuk lainnya karena sering menyebabkan iritasi kulit khatan. Gunakan air hangat untuk membersihkan. Setelah didiagnosis, dokter kemungkinan akan meresepkan pengobatan anti gatal. Pengobatan ini dapat membantu menghentukan rasa gatal dan peradangan.

Jika memiliki infeksi, dokter kemungkinan meresepkan pengobatan antibiotik atau pengobatan antijamur untuk membantu menghilangkannya. Kemungkinan membutuhkan pengobatan lain untuk menghentikan peradangan, pembengkakan, rasa gatal dan cairan yang keluar. Selain itu dengan meresepkan pengobatan steroid untuk mengurangi peradangan.

Namun untuk lebih jelas lagi mengenai pengobatan untuk balanitis ini Anda bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter di Klinik Apollo. Dokter dapat menyarankan beberapa tes atau pengujian untuk menentukan pengobatan yang tepat sesuai tingkat kaparahannya. Hubungi segera kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan online dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.