Apa Yang Menjadi Penyebab Pria Mandul?

Apa penyebab pria mandul? Pada dasarnya wanita bisa hamil setelah aktif berhubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi dalam jangka satu tahun, ketidaksuburan kemungkinan menjadi penyebab utamanya. Faktanya tidak hanya wanita yang bisa alami kemandulan, pria juga bisa mengalaminya. Mengetahui penyebab pria mandul bisa memudahkan Anda melakukan perawatan kesuburan, ketika ingin jalankan program hamil.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab Pria Mandul

Menurut beberapa sumber, faktor tertentu dapat meningkatkan resiko infertilitas pada kalangan pria. Kebiasaan seperti konsumsi minuman keras, penggunaan narkoba, dan merokok dianggap sebagai penyebab pria mandul. Faktor lainnya yang mungkin menyebabkan kemandulan yakni gizi buruk atau stress. Berikut faktor penyebab infertilitas pada pria :

● Faktor fisik yakni hyperthermia, radiasi, serta medan elektromagnetik merupakan sebuah faktor fisik yang berhubungan dengan kemandulan pada kalangan pria.

● Faktor kimia seperti konsumsi alkohol secara berlebihan, merokok, menggunakan narkoba atau kokain dan asupan kafein bisa berkontribusi pada penyebab pria mandul.

● Faktor pekerjaan, racun industri seperti dikosin dan bifenil, terpapar pestisida, dan paparan logam berat mempunyai hubungan kemandulan pada kalangan pria.

● Faktor gaya hidup, stres, kekurangan nutrisi, dan faktor gaya hidup lainnya juga dapat berperan.

● Faktor gaya hidup seperti kekurangan nutrisi, stress, dan gaya hidup lainnya yang mempunyai peran penting pada kemandulan seorang pria.

konsultasi

penyebab pria mandul

Ciri Pria Mandul Yang Perlu Dipahami

1. Memiliki masalah pada testis

Dari beberapa sumber, testis merupakan sebuah organ kecil yang mempunyai bentuk oval yang menghasilkan sperma dan testosteron. Testosteron merupakan sebuah hormon yang bertanggung jawab membentuk karakter pria seperti suara menjadi berat, libido, ereksi, dan rambut di bagian wajar. Sementara, sperma diperlukan untuk membuahi sel telur pada wanita.

Tanda-tanda masalah pada testis yang biasa menyerang pria yakni pada skrotum, satu testis lebih besar, rendah atau tidak ada sama sekali sperma yang dihasilkan oleh testis, serta testis tidak masuk kedalam skrotum.

konsultasi

2. Mengalami tanda dan gejala ejakulasi

Ketidakmampuan seseorang untuk berejakulasi bisa menjadi salah satu penyebab pria mandul. Ejakulasi terjadi ketika pria mengalami orgasme dan menembakan sperma ke rahim wanita, sperma kemudian akan meluncur mencari sel telur untuk dibuahi.

Tanda gejala yang menunjukan masalah ejakulasi diantaranya kesulitan mencapai atau pertahankan ereksi, orgasme yang tidak menghasilkan ekskresi semen dan tampak ada cairan putih ketika berkemih. Bahkan ejakulasi bisa dikatakan gagal, ketika pria menembakan sperma di luar rahim wanitanya.

konsultasi

3. Mengalami masalah hormon

Masalah hormon tidak hanya menyerang kalangan wanita saja. Pria juga mempunyai berbagai jenis hormon dalam tubuh yang bisa timbul kapan saja. Gejala yang menunjukan masalah hormon pada pria seperti testis menjadi kecil atau lunak, impotensi, penglihatan menjadi kabur, perubahan pada pola pertumbuhan rambut, insmondia, otot semakin melemah, dan perubahan suara.

Apabila pasangan Anda mengalami salah satu tanda dan gejala diatas, segera tanyakan kepada dokter untuk membantu persoalan tersebut. Sebab kemandulan tentu menjadi mimpi buruk bagi kedua pasangan yang telah menjalin hubungan serius. Mempunyai keturunan menjadi salah satu tujuan dua insan menikah, jadi segera atasi apabila Anda mengalami tanda dan gejala infertilitas yang cukup serius.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah yang Anda alami dengan tepat dan akurat. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian mengenai penyebab pria mandul, semoga berikan banyak manfaat.

Baca Juga : Ciri Ciri Pria Mandul Yang Harus Diketahui

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.