Bagaimana Tanda Dan Ciri Pria Mandul?

ciri pria mandul

Ciri pria mandul memang harus dipahami sejak dini oleh pasangan suami istri dalam menjalin rumah tangga. Namun sayangnya, kemandulan pada kaum pria memang tidak bisa dideteksi secara pasti sejak awal mengenai tanda dan gejalanya. Pada umumnya kondisi tersebut akan ketahuan setelah pasangan berjuang untuk mendapatkan keturunan, namun tidak kunjung mendapatkan hasil positif.

Ciri pria mandul dapat diketahui jika Anda memperhatikan hal tersebut dengan baik, setelah itu segera konsultasi ke dokter jika Anda sedang melakukan program untuk segera mempunyai keturunan bersama pasangan.

Pahami Mengenai Tanda Dan Ciri Pria Mandul?

Kondisi mandul pada pria mempunyai beragam ciri, tergantung dari hal apa yang mendasarinya. Lalu bagaimana ciri seorang pria tidak subur? Nah kami akan mengulas beberapa tanda seorang pria mandul atau tidak bisa mempunyai keturunan.

konsultasi

1. Fungsi seksual menurun

Saat fungsi seksual seorang pria menurun, misalnya susah mendapatkan atau mempertahankan ereksi, bisa jadi terdapat masalah pada kesuburannya. Pria yang mengalami kondisi ini pada umumnya bermasalah dengan kadar testosteron yang ada dalam tubuh.

Apabila hormon menurun, sperma yang dihasilkan tidak dalam jumlah maksimal dan kondisi ini menjadi salah satu ciri pria mandul.

2. Kelainan testis

Sebagai organ yang berfungsi memproduksi hormon testosteron serta tempat membuat dan menyimpan sperma. Tentunya kesehatan sangat penting bagi kesuburan pria. Beberapa jenis gangguan yang bisa terjadi pada testis yakni varikokel, kanker, pelebaran pembuluh darah, penumpukan cairan, dan pembengkakan testis.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan hambatan di bagian saluran sperma, sehingga sel sperma akan mati karena suhu testis yang meningkat.

Baca Juga : Ciri Ciri Pria Mandul Yang Harus Diketahui

konsultasi

3. Rambut tumbuh hanya sedikit

Ciri pria mandul selanjutnya mayoritas disebabkan karena tidak seimbangnya hormon. Ketika hormon seks pria dalam kadar yang kurang, tentunya pertumbuhan sperma menjadi terganggu. Jika seseorang mengalami hal ini, mereka bisa mandul.

Salah satu cirinya yakni sedikitnya rambut yang biasanya dominan bagi pria, seperti kumis, bulu kaki, bulu dada, dan lain sebagainya. Namun sedikitnya rambut yang tumbuh, entah di area tubuh atau wajah bisa disebabkan akibat faktor genenik atau ras.

4. Testis bengkak atau terasa sakit

Kondisi dimana testis atau buah zakar terasa sakit dan bengkak akibat ereksi atau penyakit lainnya. Beragam infeksi dapat menimbulkan rasa nyeri hingga peradangan di area testis, seperti misalnya infeksi bakteri E. Coli atau akibat bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti klamidia hingga sifilis.

konsultasi

5. Rasa sakit saat ejakulasi

Penderita akan memperoleh rasa nyeri ketika berejakulasi karena adanya gangguan pada prostat dan organ lain pada penis. Kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan sistem reproduksi seorang pria. Jika Anda merasa nyeri ketika berejakulasi, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

6. Hasrat seksual rendah

Jika Anda mendapati hasrat seksual yang rendah, ini bisa menjadi ciri pria mandul selanjutnya, kondisi ini mungkin disebabkan masalah hormon. Karena pada umumnya dorongan seksual berasal dari meningkatnya hormon pada pria yang disebut dengan testosteron.

7. Mengerutnya testis

Beberapa kondisi seperti terserang penyakit, maka testis akan mengalami pengerutan. Masalah ini dapat menyebabkan produksi sperma menurun, sehingga peluang pria mengalami kemandulan menjadi semakin besar.

Nah semoga ulasan secara fisik diatas bisa segera diketahui menyebabkan oleh penderita. Mulai saat ini semua pria harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan penis, supaya fungsi seksual dapat berjalan dengan lancar.

Ketika Anda mendapati tanda dan gejala yang mengganggu lakukan konsultasi segera di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai ciri pria mandul, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyebab Kemandulan Pada Pria, Sering Terabaikan?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.