Ciri Ciri Pria Mandul Yang Harus Diketahui

Memahami ciri ciri pria mandul memang perlu, apapun tujuannya. Namun sayangnya, kemandulan pada pria tidak bisa dideteksi sejak awal. Kondisi ini umumnya baru diketahui setelah seorang pria berjuang untuk mendapatkan keturunan, namun tidak menunjukan titik terang.

Seperti Apa Ciri Ciri Pria Mandul?

Sebenarnya ciri ciri pria mandul memang beragam, tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya, ketidaksuburan pria sendiri bisa disebabkan oleh berbagai jenis hal, diantaranya :

● Faktor usia.
● Genetik.
● Merokok dan minum alkohol secara berlebihan.
● Stres.
● Efek samping dari obat yang sering dikonsumsi.
● Pernah mendapatkan masalah di bagian prostat, testikel, atau organ seksual lainnya.

Tidak hanya itu saja, berat badan berlebih juga bisa meningkatkan ketidaksuburan seorang pria. Jika perut dipadati lemak, maka bisa meningkatkan suhu skrotum sehingga memperlambat kesuburan seorang pria.

konsultasi

1. Jumlah sperma yang dikeluarkan terlalu sedikit

Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan kadar sperma menurun, seperti infeksi varikokel, testikel, antibodi yang menyerang sperma, tumor, ketidakseimbangan hormon, pengobatan, cacat bawaan, hingga dampak dari operasi.

2. Timbulnya rasa nyeri atau bengkak pada testikel

Jika ini sampai terjadi, maka salah satu penyebabnya bisa jadi karena varikokel. Varises pada organ kemaluan pria ini disebabkan oleh bengkaknya pembuluh darah di area testikel, sehingga akan menghambat jalannya sperma. Tidak hanya itu, varikokel juga bisa menurunkan jumlah sperma yang diejakulasikan.

Untungnya kondisi yang belum diketahui penyebabnya ini bisa segera diatasi dengan jalan operasi. Nantinya pembuluh darah yang bengkak akan dijepit atau dimasuki gulungan kecil, agar darah tidak masuk kedalamnya.

konsultasi

3. Rambut yang tumbuh hanya sedikit

Ciri ciri pria mandul yang pertama yakni disebabkan oleh tidakseimbangnya hormon. Ketika hormon seksual pria dalam kadar yang rendah, maka pertumbuhan sperma menjadi terganggu, akibatnya pria bisa mengalami mandul. Salah satu cirinya adalah sedikit rambut yang biasanya dominan pada tubuh pria, misalnya jenggot atau kumis, bulu kaki, dada, dan lain sebagainya.

ciri ciri pria mandul

4. Hasrat seksual rendah

Jika Anda mendapati hasrat seksual rendah, maka ini bisa menjadi ciri pria mandul selanjutnya. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan masalah hormonal. Karena pada umumnya dorongan seksual berasal dari kenaikan hormon serta testosterone seorang pria.

konsultasi

5. Gangguan fungsi seksual

Hadirnya masalah pada fungsi seksual, misal kesulitan melakukan atau pertahankan ereksi bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin tidak subur. Begitu pula dengan hambatan ketika melakukan ejakulasi, hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak jenis faktor.

6. Tidak berfungsinya indera penciuman

Ciri ciri pria mandul yang cukup menarik berikutnya adalah masalah genenik yang sering disebut dengan sindrom kallman. Sindrom ini biasanya disebabkan oleh kurangnya atau tidak berfungsinya indera penciuman. Tidak hanya kalangan pria, wanita juga bisa mengalami masalah ini.

konsultasi

7. Tekstur testikel yang kecil dan padat

Penyebabnya tidak lain yakni sindrom klinefelter yang akan menyerang 1 dari 700 pria. Kondisi ini akan membuat hormon testosteron tidak bisa diproduksi sebagainana mestinya, ketika seorang pria masuk dalam masa puber.

8. Infeksi pernafasan

Tidak tahu apa hubungannya secara pasti, namun jika seorang pria menderita infeksi pernafasan berulang, yang bisa sembuh dan kambuh kembali, maka ini bisa menjadi ciri seorang pria mengalami kemandulan.

Apabila Anda mengalami tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan banyak informasi lainnya. Lakukan reservasi sekarang di 081233881616. Demikian mengenai ciri ciri pria mandul yang harus diketahui, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.