Jenis Keluhan Yang Di Tangani Dokter Andrologi

Dokter andrologi merupakan tenaga medis yang menangani masalah kesehatan pria, terutama yang berkaitan dengan gangguan kesuburan, dan sistem reproduksi, termasuk gangguan fungsi seksual pada seorang pria. Ketika Anda mempunyai keluhan seputar organ reproduksi serta kehidupan seksual, seringkali pria bingung untuk berkonsultasi ke dokter yang mana.

Jadi jika Anda melakukan konsultasi bersama dokter specialist kulit dan kelamin memang kurang tepat, karena pada umumnya mereka akan menangani masalah kelamin yang berkaitan dengan kelainan kulit sekitarnya. Untuk memperoleh penanganan masalah reproduksi pria, dokter andrologi merupakan tenaga medis yang tepat untuk berkonsultasi.

konsultasi

Peran Dokter Andrologi

Andrologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari mengenai struktur serta fungsi sistem reproduksi pria. Lingkup andrologi meluputi gangguan alat kelamin dan hormon pria, gangguan seksual, serta penyakit yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi pria. Dokter andrologi mempunyai kompetensi untuk menjalankan beberapa prosuder medis seperti berikut ini :

• Analisis sperma serta air mani.
• Perawatan untuk membantu proses pembuhan.
• Kontrasepsi pria.
• Proses pembekuan sel sperma.
• Terapi hormone.
• Disfungsi ereksi.
• Proses bayi tabung.

konsultasi

Apa Saja Keluhan Yang Ditangani Oleh Dokter Andrologi

1. Infertilitas pada pria

Penyebab dari infertilistas pada kalangan pria disebabkan oleh kurangnya jumlah sperma, ada kelainan pada bentuk sperma atau pergerakan sperma yang berjalan lambat. Pasangan yang sulit memperoleh keturunan atau memperoleh rujukan dari dokter kandungan bisa lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter andrologi mengenai masalah kesuburan.

Dokter yang ahli dalam bidangnya akan menjalankan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, khususnya pada organ reproduksi pria. Pemeriksaan ini dilengkapi dengan tes hormone dan analisa sperma. Setelah penyebab infertilitas diketahui, dokter akan memberi penanganan yang sesuai.

konsultasi

2. Masalah seksual pada pria

Masalah seksual yang paling umum dialami kalangan pria adalah ejakulasi dini. Kondisi ini ditandai dengan terjadinya ejakulasi sebelum penetrasi atau tak lama setelah penetrasi. Masalah seksual pada kalangan pria yakni disfungsi seksual atau impotensi, yaitu tak bisa mempertahankan atau mendapatkan ereksi ketika berhubungan seksual.

Selain itu, kehilangan libido atau menurunnya minat berhubungan seksual kerap menjadi masalah seksual pada pria. Penurunan libido ini bisa disebabkan oleh masalah psikolog, seperti depresi atau kecemasan. Namun beberapa kalangan mengalami masalah penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi adanya penyakit tertentu.

andrologi

3. Hipogonadisme

Kondisi tersebut terjadi ketika testis hanya memproduksi sedikit hormone seksual pada kalangan pria. Tidak lain penyebabnya bisa meliputi penyakit, infeksi, gangguan pada ginjal atau hati, kelainan genetik, komplikasi tindakan operasi pada organ pria, dan adanya radiasi. Kondisi hipogonadisme pada kalangan bisa akan menunjukan gejala berupa kehilangan massa otot, penurunan minat ketika berhubungan seksual, dan pembesaran payudara.

Anda perlu membedakan antara ranah dokter urologi dan andrologi. Dokter urologi mendiagnosis dan mengobati penyakit saluran kemih pada kalangan wanita dan pria. Walau demikian, dokter urologi bisa menangani gangguan pada organ reproduksi pria, seperti pada prostat, testis, dan penis. Sebab organ vital seorang pria terhubung langsung dengan sistem saluran kemih.

Jangan pernah malu untuk berkonsultasi pada dokter andrologi jika mengalami keluhan seputar kesehatan organ seksual dan reproduksi. Jika Anda terbuka pada dokter andrologi, mereka akan membantu memperoleh penanganan yang tepat.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah pasien dengan professional dan tepat. Untuk mendapatkan informasi selanjutnya segera lakukan reservasi bersama kami di 081233881616. Demikian ulasan mengenai artikel andrologi, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klinik Impotensi Jakarta Yang Tepat Dan Terjamin

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.