Penyebab Kemandulan Pada Pria, Sering Terabaikan?

penyebab kemandulan pada pria

Semua kalangan yang sudah menikah pasti ingin mempunyai keturunan atau anak, namun bagaimana dengan penyebab kemandulan pada pria? Namun sebagian besar pasangan harus menutupi keinginan tersebut karena berbagai kondisi seperti, mandul atau infertilitas. Banyak diantara mereka tidak memahami penyebab kemandulan yang dialami, sehingga perceraian menjadi jalan terakhir.

Asumsi yang hadir di masyarakat bahwa sebagian besar penyebab kemandulan yakni wanita. Namun sebenarnya pria juga bisa mengalami kemandulan. Maka dari itu, simak ulasan beberapa penyebab kemandulan pada pria dibawah ini.

konsultasi

Apa Penyebab Kemandulan Pada Pria?

Faktor dan penyebab kemandulan tidak hanya dari wanita, namun pria juga bisa menjadi peran utama. Ingin tahu penyebab kemandulan pada pria, mari simak ulasan lengkap dibawah ini.

1. Kualitas sperma dan air mani

Peyebab kemandulan yang paling umum pada pria yakni kualitas sperma yang buruk. Beberapa kemungkinan menyebabkan kualitas air mani menjadi buruk yakni kurangnya jumlah sperma, bisa jadi kandungan tersebut mempunyai jumlah yang rendah, bahkan tidak ada sama sekali.

Sperma yang tidak bergerak dengan benar, hal tersebut akan membuat sperma sulit berjalan menuju sel telur. Bentuk sperma yang abnormal juga menjadi salah satu penyebab kemandulan pada pria. Sehingga akan menyulitkan sperma tersebut bergerak dan membuahi sel telur.

Peningkatan suhu pada testis bisa memperburuk kualitas air mani. Jadi celana yang ketat bisa menjadi faktor peningkatan suhu testis. Oleh karena itu, pastikan Anda kenakan celana yang lebih longgar dan nyaman, agar suhu pada testis serta kualitas sperma tetap terjaga.

konsultasi

2. Gangguan testis

Testis merupakan penghasil dan tempat menyimpan sperma. Jika testis mengalami kerusakan, maka akan mempengaruhi kualitas sperma itu sendiri. Beberapa sebab yang bisa merusak testis, diantaranya :

● Kanker testis.
● Operasi testis.
● Infeksi testikel.

3. Vasektomi

Vasektomi merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan untuk hentikan aliran sperma dengan cara menutup saluran yang membawa sperma keluar dari testis. Sehingga air mani tidak mengandung sperma. Dengan tidak adanya sperma yang terkandung dalam air mani, maka pembuahan tidak akan terjadi.

konsultasi

4. Gangguan ejakulasi

Beberapa kalangan pria mengalami masalah ejakulasi, seperti ejakulasi dan air mani tidak keluar atau jumlah rendah. Gangguan tersebut tentu menyulitkan untuk pelepasan air mani ketika berhubungan seksual.

5. Hipogonadisme

Hipogonadisme merupakan rendahnya tingkat hormon seksual yang dihasilkan oleh testis. Hormon testosteron akan mempengaruhi dalam pembuatan sperma. Gangguan tersebut pada umumnya disebabkan oleh konsumsi obat-obat terlarang, tumor dan sindrom klinefelter.

konsultasi

6. Mengonsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria. Beberapa obat yang mungkin menyebabkan kemandulan salah satunya, obat-obatan terlarang. Pria yang suka menggunakan obat terlarang beresiko alami kemandulan. Hal tersebut disebabkan karena jenis obat terlarang tersebut, seperti kokain atau ganja yang membawa pengaruh besar pada kualitas air mani.

Sekarang Anda sudah paham kan? Ternyata kemandulan tidak hanya disebabkan oleh salah satu pihak saja, namun pria dan wanita mempunyai resiko yang sama pada kemandulan. Cara terbaik atasi kemandulan yakni dengan berkonsultasi pada dokter ahli. Lakukan semua proses pengobatan dengan sabar dan jangan lupa selalu berdoa demi kesembuhan.

Untuk mendapatkan penanganan terbaik dan tepat Anda bisa lakukan konsultasi terlebih dahulu bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Semua proses akan kami layani secara maksimal. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian mengenai penyebab kemandulan pada pria, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.