Apa Yang Menyebabkan Timbulnya Penyakit Bph?

Prostat merupakan organ yang menghasilkan cairan air mani yang berfungsi memberi nutrisi kepada sperma, bagaimana dengan penyakit bph? Prostat terletak di sisi uretra yakni saluran yang menyalurkan urin dari kandung kemih.

Lalu Apa Yang Menyebabkan Timbulnya Penyakit Bph?

Jika penyakit bph terganggu dan membengkak, penderita akan mengalami gangguan ketika buang air kecil. Prostat mempunyai dua masa pertumbuhan, yang pertama pada awal pubertas. Pada masa ini, kondisi penyakit bph akan mengalami pertumbuhan dua kali lipat sekaligus. Masa kedua akan terus berlanjut sepanjang masa kehidupan penderita.

Baca Juga : Apa Yang Menjadi Penyebab Prostat Pada Pria?

konsultasi

Pembesaran prostat jinak akan terjadi pada masa ini. Pembesaran kelenjar prostat disebabkan oleh berbagai hal, khusus pada pembesaran prostat jinak, penyebab pastinya belum diketahui secara pasti sampai sekarang. Namun, kondisi ini sering terjadi pada kalangan pria lanjut usia.

Pembesaran kelenjar prostat mungkin terjadi karena peradangan. Penyakit bph pada umumnya terjadi pada pria usia lebih dari 50 tahun. Penyebab terjadinya kondisi ini memang belum diketahui secara pasti. Namun di duga hal ini disebabkan oleh tidakseimbangnya hormon.

Tanda dan gejala yang terjadi pada setiap penderita berbeda. Ukuran prostat tidak akan menentukan beratnya gejala yang dialami. Keluhan utama yang dialami yakni hambatan aliran urin dari kandung kemih ketika buang air kecil.

Beberapa penderita bahkan perlu mengejan untuk buang air kecil, aliran urin menjadi lebih kecil dan tersendat, serta frekuensi buang air kemih menjadi semakin bertambah. Gejala yang lebih sering terjadi yakni tidak bisa buang air kecil, hal ini dikarenakan ada darah dalam urin dan infeksi saluran kemih.

konsultasi

Walaupun penyebab belum diketahui, beberapa hal dibawah ini termasuk faktor resiko yang bisa meningkatkan potensi pembesaran prostat :

● Usia, pembesaran kelenjar penyakit bph jarang menunjukan tanda dan gejala pada usia dibawah 40 tahun. Hampir seluruh pria akan mengeluhkan gejala pembesaran kelenjar prostat pada usia 60 tahun keatas.

● Riwayat keluarga, seseorang yang mempunyai ayah atau kakek yang mengalami pembesaran prostat mempunyai resiko lebih besar untuk menderita penyakit yang sama.

penyakit bph

Kondisi Serupa Dengan Pembesaran Kelenjar Prostat

1. Prostatitis

Pada prostatitis terjadi sebuah peradangan dan pembengkakan. Hal ini bisa terjadi pada kalangan pria dengan berbagai usia, namun lebih sering ditemukan pada usia dibawah 50 tahun.

Gejala yang akan dirasakan tidak jauh berbeda dengan pembesaran kelenjar prostat jinak pada umumnya. Prostatitis disebabkan oleh bakteri yang sama dengan infeksi saluran kemih atau penyakit kelamin.

Bakteri ini dengan mudah menyebar menuju prostat melalui aliran darah. Kondisi infeksinya hampir sama seperti epididimitis, yang ditandai dengan adanya peradangan saluran yang menghubungkan testis dan vas deferens, peradangan uretra, dan uretritis.

Ini merupakan contoh kondisi yang dapat menyebabkan prostatitis. Sebaliknya, pembesaran kelenjar prostat yang disebabkan infeksi bisa menimbulkan penyakit epididimitis.

konsultasi

2. Kanker prostat

Kanker prostat pada tahapan awal tidak mempunyai gejala. Namun pada tahap lebih lanjut, gejala kanker menyerupai pembesaran kelenjar prostat jinak. Dokter akan lakukan pemeriksaan fisik dan tambahan untuk memastikan bahwa gejala yang Anda alami berhubungan dengan jaringan kanker.

Pemeriksaan yang dijalankan berupa rectal toucher yakni sebuah prosedur yang dilakukan dokter dengan memasukan jari ke anus untuk meraba kondisi prostat. Jika dalam pemeriksaan ditemukan prostat yang keras dan dicurigai adanya jaringan kanker, maka pemeriksaan tambahan akan dilakukan.

Pemeriksaan yang diperlukan untuk mendeteksi kanker prostat yakni kadar prostate spesifik antigen. Peningkatan kadar akan menimbulkan kecurigaan adanya jaringan kanker. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit bph, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tipe Prostat Di Usia Muda Dan Penyebabnya

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.