Cara Menangani Orkitis Pada Pria Dewasa

Orkitis adalah pembengkakan atau peradangan pada salah 1 atau ke 2 testis. Kondisi ini adalah reaksi peradangan akut pada salah 1 atau ke 2 testis karena infeksi virus atau infeksi bakteri. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan testis yang sangat menyakitkan. Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus gondong.

Bakteri ini dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) khususnya gonore (kencing nanah) atau klamidia. Bakteri ini sering terjadi akibat epididimitis yaitu peradangan pada tabung epididimis dibagian belakang testis yang menyimpan serta membawa sperma. Dalam hal ini disebut dengan epididimo orkitis. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan dapat mempengaruhi kesuburan. Pengobatan dapat mengobati penyebab bakteri dan dapat meringankan beberapa tanda dan gejala virus. Akan tetapi kemungkinan memerlukan beberapa minggu untuk menghilangkan nyeri pada skrotum.

konsultasi

Apa Itu Orkitis?

Orkitis dapat disebabkan oleh banyak organisme bakteri dan virus. Penyebab virus yang paling umum adalah virus gondong. Kondisi ini akan berkembang selama perjalanan pada sebagian pria yang mengalami gondok setelah pubertas. Gondong dapat menyebabkan kondisi yang terisolasi. Kemungkinan muncul pada sebagian kasus.

Kondisi ini juga dapat terjadi secara bersamaan dengan infeksi pada prostat atau epididimis dan seperti kondisi lainnya yang dapat terjaid sebagai manifestasi penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah) atau klamidia. Kondisi yang menular secara seksual paling tinggi terjadi pada pria berusia 15 tahun hingga 25 tahun.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Ini?

Orkitis dapat disebabkan oleh infeksi. Pada kebanyakan jenis bakteri dan virus dapat menyebabkan kondisi ini. Virus yang paling umum yang menyebabkan kondisi ini adalah gondong. Kondisi yang peling sering terjadi pada anak laki-laki setelah pubertas. Kondisi yang paling sering berkembang dalam 4 hari hingga 6 hari setelah gondok muncul. Kondisi ini juga dapat terjadi secara bersamaan dengan infeksi pada prostat atau epididimis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore (kencing nanah) atau klamidia. Tingkat yang ditularkan secara seksual lebih tinggi pada pria yang berusia 19 tahun hingga 35 tahun.

konsultasi

Ketahui Tanda Dan Gejala Pria Dengan Orkitis

Gejalanya dapat meliputi :

• Nyeri pada testis.
• Darah dalam air mani.
• Debit dari penis.
• Demam.
• Nyeri pangkal paha.
• Nyeri dengan hubungan seksual atau ejakulasi.
• Nyeri dengan kencing (disuria).
• Pembengkakan skrotum.
• Area selangkangan yang bengkak dan pada sisi yang sakit.
• Terasa lembut, bengkak dan berat di testis.

orkitis

Bagaimana Kondisi Ini Didiagnosis?

Dengan pemeriksaan fisik dapat menunjukkan :

• Kelenjar prostat yang membesar atau lunak.
• Kelenjar getah bening yang membesar di area selangkangan (inguinal) di sisi yang sakit.
• Testis yang lunak dan membesar di sisi yang sakit.
• Kemerahan atau kelembutan skrotum.

Tes atau pengujiannya dapat meliputi :

• Penghitungan darah secara lengkap.
• Ultrasonografi testis.
• Tes atau pengujian untuk menyaring klamidia dan gonore (kencing nanah) dengan pemeriksaan uretra.
• Urinalisis.
• Kultur urine kemungkinan memerlukan beberapa sampel termasuk aliran awal, aliran tengan dan setelah pemijatan prostat.

Mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk kondisi ini yang disebabkan oleh bakteri paling sering memungkinkan testis pulih secara normal. Kemungkinan memerlukan pengujian lebih lanjut untuk mengesampingkan kanker testis jika testis tidak sepenuhnya kembali normal setelah pengobatan. Kondisi gondong tidak dapat diobati dan hasilnya dapat bervariasi. Pria yang pernah menderita gondok bisa menjadi mandul.

konsultasi

Cara Tepat Atasi Orkitis Pada Pria

Pengobatan kemungkinan termasuk :

• Pengobatan antibiotik jika infeksi disebabkan oleh bakteri (dalam kasus gonore atau kencing nanah dan klamidia, pasangan seksual juga harus melakukan pengobatan).
• Pengobatan anti inflamasi.
• Pengobatan untuk rasa sakit.
• Skrotum diangkat dan dikompres dengan es yang diaplikasikan ke area tersebut.

Pengobatan tergantung pada penyebab kondisi tersebut.

konsultasi

1. Mengobati Bakteri

Pengobatan antibiotik diperlukan untuk mengobati bakteri dan epididimo orkitis. Jika penyebab infeksi bakteri adalah IMS, pasangan seksual juga harus melakukan pengobatan. Selalu pastikan untuk mengambil seluruh rangkaian pengobatan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, bahkan jika gejalanya lebih cepat untuk memastikan bahwa infeksinya hilang. Kemungkinan membutuhkan beberapa minggu agar kelembutannya hilang. Dengan menyangga skrotum dan mengompres dengan es serta mengkonsumsi pengobatan pereda nyeri dapat membantu meredakan ketidaknyamanan.

2. Mengobati Virus

Pengobatan ditujukan untuk menghilangkan gejala. Dokter biasanya merekomendasikan pengobatan anti inflamasi nonsteroid, mengangkat skrotum dan mengompresnya. Sebagian besar orang dengan virus ini mulai merasa lebih baik dalam 3 hari hingga 10 hari, meskipun kemungkinan memerlukan beberapa minggu agar kelembutan skrotum menghilang.

3. Mengobati Idiopatik

Dokter merekomendasikan pengobatan antibiotik dan pengobatan antiinflamasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan orkitis ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Hubungi kami segera di nomor 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan ini di Klinik Apollo. Karena hanya di Klinik Apollo biaya pengobatan kondisi ini terjangkau.

Baca Juga : Tipe Prostat Di Usia Muda Dan Penyebabnya

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.