Tipe Prostat Di Usia Muda Dan Penyebabnya

Infeksi prostat di usia muda merupakan salah satu gangguan yang sering dialami kalangan pria. Infeksi tersebut terjadi di area prostat yang berada di dekat kandung kemih. Ketika infeksi terjadi, pria akan mengalami banyak gangguan pada tubuhnya, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan seksual serta alat reproduksi.

Menjaga kesehatan prostat merupakan hal yang harus dilakukan semua kalangan pria. Karena kondisi prostat sering menurun seiring pertambahan usia. Selain itu, pria dengan gaya hidup yang buruk bisa mengalami gangguan prostat meski usianya masih tergolong muda.

Jadi salah satu gangguan prostat yang sering dialami pria yakni adanya infeksi. Infeksi prostat di usia muda bisa terjadi kapanpun dan mempunyai banyak jenis. Berikut ulasan mengenai prostatitis dan berbagai gejalanya.

konsultasi

Beberapa Tipe Prostat Di Usia Muda

1. Prostatitis bakteri akut

Prostat bakteri akut pada umumnya ditandai dengan inflamasi. Gejala tersebut merupakan proses yang berat, penderita akan mengalami mual, demam, dan terasa menggigil. Pengidap prostat bakteri akut memerlukan perawatan lebih lanjut. Apabila tidak, akan memicu terjadinya infeksi saluran kencing, adanya penutupan aliran urine, serta abses pada prostat di usia muda.

Pada sebuah kondisi yang lebih parah, biasanya pengidap harus menjalankan pengobatan di rumah sakit. Perawatan yang akan diberikan berupa antibiotik, penghilang rasa sakit, serta cairan tambahan untuk tubuh anda.

konsultasi

2. Prostatitis bakteri kronis

Kondisi tersebut pada umumnya disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang sering kambuh dan bakteri tersebut telah masuk ke kelenjar prostat. Gejalanya hampir sama dengan jenis bakteri akut, namun lebih ringan dan bisa berubah masa intensitasnya. Kesulitan pada jenis prostat ini yakni sulitnya menemukan bakteri yang ada pada urine.

Masa pengobatan yang dilakukan biasanya dengan cara memberi antibiotik untuk jangka waktu panjang atau beberapa minggu. Terkadang pengidap juga akan diberi antibiotik selama berbulan-bulan.

konsultasi

3. Prostat sindrom nyeri panggul

Tipe prostat ini memang sering sekali ditemukan, gejalanya berupa nyeri pada saluran kemih serta genital selama 3 atau 6 bulan lamanya. Gejala yang ditimbulkan mungkin akan membuat kalangan merasa kebingungan, apakah mereka terkena prostat non bakteri kronis atau peradangan kronis di saluran kandungan kemih tersebut.

4. Inflamasi prostatitis yang tidak bergejala

Inflamasi jenis terakhir tidak memiliki gejala dan hanya terlihat jika dokter melakukan pemeriksaan lebih detail. Walaupun tidak mempunyai gejala yang cukup besar, inflamasi ini cukup berbahaya jika Anda biarkan begitu saja.

prostat di usia muda

Penyebab Prostat Di Usia Muda

Kondisi infeksi akut serta kronis pada prostat terjadi karena banyak hal, walaupun dokter tidak bisa menemukan penyebab yang tepat. Namun secara umum ada 3 kondisi yang menyebabkan prostat akut dan kronis terjadi pada kalangan pria.

● Mikroorganisme yang masuk dan akhirnya akan menetap untuk hidup di area prostat serta kandung kemih.
● Respon sistem imun terhadap gangguan pada saraf.
● Respon sistem imun pada infeksi saluran kemih.
● Selain beberapa hal diatas, ada penyebab umum terjadinya peradangan prostat yang membuat kalangan pria sering merasa tak nyaman di area pelvisnya.
● Terjangkit penyakit menular seksual.
● Pembesaran prostat akibat infeksi atau sebuah cedera.
● Infeksi dari bakteri.

Gejala lain yakni berupa sakit yang datang dan pergi di bagian perut, selangkangan, dan anus. Ada juga kalangan yang mengalami gejala berupa pembengkakan pada prostat di usia muda. Pada beberapa masalah, nyeri pada bagian pangkal paha atau infeksi di sekitar testis bisa terjadi karena bakteri yang masuk ke saluran yang membawa sperma dari testis ke saluran kencing.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua pasien yang merasakan tanda dan gejala prostat di usia muda. Semua masalah akan ditangani oleh dokter ahli dalam bidangnya. Anda bisa lakukan reservasi dengan mudah melalui nomer 081233881616 ini. Sekian mengenai prostat di usia muda, semoga memberi banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.