Apakah Khitan Dewasa Perlu Dijalankan?

Sunat atau khitan dewasa pada pria merupakan tradisi yang sudah mendarah daging apalagi di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak kalangan yang beranggapan bahwa sunat merupakan hal wajib bagi kaum pria.

Apakah Khitan Dewasa Perlu Dijalankan

Jadi sebenarnya khitan dewasa merupakan sebuah prosedur operasi dengan tujuan untuk mengangkat kulup atau jaringan yang menutupi kepala penis. Sunat bisa dijalankan kapan saja, tergantung pada kondisi tertentu. Pada umumnya anak-anak baru akan disunat setelah memasuki usia dewasa, yakni saat ia sudah mempunyai keberanian atau siap dari sisi mentalnya. Ada pula pria yang akan disunat setelah dewasa.

konsultasi

Namun dalam beberapa kasus, sunat akan dilakukan pada seorang anak yang baru dilahirkan. Biasanya ada alasan medis di balik keputusan tersebut. Walaupun demikian, sebenarnya dari sisi kesehatan, sunat masih menjadi perdebatan yang cukup panjang. Dari sisi medis, sunat sebenarnya bukan hal yang diwajibkan. Lantas jika dilihat dari dunia medis sendiri, apa perbedaan pada kalangan yang disunat atau sebaliknya.

Faktanya sunat atau tidak bukan satu hal yang akan menjamin tingkat kesuburan pada pria sendiri. Mengenai kesuburan, terdapat beberapa faktor yang sebaiknya Anda perhatikan sebagai kaum pria, terutama yang sedang menyusun rencana untuk mempunyai keturunan. Yakni gaya hidup dan pola makan sembarangan yang bisa turunkan kualitas sperma.

Kondisi kesehatan dan fisik secara menyeluruh bisa pengaruhi kesuburan seorang pria. Anda harus menjaga kesehatan dengan rutin konsumsi vitamin dan lakukan pengobatan segera ketika kaki mengalami nyeri. Gunakan aplikasikan live chat untuk konsultasi dengan dokter seputar masalah kesehatan Anda.

khitan dewasa

Apa Yang Terjadi Saat Pria Tidak Di Khitan

Walaupun bukan hal wajib, namun sunat menjadi satu hal yang disarankan bagi pria. Seorang pria yang tidak disunat pada umumnya menjadi lebih rentan terserang bakteri yang bisa berkembang di penis. Hal tersebut karena kulup yang tidak diambil bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran.

konsultasi

Apalagi jika dibarengi dengan kebiasaan buruk tidak membersihkan bagian penis secara rutin dan benar. Apabila bakteri dibiarkan berkembang, ia akan menumpuk dan memicu terjadinya infeksi pada organ reproduksi pria tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk tidak disunat, artinya Anda harus perhatikan dengan baik faktor kebersihan penis. Salah satu metode terbaik untuk membersihkanya, dengan menarik kulup untuk memastikan tak ada sisa sabun di dalam sana. Zat asing yang dibiarkan menumpuk pada bagian tersebut bisa sebabkan iritasi di bagian kulit.

konsultasi

Manfaat Khitan dari Segi Kesehatan

Walaupun masih jadi perdebatan, beberapa sumber menyatakan bahwa kalangan pria yang disunat sejak lahir memperoleh lebih banyak manfaat. Justru hal tersebut diyakini bisa kurangi resiko alami masalah kesehatan yang menyerang organ reproduksi seorang pria.

Khitan dewasa pada kalangan pria juga terbukti bisa turunkan risiko infeksi saluran kemih. Walaupun kasus tersebut memang jarang terjadi, gangguan satu ini ternyata cukup mengintai kalangan pria yang tidak disunat. Selain itu, mengangkat kulup juga bisa menurunkan resiko penyakit menular seksual seperti Aids, HPV, atau herpes.

Operasi pengangkatan kulit kulup bisa membantu turunkan risiko kanker penis. Tidak hanya itu saja, pria yang tidak melakukan sunat akan menurunkan resiko kanker serviks pada pasangan wanitanya. Khitan dewasa bisa menghindari berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan penis.

Nah itu dia manfaat dan dampak buruk sunat pada kalangan pria. Jika anda mengalami masalah, dapat segera hubungi kami Klinik Apollo Jakarta. Untuk proses reservasi segera lakukan di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai khitan dewasa, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Penanganan Penyakit Kulup Panjang

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.