Penyebab Dan Cara Penanganan Penyakit Kulup Panjang

Penyakit kulup panjang merupakan sebuah kondisi dimana kulit tertarik dan menutupi kepala penis. Fimosis pada umumnya ditandai dengan adanya semacam lingkaran yang ketat seperti karet gelang di kulit bagian ujung penis yang akan mempersulit pemotongan kulit secara keseluruhan. Fimosis mempunyai dua bentuk, yakni patologis dan fisiologis.

Penyakit kulup panjang bahkan dapat menyerang anak laki-laki dengan usia kurang lebih 13 tahun. Kulup panjang fisiologis merupakan anak laki-laki yang lahir dengan kulit luar penis ketat, dan kondisi tersebut akan segera hilang dengan sendirinya. Fimosis ini merupakan penyakit yang normal terjadi pada anak-anak atau balita yang belum disunat, jadi biasanya masalah ini akan hilang pada umur 5 tahun. Jadi fimosis patologis merupakan kondisi yang terjadi karena adanya infeksi, akibat luka dan inflamasi.

konsultasi

Proses sunat yang terlalu dipaksakan bisa menyebabkan pendarahan, menimbulkan trauma, dan luka psikologi pada anak maupun kalangan dewasa. Apabila terjadi penggelembungan pada kulit luar penis ketiak buang air kecil, kesulitan buang air kencing atau adanya infeksi, hal tersebut memang memerlukan penanganan dokter.

Penyebab Penyakit Kulup Panjang

Terdapat bekas luka, infeksi bisa menimbulkan luka di area kulit luar penis dan menyebabkan kulit menjadi tidak elastis. Kulit yang keras akan menyebabkan kesulitan dalam penarikan serta pemotongan.

Jangan menggerakan kulit bagian luar penis secara paksa. Penarikan atau peregangan bisa menyebabkan sobekan kecil serta peradangan yang mengakibatkan fimosis. Penambahan umur, hal ini sama hal yang dengan kulit wajah, timbulnya kerutan, dan ini terjadi pada kulit di bagian luar penis. Seseorang menjadi semakin mudah mengalami masalah penyakit kulup panjang jika jarang melakukan ereksi.

Apabila seseorang mempunyai penyakit diabetes, mereka cenderung akan mengalami balantis, yakni infeksi pada bagian ujung penis. Hal tersebut memang perlu penanganan dokter.

konsultasi

penyakit kulup panjang

Gejala Dan Penanganan Penyakit Kulup Panjang

Fimosis bukan masalah besar, namun akan menimbulkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri. Jika Anda mengalami rasa sakit atau peradangan, kemungkinan anak Anda mengalami balantis. Kemungkinan akan mengeluarkan cairan kental dari kulit bagian luar penis. Jika cairan tersebut ada pada penis dan kulit bagian luar, hal tersebut disebabkan oleh balanoposthitis. Segera lakukan penangan ke dokter jika memperoleh masalah ini, untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Untuk penanganan tersebut, biasanya diperlukan kebersihan yang baik, menggunakan salep serta krim dan hindarkan diri dari zat yang bisa mengiritasi penis. Hal tersebut berlaku kepada balanoposthotis, menjaga kebersihan dengan mencuci penis dengan air serta sabun setelah buang air kecil.

konsultasi

Urin juga bisa mengiritasi penis jika seseorang suka menahan kencing apalagi ketika urin sudah mencapai ujung penis, apabila memungkinkan, kulit di ujung penis perlu diambil, sehingga ujung penis memang harus di cuci.

Apabila kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri, penggunaan antibiotik atau krim antijamur bisa Anda aplikasikan. Pada kalangan dewasa penyakit kulup panjang dihubungkan dengan infeksi menular seksual, namun mungkin terjadi karena beberapa kondisi seperti.

• Eksim yakni sebuah kondisi jangka panjang di area kulit yang menimbulkan rasa gatal, kering, pecah-pacah, kemerahan, dan nyeri diarea peradangan.

• Lichen sclerosus yakni bekas luka yang ada pada kulit penis dan terkadang di bagian ujung, disebabkan iritasi akibat buang air kecil yang mudah terjadi pada kalangan pria serta anak-anak.

• Psoriasis yakni sebuah kondisi kulit yang menimbulkan kemerahan, lapisan kering kulit yang tertutup oleh sisik berwarna perak dan munculnya pelapisan.

Jika Anda memperoleh gejala dan tanda diatas, kami Klinik Apollo akan memberi penanganan kepada semua pasien dengan tepat dan terjangkau. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit kulup panjang, semoga bermanfaat ya.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.