Kapan Harus Jalankan Pengobatan Uretritis?

uretritis

Sensasi terbakar dan nyeri ketika buang air kecil merupakan gejala klasik dari uretritis. Pada umumnya penderita juga berkeinginan buang air kecil lebih sering dari umumnya. Gejala lain bisa berupa nyeri, gatal, atau membengkak pada penis, adanya darah dalam air kencing, dan sakit ketika menjalankan hubungan seksual.

Beberapa infeksi berhubungan dengan cairan yang keluar dari penis. Ulkus yang terasa menyakitkan pada kelamin bisa hadir bersamaan dengan herpes urethritis dan penyakit menular seksual lainnya.

konsultasi

Jadi Kapan Harus Jalankan Pengobatan Uretritis?

Urethritis merupakan infeksi yang sederhana dan tidak menyebabkan demam atau infeksi yang parah. Jika penyakit menyebar kebagian organ lain di saluran kelamin, saluran kemih, atau aliran darah akan menyebabkan beberapa masalah seperti :

● Sakit punggung.
● Demam tinggi.
● Mual.
● Muntah.
● Sakit perut.

Untuk sementara waktu, uretritis ringan yang berasal dari sabun atau lotion, penderita tidak perlu mengunjungi dokter. Namun kasus urethritis lainnya mungkin harus segera memperoleh pengobatan. Jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil, segera hubungi dokter untuk mendiskusikan pengobatan serta perawatan.

konsultasi

Rasa nyeri kemungkinan merupakan efek samping yang diharapkan dari penanganan medis atau menandakan dimulainya sebuah infeksi uretritis. Semua kasus rasa nyeri seperti terbakar ketika buang air kecil memerlukan perawatan medis kurang lebih selama 24 jam.

Urethritis kemungkinan bukan keadaan yang parah, namun tentunya Anda ingin sembuh. Jika Anda mengalami gejala penyakit lainnya seperti mual, muntah, demam, sakit punggung, perut, kemungkinan memerlukan perawatan segera. Gejala ini artinya infeksi telah bergerak melampaui uretra. Kondisi yang berpotensi serius memerlukan evaluasi segera oleh dokter atau di bagian gawat darurat.

Jika Anda mendapati luka yang berada di uretra atau luka lain pada penis, segera dapatkan perawatan medis yang akan menangani Anda. Situasi ini akan berkembang dengan cepat menjadi sebuah infeksi yang dapat mengancam jiwa penderitanya.

Apabila dokter mendiagnosa Anda menderita uretritis, Anda akan diminta menjalankan spesimen urin. Specimen akan diperiksa untuk melihat tanda infeksi uretritis dan pembengkakan yang terjadi.

Dokter akan menjalankan pemeriksaan secara menyeluruh pada penis dan testis untuk melakukan pemeriksaan yang mengevaluasi prostat mengalami tanda-tanda adanya infeksi. Dokter akan mengambil spesimen tipis dari uretra untuk mendapatkan pemeriksaan. Jika dokter menduga Anda terserang penyakit menular seksual, sampel darah akan diuji kembali.

konsultasi

Perawatan Infeksi Uretritis Di Rumah

● Minum obat anti inflamasi untuk menghilangkan rasa nyeri.
● Minum air untuk cairkan urin Anda, hal ini akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan ketika buang air kecil.

Pengobatan Uretritis Yang Tepat Dan Akurat

● Durasi perawatan kurang lebih sampai 2 minggu.
● Dalam kasus penyakit menular seksual, obat antibiotik akan digunakan secara rutin.
● Terkadang pasien akan memperoleh suntikan antibiotik.
● Pasangan seksual Anda membutuhkan pengobatan yang sama.
● Anda seharusnya tidak menjalankan hubungan seks atau menggunakan kondom sampai pasangan menyelesaikan pengobatan.
● Siapapun kalangan yang mempunyai tanda infeksi yang telah menyebar ke seluruh tubuh tentu memerlukan penanganan di rumah sakit unruk mendapatkan antibiotik.

Jika penyakit ini tak segera ditangani menggunakan antibiotik, Anda mungkin akan diminta untuk ke dokter setelah obat dihabiskan. Jangan berhenti minum obat bahkan ketika Anda sudah merasa lebih baik. Semua pasien harus mendapatkan perawatan jika gejala kambuh dan memburuk.

Mengenai informasi lebih lanjut Anda bisa konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai uretritis semoga bermanfaat.

Baca Juga : Uretritis Adalah Peradangan Pada Uretra

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.