Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita

Penyakit herpes pada wanita adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh virus. Pada kebanyakan orang dengan penyakit herpes pada wanita tidak memiliki gejala infeksi dan tidak mengetahui saat memilikinya. Virus ditularkan melalui kontak kulit ke kulit, berciuman, seks vaginal dan seks anal (kontak genital), seks oral (kontak mulut ke kelamin) dan berbagi mainan seks (seks toys).

Selain itu juga dapat ditularkan dari ibu ke bayinya selama persalinan. Pada kebanyakan orang yang memiliki dan menularkan virus tidak mengetahui saat menderita penyakit herpes. Kemungkinan membawa virusnya tanpa gejala apapun. Terkadang bisa terkena penyakit herpes ketika pasangan seksual tidak memiliki luka atau gejala yang terlihat. Karena virus dapat menjadi aktif pada kulit tanpa menyebabkan luka yang terlihat.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Herpes?

Penyakit herpes pada wanita adalah infeksi virus yang disebabkan oleh virus. Ada 2 tipe virus yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe 2 paling sering dikaitkan dengan infeksi genital. Tipe 1 juga ditemukan dapat menyebabkan infeksi genital akan tetapi lebih sering dikaitkan dengan penyakit herpes oral. Ke 2 virus ini sangat mirip dan ke 2 nya dapat menyebabkan luka dan borok. Ketika terjadi pada sekitar wajah maka disebut penyakit herpes oral, dan ketika terjadi pada area genital maka disebut penyakit herpes genital.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Herpes Secara Umum?

Salah 1 penyebab sebagian besar penyakit herpes pada wanita adalah Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Virus lain juga dapat menyebbakan penyakit herpes genital akan tetapi lebih sering menyebabkan lepuhan pada mulut dan bibir (seperti lepuhan dan demam). Sebagian orang yang berusia 14 tahun hingga 49 tahun rentan memiliki penyakit herpes genital.

Pada wanita lebih mudah terinfeksi penyakit herpes daripada pria. Virus penyakit herpes pada wanita disebarkan atau ditularkan melalui kontak kulit dengan seseorang yang memiliki virus penyakit herpes. Kulit yang tampaknya normal namun virus dapat memasuki tubuh. Penularan selama kontak seks vaginal, seks oral dan seks anal atau kontak kulit ke kulit. Dan dapat terjadi bahkan tanpa adanya luka yang terlihat.

Virus penyakit herpes pada wanita dapat memasuki tubuh melalui lapisan mulut, labia, vagina dan kulit biasa yang memiliki retakan atau luka yang kecil. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat dengan lebih mudah tertular infeksi penyakit herpes. Sistem kekebalan tubuh yang lemah disebabkan oleh beberapa penyakit seperti kanker, HIV atau AIDS dan beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit yang serius lainnya. Seseorang tidak mengetahui saat menderita penyakit herpes dan masih dapat menyebarkan atau menularkan virusnya ke orang lain.

konsultasi

Kenali Setiap Tanda Dan Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita

Wanita yang memiliki virus penyakit herpes pada wanita kemungkinan tidak memiliki gejala atau tanda-tanda infeksi. Pada kebanyakan orang tidak mengetahui saat memiliki virusnya. Setelah terinfeksi, virus akan tetap berada di sel saraf selama hidupnya. Ketika virusnya tidak aktif, maka tidak ada tanda-tanda infeksi. Ketika virusnya menjadi aktif, gejala penyakit herpes pada wanita dapat terjadi. Beberapa wanita kemungkinan tidak memiliki gejala atau hanya memiliki 1 gejala, sementara yang lainnya kemungkinan memiliki beberapa gejala.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Wanita Yang Parah Apa Bisa Diobati?

konsultasi

1. Gejala Pertama

Gejala pertama sering terjadi dalam 2 minggu setelah tertular virus dari orang yang terinfeksi. Tanda dan gejala pertama kemungkinan dapat termasuk :

• Terasa gatal, kesemutan atau perasaan terbakar di area vagina atau anal.
• Gejalanya mirip dengan flu termasuk demam.
• Kelenjar membengkak.
• Terasa nyeri di kaki, bokong atau area vagina.
• Perubahan pada keputihan.
• Sakit kepala.
• Kencing yang menyakitkan atau sulit kencing.
• Perasaan tertekan di area di bawah perut.

konsultasi

Setelah beberapa hari, luka atau bisul yang menyakitkan dapat berkembang di area virus dan masuk ke dalam tubuh, area-area tersebut meliputi area vagina atau anal, mulut, di dalam vagina, di serviks (leher rahim), di saluran kemih, di pantat atau di paha, di bagian lain dari tubuh dimana virus telah masuk. Terkadang gejala pertama tidak akan terjadi hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah infeksi.

2. Gejala Lainnya

Setelah gejala pertama, kemungkinan memiliki lebih banyak gejala. Sebagian besar, gejala terjadi lebih jarang dari waktu ke waktu. Tanda-tanda infeksi penyakit herpes biasanya lebih ringan daripada saat gejala pertama dan dapat hilang lebih cepat. Pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, gejalanya bisa parah dalam jangka panjang. Konsultasikan segera dengan dokter dan lakukan pemeriksaan dan lakukan beberapa tes atau pengujian jika memiliki tanda dan gejala penyakit herpes.

penyakit herpes pada wanita

Cara Mendiagnosis Penyakit Herpes

Jika memiliki lepuhan yang terlihat, dokter akan melakukan swab dari rasa sakit untuk dilakukan tes atau pengujian dan terkadang juga dapat diambil dari sampel darah. Tes atau pengujian darah untuk penyakit herpes dapat mencari reaksi tubuh terhadap infeksi penyakit herpes sebelumnya. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan serta beberapa tes dan pengujian penyakit herpes hanya di Klinik Apollo. Tes atau pengujian darah ini tidak rutin dilakukan pada seseorang yang memiliki gejala. Namun tes dan pengujian darah penyakit herpes dapat membantu dalam situasi tertentu. Konsultasikan selalu dengan dokter untuk pengobatan terbaik.

konsultasi

Pengobatan Ampuh Untuk Penyakit Herpes

Jika memiliki gejala penyakit herpes genital untuk pertama kalinya, maka pengobatan biasanya dapat melibatkan pengobatan antivirus untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan terkadang pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit. Rasa sakit biasanya dapat dikelola dengan pengobatan penghilang rasa sakit yang sederhana dan anestesi lokal untuk mematikan rasa.

Selain itu juga dengan pengobatan penyakit herpes pada wanita menggunakan antivirus kurang lebih selama 3 hari hingga 5 hari. Pengobatan dilakukan berdasarkan tingkat keparahan dan kondisi penderitanya. Karena setiap orang berbeda-beda cara mengobatinya. Untuk pengobatan penyakit herpes ini bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.

Baca Juga : Gejala Herpes Apakah Bisa Diatasi Dengan Cepat?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.