Cara Efektif Atasi Keputihan Secara Ampuh

Keputihan memang menjadi masalah tersendiri yang kerap dialami oleh seorang wanita. Bagi Anda yang tengah mempunyai masalah mengenai keputihan, ada baiknya memahami beberapa keputihan yang harus diwaspadai. Jika masih penasaran bagaimana cara menghilangkan sekresi? Kami telah merangkum sejumlah cara efektif untuk atasi keputihan yang bisa Anda lakukan, diantaranya.

konsultasi

Bagaimana Cara Efektif Atasi Keputihan Secara Ampuh

1. Jaga vagina selalu kering dan bersih

Salah satu penyebab terjadinya keputihan yakni karena kondisi vagina yang lembap. Agar keputihan berkurang, sebaiknya Anda menjaga vagina dalam kondisi kering dan basah. Terutama sehabis membuang air kecil ataupun besar. Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, bukan dari arah sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri dari area belakang masuk kedalam vagina.

Baca Juga : Secara Umum Apa Penyebab Keputihan Berlebihan?

konsultasi

2. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung pewangi

Penggunaan sabun pembersih area kewanitaan memang membantu vagina agar terjaga kebersihannya. Namun hindari sabun pembersih kewanitaan yang mengandung banyak bahan pewangi atau melakukan douching. Sebab menjalankan dua hal tersebut mampu pengaruhi kadar PH alami vagina dan membunuh bakteri yang seharusnya hidup di dalam sana. Yang ada justru memicu terjadinya keputihan serta infeksi yang hidup di dalam sana.

keputihan

3. Gunakan pakaian berbahan cotton

Dari pada menggunakan bahan nylon, pilihlah dengan bahan cotton. Bahan ini mempunyai sirkulasi yang baik, sehingga vagina bisa bernafas dan tidak terlalu lembab serta dapat memicu terjadinya keputihan.

4. Ganti pembalut secara teratur

Tidak jauh berbeda dengan poin nomor 1, salah satu metode yang bisa Anda coba untuk hilangkan keputihan yakni dengan mengganti pembalut ketika menstruasi secara rutin. Menggunakan pembalut dalam jangka panjang bisa menimbulkan infeksi dan mengganggu bakteri baik yang ada dalam vagina. Hasilnya keputihan Anda menjadi semakin parah.

konsultasi

5. Menggunakan daun sirih

Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang lebih alami untuk mengobati keputihan, salah satunya dengan tanaman alami yang sudah dipercaya mengatasi sekresi secara ampuh, yakni daun sirih. Jadi daun sirih dikenal dengan kemampuan membunuh bakteri dan jamur yang menjadi salah satu penyebab utama keputihan. Anda bisa konsumsi daun sirih dengan cara merebusnya. Atau menggunakan air rebusan daun sebagai air untuk mencuci vagina.

konsultasi

6. Hindari stres

Relaks, tenangkan dirimu, sebab salah satu penyebab keputihan yakni karena Anda berada dalam kondisi stress. Stress dapat memicu banyak hal negatif bagi tubuh dan pikiran, salah satunya menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membawa Anda pada keputihan berlebih. Jadi usahakan agar Anda hindari stress, dan selalu berpikir positif.

7. Kunjungi dokter

Jika sudah menjalankan beberapa cara di atas, namun kondisi keputihan belum membaik? Saatnya Anda berkunjung ke dokter, konsultasikan semua masalah kepada dokter, mereka akan memberi penanganan masalah dengan cepat dan tepat.

Dokter akan membantu analisa penyebab keputihan abnormal yang Anda alami, serta memberi sejumlah perawatan yang membantu mengatasinya. Terlebih bagi Anda yang sudah mengalami masalah sekresi dalam jangka panjang dan mulai menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Jangan ragu ya, segera kunjungi dokter.

Karena jika tidak segera ditangani akan memberi dampak dan komplikasi yang lebih serius seperti kanker serta hal lainnya. Untuk memperoleh penanganan terbaik, segera lakukan konsultasi sekarang juga di Klinik Apollo Jakarta yang akan memberi pelayanan terbaik dan terjangkau. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616, demikian kami sampaikan mengenai keputihan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Keputihan Bau Amis Adalah Pertanda Bahaya

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.