Cara Mengurangi Gejala Infeksi Saluran Kencing

Bagaimana cara tepat menangani setiap gejala infeksi saluran kencing? Infeksi saluran kencing adalah infeksi pada saluran kemih yang membentang dari ginjal melalui ureter, kandung kemih dan keluar melalui uretra. Infeksi saluran kencing sangat umum dan secara umum mudah untuk diobati. Infeksi saluran kencing bagian bawah adalah jenis yang paling umum mempengaruhi bagian bawah saluran kemih, uretra dan kandung kemih.

Infeksi uretra disebut uretritis dan infeksi kandung kemih disebut sistitis. Jika ginjal terinfeksi disebut Pielonefritis, kondisi ini adalah infeksi saluran kencing atas, karena ginjal adalah bagian tertinggi dari saluran kemih. Infeksi saluran kencing dapat disebabkan oleh bakteri (jenis infeksi yang paling umum) atau jamur. Sebelum membahas gejala infeksi saluran kencing sebaiknya ketahui dahulu apa itu infeksi saluran kencing (ISK) dibawah ini.

konsultasi

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?

Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang umum yang mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria. Pengobatan paling cepat dan efektif yaitu dengan pengobatan antibiotik. Tidak semua infeksi saluran kencing diobati dengan cepat dan beberapa bahkan tidak teridentifikasi terutama pada orang yang memiliki sensasi terbatas.

Infeksi saluran kencing yang tidak segera diobati dapat menyebar atau menular ke ginjal dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan penyakit. Ini juga dapat menyebabkan sepsis atau urosepsis yang biasanya digunakan untuk menggambarkan sepsis yang disebabkan oleh infeksi saluran kencing.

Terkadang disebut dengan keracunan darah, sepsis adalah respons tubuh yang mematikan terhadap infeksi atau cedera. Sepsis membunuh dan melumpuhkan jutaan dan membutuhkan pengobatan sejak dini dan pengobatan dengan cepat untuk bertahan hidup. Jika sepsis mulai mengambil alih dan berkembang menjadi sepsis parah dan kemudian menjadi syok septik maka dapat terjadi. Lebih dari sebagian kasus urosepsis di kalangan orang dewasa disebabkan oleh infeksi saluran kencing. Sepsis dan syok septik dapat terjadi akibat infeksi saluran kencing.

Baca Juga : Struktur Dan Fungsi Kandung Kemih Yang Perlu Diketahui

konsultasi

Penyebab Mendasar Infeksi Saluran Kencing

Urine yang normal steril dan tidak mengandung kuman seperti bakteri, virus atau jamur. Infeksi saluran ekncing terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih. Infeksi saluran kencing paling sering disebabkan oleh bakteri yang biasanya hidup di usus. Seorang wanita sangat berisiko karena bakteri dapat lebih mudah pindah ke saluran kemih. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kencing meliputi :

• Diabetes (kencing manis).
• Kehamilan.
• Kelainan struktural saluran kemih.
• Faktor apapun yang menghambat aliran urine misalnya batu ginjal dan pembesaran prostat (BPH).
• Memiliki kateter yang dimasukkan ke dalam kandung kemih.
• Kebersihan pribadi yang buruk.
• Pasca menopause.
• Penggunaan diafragma untuk kontrasepsi.

konsultasi

Saluran kemih terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra. Infeksi saluran kencing dapat diklasifikasikan berdasarkan area saluran kemih yang terpengaruh. Ketika hanya uretra yang terkena maka dikenal sebagai uretritis. Ketika kandung kemih terkena maka dikenal sistitis (bentuk paling umum dari infeksi saluran kencing). Ketika ginjal yang terkena dikenal dengan Pielonefritis yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika tidak segera ditangani.

gejala infeksi saluran kencing

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing

Pada tahap awal infeksi saluran kencing yang rendah kemungkinan mengalami beberapa gejala infeksi saluran kencing diantaranya :

• Desakan mendadak dan ekstrem untuk kencing.
• Desakan yang sering untuk kencing.
• Rasa terbakar, iritasi atau nyeri saat kencing.
• Perasaan tidak bisa mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.
• Perasaan tertekan di perut atau di punggung bagian bawah.
• Urine yang tebal atau keruh kemungkinan mengandung darah.

Ketika infeksinya berlanjut, kemungkinan mengalami gejala infeksi saluran kencing seperti :

• Demam.
• Rasa sakit di sisi bawah bagian belakang area ginjal berada.
• Mual dan muntah.
• Kelelahan.

Lanjut usia kemungkinan tidak menunjukkan gejala infeksi saluran kencing atau gejala infeksi saluran kencing nya terlalu halus untuk diperhatikan orang lain. Gejala infeksi saluran kencing tambahan kemungkinan tidak terdiagnosis.

konsultasi

Bagaimana Infeksi Saluran Kencing Didiagnosis?

Jika adanya gejala infeksi saluran kencing maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter sesegera mungkin sehingga diagnosis yang akurat dapat dibuat dan pengobatan yang tepat dapat diberikan. Pengobatan dapat mencegah infeksi ginjal dan komplikasi potensial lainnya (sepsis) berkembang.

Usahakan konsumsi banyak cairan, menghindari cairan yang dapat mengiritasi kandung kemih (misalnya minuman bersoda, alkohol berlebihan, kopi dan teh), mengobati rasa sakit atau demam dengan pengobatan. Diagnosis infeksi saluran kencing biasanya dapat dilakukan dengan gejala infeksi saluran kencing dan dengan menguhi urine untuk mengetahui adanya bakteri dan sel darah.

Infeksi saluran kencing biasanya berhasil diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan antibiotik secara oral biasanya dilakukan dalam 3 hari hingga 10 hari tergantung pada keadaan. Gejala infeksi saluran kencing biasanya berkurang dalam 24 jam hingga 48 jam dari dosis pertama pengobatan antibiotik yang diberikan, akan tetapi harus menyelesaikan semua pengobatan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Infeksi yang lebih rumit dan berulang (kekambuhan) kemungkinan ada penyebab yang mendasarinya (refluks urine pada anak-anak). Jika diduga penyebab yang mendasarinya perlu diidentifikasi dan diobati dengan tepat jika memungkinkan. Tes atau pengujian diagnostik yang dapat digunakan termasuk pemindaian ultrasound dan rontgen khusus saluran kemih.

konsultasi

Jika ada riwayat infeksi saluran kencing berulang (kekambuhan) karena penyebab dasar yang tidak diketahui, pengobatan antibiotik dosis rendah dapat diberikan setiap hari selama beberapa minggu atau beberapa bulan untuk mencegah infeksi saluran kencing berkembang. Jika infeksi ginjal berkembang, pengobatan dengan antibiotik diberikan melalui intravena.

Cara Tepat Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Ketika gejala awal, biasanya cukup mudah untuk mengobati bakteri secara efektif. Setelah memastikan adanya infeksi (biasanya melalui pemeriksaan sederhana sampel urine). Pengobatan antibiotik dapat dilakukan untuk melawan bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi. Selain itu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak cairan untuk membantu menghilangkan infeksi.

Jika mencurigai infeksi tersebut telah menyebar atau menular kemungkinan harus menjalani tes atau pengujian tambahan seperti tes atau pengujian darah, pemindaian ginjal atau ultrasonografi. Sangat penting untuk menyelesaikan semua pengobatan antibiotik bahkan jika merasa lebih baik. Jika gejalanya hilang, bakteri masih akan ada untuk sementara waktu dan memerlukan pengobatan antibiotik untuk menyembuhkannya.

Jika tidak mengobatinya, kemungkinan sangat besar bakteri yang tertinggal akan tumbuh lagi dan menyebabkan infeksi lain. Kemungkinan menjadi kebal terhadap pengobatan antibiotik yang awalnya digunakan. Untuk mengobati infeksi saluran kencing jamur, biasanya diresepkan pengobatan anti jamur untuk memastikan infeksinya telah ditangani.

Untuk lebih jelas mengenai masalah ini, hubungi kami di Klinik Apollo di nomor 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi medis secara online dibawah ini. Selalu percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Tidak hanya itu, biaya melakukan pengobatan di Klinik Apollo juga sangat terjangkau.

Baca Juga : Infeksi Saluran Kemih Apakah Bisa Diobati Dan Disembuhkan?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.