Ciri khas Keputihan Abnormal Bagi Wanita

Keputihan abnormal merupakan masalah bagi kalangan wanita. Keputihan yang terlalu banyak dan berbau seringkali menimbulkan rasa tak nyaman. Padahal, sebenarnya keputihan merupakan pertanda sehat atau tidaknya organ intim Anda, lalu bagaimana keputihan yang normal? Dan seperti apa ciri keputihan abnormal tersebut?

Jadi Keputihan abnormal merupakan keluarnya sekresi atau cairan tubuh dari vagina. Pada umumnya keputihan memang terjadi secara alami kepada seluruh wanita, sesuai dengan siklus haid. Biasanya cairan yang keluar berupa sekresi kental dan lengket, namun lebih cair atau bening saat terjadi ovulasi.

Keputuhan normal pada umumnya berwarna putih dengan jumlah sedikit dan tekstrusnya lengket. Keputihan ini berfungsi untuk bersihkan bakteri serta kuman di dalamnya. Cairan yang dibuat oleh kelenjar dalam vagina dan serviks akan membawa sel mati serta bakteri keluar dari vagina. Hal ini yang akan membuat vagina Anda menjadi bersih dan membantu mencegah infeksi.

konsultasi

Bagaimana Ciri-Ciri Keputihan Abnormal Yang Harus Diwaspadai?

Jadi sebagian besar keputihan merupakan hal wajar dan aman jika terjadi ketika Anda stress, di masa kehamilan, atau karena berhubungan seksual. Namun ada baiknya anda segera periksakan diri kedokter apabila keputihan yang terjadi di sertai gejala-gejala seperti vagina terasa nyeri, berwarna tidak bening, dan berbau tak sedap. Kondisi tersebut biasa diketahui sebagai masalah patologis. Berikut beberapa gejala dan ciri Keputihan abnormal diantaranya :

• Keputihan berwarna cokelat dan berdarah, pada umumnya disertai rasa sakit dibagian panggul dan siklus haid menjadi tidak teratur.

• Cairan keputihan yang keluar berwarna keruh seperti kekuning-kuning atau abu-abu biasanya menandakan adanya penyakit menular seksual seperti gonore. Kondisi tersebut kadang disertai rasa nyeri dibagian panggul dan ketika kencing.

• Apabila cairan keputihan Anda keluar dalam jumlah banyak dan dibarengi dengan vagina yang membengkak, gatal-gatal, nyeri disekitar vulva, hal tersebut disebabkan oleh adanya infeksi jamur vagina.

konsultasi

keputihan abnormal

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal?

Apabila Anda mengalami keputihan abnormal, ada baiknya segera tanyakan atau konsultasi kedokter terlebih dahulu. Nantinya dokter akan deteksi riwayat kesehatan dan vagina Anda. Keputihan pada dasarnya diobati tergantung pada inti masalahnya.

Misalnya infeksi jamur ditangani dengan obat antijamur yang dioleskan pada vagina dalam bentuk krim atau gel. Sedangkan keputihan disebabkan oleh bakteri bernama vaginosis, Anda bisa obati dengan krim antibiotik atau pil. Contohnya seperti bakteri trikomoniasis biasanya akan diobati dengan tinidazole dan metronidazole.

konsultasi

Namun Anda bisa melakukan penanganan dan pencegahan di rumah guna mengatasi keputihan abnormal dan cara tersebut diantaranya :

• Gunakan cairan antiseptic khusus area genital yang mengandung povidone-iondine ketika menstruasi untuk bersihkan bagian luar vagina, guna mencegah keputihan abnormal setelahnya.

• Anda bisa gunakan kondom saat berhubungan seksual seminggu setelah mulai penanganan atau tunggu hingga seminggu sebelum menjalankan seks. Hal ini agar mencegah adanya penularan penyakit seksual.

• Bersihkan area vagina dan jangan lupa untuk memastikan bagian selangkangan agar tetap kering dan terhindar dari kelembapan.

• Selalu basuh bagian depan kebelakang untuk mencegah masuknya bakteri kedalam vagina.

• Pakailah calana dalam yang terbuat dari bahan katun dan hindari menggunakan celana yang terlalu ketat.

Kami merupakan Klinik Apollo yang akan membantu semua pasien dengan penanganan terbaik, nyaman dan terjangkau. Lakukan reservasi sekarang bersama kami di 081233881616. Demikian ulasan mengenai keputihan abnormal, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Atasi Keputihan Kental

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.