Dampak Buruk Dari Bahaya Keputihan

Keputihan merupakan sebuah masalah yang sering dialami organ intim wanita, lalu apa saja bahaya keputihan? Keputihan sendiri ditandai dengan keluarnya sebuah cairan putih dari vagina. Selain itu, keputihan kerap timbul dengan aroma yang kurang sedap disertai rasa gatal. Sekresi tersebut dibedakan menjadi 2 jenis yakni keputihan normal dan abnormal.

Jika keputihan normal masih bisa ditangani dengan cara-cara mudah seperti rajin bersihkan area intim hingga menjaga pola makan dengan baik. Namun yang menjadi masalah serius adalah, jika Anda mengalami keputihan tidak normal atau biasa disebut dengan patologis. Keputihan ini ditandai dengan keluarnya sekresi yang lengket, kental dan berbau, kondisi ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Baca Juga : Ciri khas Keputihan Abnormal Bagi Wanita

konsultasi

Apa Saja Dampak Buruk Dari Bahaya Keputihan

Nah perlu Anda pahami bahwa keputihan tidak normal mempunyai dampak buruk yang berisiko besar jika dibiarkan, berikut diantaranya :

1. Ketidaksuburan

Salah satu dampak dari keputihan tidak normal yakni akan mengganggu tingkat kesuburan Anda. Hal tersebut disebabkan oleh penumpukan bakteri yang merusak sel serta hormon pada area genital Anda. Jika tidak segera ditangani, keputihan tersebut menjadi berbahaya, bahkan dapat mengancam nyawa. Seluruh kalangan wanita jangan pernah sepelekan jika mengalami keputihan abnormal. Segera periksa untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

konsultasi

2. Nyeri Berkelanjutan

Pada umumnya, ketika Anda mengalami bahaya keputihan tidak normal, Anda akan merasakan nyeri di area kewanitaan, pinggul atau perut. Hal tersebut disebabkan karena adanya infeksi yang cukup serius oleh virus atau jamur yang bersarang. Bahkan yang lebih parahnya, Anda akan merasakan nyeri ketika buang air kecil. Hal ini tentunya sangat menyiksa dan sebaiknya segera ditangani sebelum terlambat.

konsultasi

3. Kematian

Masalah keputihan tidak boleh Anda sepelekan, beberapa kasus terjadi hingga seorang wanita kehilangan nyawa akibat bahaya keputihan tidak normal yang dibiarkan. Sebab keputihan tak normal memicu datangnya sel kanker rahim serta berbagai penyakit berbahaya lainnya. Hal tersebut terjadi sebab cairan infeksi menyebar ke rongga rahim atau melebar hingga kesaluran indung telur serta berbagai jaringan lainnya.

Keluhan seputar kesehatan reproduksi yang kerap dialami oleh para perempuan yakni keputihan. Kondisi ini tidak jarang membuat perempuan khawatir dengan kesehatan alat reproduksinya. Sebenarnya, apa saja bahaya keputihan? Bagaimana cara penanganannya? Mari simak selengkapnya pada ulasan berikut.

bahaya keputihan

Keputihan Normal Pada Perempuan

Keputihan merupakan sebuah istilah dari kondisi yang masih berhubungan dengan sistem reproduksi umum. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina. Memang secara biologis, sebagian besar wanita akan memproduksi cairan vagina normal setiap hari guna membersihkan diri. Cairan tersebut akan membawa keluar sel mati serta bakteri dari dalam. Dengan begitu, vagina tetap bersih dan terhindar dari berbagai jenis infeksi.

Sekresi atau keputihan normal mempunyai ciri-ciri warna putih atau jernih, disertai sedikit bau atau sebaliknya, mempunyai tekstur kenyal, dan tak akan menimbulkan keluhan jenis lainnya. Selain itu keputihan normal akan melindungi vagina dari kekeringan, memberi lubrikasi ketika berhubungan seksual, mencegah adanya infeksi vagina serta saluran kemih.

Perlu Anda pahami bahwa konsistensi, warna, jumlah dari keputihan dari setiap wanita memang bervariasi. Penggunaan kontrasepsi, menopause, masa menstruasi akan memberi pengaruh kepada sekresi vagina. Misalnya pada kalangan wanita yang sedang berada di masa subur, menyusui, terangsang, dan hamil, akan meninggalkan cairan dalam jumlah berlebihan.

Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan tepat kepada semua pasien yang mempercayakan kinerja kami. Lakukan reservasi sekarang juga dengan mudahnya melalui nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai bahaya keputihan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Dan Macam Macam Keputihan

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.