Infeksi Saluran Kemih Apakah Bisa Diobati Dan Disembuhkan?

Seorang wanita berpeluang tinggi terkena infeksi saluran kemih atau ISK. Risikonya dapat terjadi selama hidupnya atau bisa juga mengalami infeksi berulang (kekambuhan) terkadang selama bertahun-tahun. Inilah cara untuk menangani ISK dan untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi kembali. Namun harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebabnya.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih atau ISK dapat mempengaruhi berbagai bagian saluran kemih termasuk kandung kemih (sistitis), uretra (urethritis) atau ginjal (infeksi ginjal). Sebagian besar ISK dapat dengan mudah untuk diobati dengan pengobatan antibiotik. Sistem kemih adalah sietm drainase tubuh untuk menghilangkan infeksi tambahan dan cairan tambahan. Termasuk 2 ginjal, 2 ureter, kandung kemih dan uretra. ISK adalah jenis infeksi ke 2 yang paling umum dalam tubuh.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Ini?

Infeksi saluran kemih adalah kondisi yang harus dibersihkan dari area depan ke belakang setelah kencing. Karena uretra atau tabung yang mengangkut urine dari kandung kemih ke luar tubuh terletak dekat dengan anus. Bakteri dari usus besar seperti Escherichia Coli (E. Coli) berada dalam posisi sempurna untuk melepaskan diri dari anus dan dapat menyerang uretra.

Dari situ dapat melakukan perjalanan ke kandung kemih dan jika infeksinya tidak segera diobati maka dapat terus menginfeksi ginjal. Pada wanita yang kemungkinan rentan terhadap ISK karena memiliki uretra yang lebih pendek yang memungkinkan bakteri melakukan akses lebih cepat ke kandung kemih. Berhubungan seksual juga bisa memasukkan bakteri ke dalam saluran kemih.

konsultasi

ISK biasanya disebabkan oleh bakteri dari infeksi yang memasuki saluran kemih. Bakteri masuk melalui tabung yang membawa kencing keluar dari tubuh (uretra). Pada wanita yang memiliki uretra lebih pendek dari pria, maka bakterinya dapat lebih cepat mencapai kandung kemih atau ginjal dan menyebabkan infeksi. Penyebab ISK dapat meliputi :

• Kehamilan.
• Kondisi yang membuat sulit untuk sepenuhnya mengosongkan kandung kemih seperti pembesaran kelenjar prostat pada pria dan sembelit pada anak-anak.
• Kateter urine yaitu tabung di kandung kemih yang digunakan untuk mengalirkan urine.
• Memiliki sistem kekebalan yang lemah seperti diabetes tipe 2, kemoterapi atau HIV.

konsultasi

Sebutkan Beberapa Gejala Dari Infeksi Saluran Kemih

Beberapa dari gejala ISK diantaranya adalah :

• Perasaan terbakar saat kencing.
• Keinginan yang sering atau yang kuat untuk kencing meskipun sedikit urine yang keluar ketika kencing.
• Terasa nyeri atau adanya tekanan di punggung atau di perut bagian bawah.
• Urine yang berawan, berwarna gelap atau berdarah dan berbau aneh.
• Merasa lelah.
• Demam atau menggigil (tanda infeksi kemungkinan telah mencapai ginjal).
• Adanya darah dalam urine.
• Perubahan perilaku seperti kebingungan yang parah atau agitasi.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kondisi Ini?

Jika memiliki infeksi saluran kemih, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan sampel urine yang akan dilakukan tes atau pengujian keberadaan bakteri penyebab ISK. Pengobatan antibiotik untuk membunuh bakterinya. Selalu pastikan untuk menyelesaikan siklus pengobatan yang telah ditentukan sepenuhnya oleh dokter bahkan setelah merasa lebih baik kondisinya. Usahakan untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan untuk membantu menyiram bakteri dari sistem organ kemih Anda. Pengobatan yang lainnya juga dapat mencegah dan dapat mengobati ISK yang sangat beragam.

infeksi saluran kemih

Cara Cepat Dalam Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Dokter kemungkinan dapat meresepkan pengobatan antibiotik untuk mengobati ISK. Setelah melakukan pengobatan, gejalanya akan muncul dan akan hilang dalam 5 hari pada orang dewasa dan pada anak-anak kurang lebih dalam 2 hari. Sangat penting untuk menyelesaikan seluruh rangkaian pengobatan antibiotik bahkan jika gejalanya mulai merasa lebih baik.

Beberapa orang dengan ISK yang parah dapat dilakukan pengobatan lebih efektif lagi dan melakukan beberapa tes atau pengujian. Pengobatan biasanya dilakukan dalam beberapa hari. Lalu bagaimana cara mengobati infeksi berulang atau infeksi yang kambuh kembali? Jika ISK kambuh kembali setelah melakukan pengobatan, biasanya dokter akan meresepkan pengobatan antibiotik yang lebih lama atau dengan jangka waktu yang lama.

Jika terus-terusan terinfeksi saluran kemih dan secara teratur membutuhkan pengobatan secara rutin dan efektif. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan antibiotik berulang sesuai resep. Namun lebih jelasnya lakukan konsultasi secara langsung di Klinik Apollo. Karena pengobatan dilakukan berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan penyakitnya. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Struktur Dan Fungsi Kandung Kemih Yang Perlu Diketahui

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.