Keputihan Bau Amis Adalah Pertanda Bahaya

Keputihan bau amis apakah berbahaya? Keputhan adalah kejadian umum pada kebanyakan wanita. Sebagian besar tidak menganggapnya penting. Akan tetapi jika terus menerus menyebabkan ketidaknyamanan maka perlu melakukan pengobatan lebih lanjut. Penyebab umum keluarnya cairan abnormal (tidak normal) kemungkinan dari beberapa faktor.

konsultasi

Apa Itu Keputihan Bau Amis?

Keputihan normal adalah cara yang sehat bagi tubuh untuk menghilangkan cairan dan sel-sel tua akan tetapi keputihan juga bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius. Cairan bening atau putih yang keluar dari vagina bisa disebut dengan Leucorea. Cairan ini mengandung lendir yang biasanya diproduksi oleh kelenjar di serviks (leher rahim) dan dinding vagina. Kondisi ini sangat umum pada wanita usia subur.

Keputihan bisa tebal, pucat atau tipis dan dapat memiliki bau buruk atau keputihan bau amis. Saat terkena udara, keputihannya bisa berubah menjadi berwarna putih atau kuning dan bisa berawan, berdarah atau berwarna hijau. Sebagian besar wanita mengalami keputihan di beberapa titik, beberapa wanita memiliki lebih sering dan dalam jumlah yang besar daripada yang lainnya.

Baca Juga : Secara Umum Apa Penyebab Keputihan Berlebihan?

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Tersebut?

Beberapa penyebab keputihan bau amis meliputi :

• Bacterial Vaginosis (BV)

Penyebab umum dan mengeluarkan cairan dengan bau amis yang trelihat buruk setelah berhubungan seksual atau setelah menstruasi. BV bukan infeksi menular seksual (IMS). Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih kuman normal (bakteri) di vagina. Gejalanya ringan dan dapat hilang tanpa pengobatan. Kasus-kasus lain dapat diobati dengan pengobatan antibiotik.

konsultasi

• Sariawan (Candida)

Penyebab paling umum ke 2 pada keputihan. Keputihan dari sariawan biasanya berwarna putih krem dan cukup tebal akan tetapi terkadang berair. Ini dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan, ketidaknyamanan atau rasa sakit di sekitar bagian luar vagina. Cairan dari sariawan biasanya tidak berbau. Beberapa wanita dapat mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seksual atau kencing saat menderita sariawan.

• Infeksi Menular Seksual (IMS)

Gejala IMS dapat bervariasi. Gejala yang kemungkinan harus diwaspadai seperti keputihan, perdarahan vagina abnormal (tidak normal), luka, bisul, ruam atau benjolan yang muncul di sekitar vagina, vulva atau anus, nyeri saat berhubungan seksual atau sakit saat kencing.

konsultasi

• Gejala Lainnya

Keputihan mengacu pada sekresi dari vagina, debit kemungkinan tebal, pucat atau tipis. Jelas, berawan, berdarah, berwarna putih, kuning atau hijau, tidak berbau atau memiliki bau yang tidak sedap. Terasa gatal pada kulit vagina dan area sekitarnya (vulva) dapat muncul bersamaan dengan keputihan. Ini juga dapat terjadi dengan sendirinya.

keputihan bau amis

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Kebocoran cairan vagina biasanya berwarna coklat, bercak berwarna merah dan terang atau cairan berwarna putih dan dapat menyebabkan beberapa kekhawatiran. Akan tetapi keputihan biasanya tidak berbahaya dan umum dilihat selama siklusnya dan ketika sedang hamil. Namun jika pernah mengamati adanya gejala tambahan maka harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter, seperti :

• Terasa gatal atau terbakar.
• Bau yang berganti.
• Berwarna kuning atau hijau.
• Cairan yang keluar lebih banyak dari biasanya.
• Terasa nyeri pada panggul (pelvic) atau kaki.

Jika sedang program hamil dan melihat adanya cairan yang keluar, segera konsultasi dan lakukan pemeriksaan dengan dokter mengani pengobatan yang tepat. Karena infeksi adalah penyebab keguguran. Jika sedang hamil, keputihan adalah bagian dari cairan kehamilan normal. Kecuali jika adanya bau busuk atau memiliki konsistensi infeksi jamur segera lakukan konsultasi dengan dokter.

konsultasi

Cara Menangani Keputihan Bau Amis Pada Wanita

Pengobatan keputihan bau amis tergantung pada penyebabnya, seperti :

1. Infeksi Menular Non Seksual

• Bacterial Vaginosis (BV) kemungkinan diresepkan pengobatan antibiotik yang dimasukkan ke dalam vagina atau pengobatan oral.
• Sariawan (Candida) biasanya diobati dengan pengobatan krim.

2. Infeksi Menular Seksual (IMS)

IMS yang menyebabkannya dapat meliputi :

• Trichomoniasis.
• Chlamydia genital.
• Gonore (kencing nanah).
• Herpes genital.

Keputihan bau amis bisa diatasi di Klinik Apollo. Dengan dilakukan pengobatan yang efektif oleh dokter di Klinik Apollo dengan peralatan medis yang sudah canggih dan modern. Untuk info pengobatan, Anda bisa menghubungi kami melalui nomor 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Dampak Buruk Dari Bahaya Keputihan

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.