Penyebab Keputihan Berlebihan Kaum Wanita

Sekresi keputihan berlebihan yang keluar dari vagina merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar serviks. Fungsinya yakni membawa keluar bakteri dan sel yang sudah mati. Dengan begitu vegina Anda akan terjaga kesehatan serta kebersihannya, dan terhindari dari berbagai masalah atau infeksi.

Namun pada beberapa masalah, terkadang ada kalangan wanita yang mengalami keputihan tidak normal atau berlebihan. Walau demikian, Anda harus tahu bahwa warna, bau, jumlah bisa bervariasi antara satu dengan lainnya. Semua akan bergantung pada faktor seperti kondisi menyusui, kehamilan, masa ovulasi, atau dipengaruhi oleh rangsangan seksual.

konsultasi

Apa Saja Penyebab Keputihan Berlebihan

Terdapat beberapa penyebab keputihan berlebihan berbau dan gatal, lalu bagaimana cara mengetahui keputihan Anda abnormal? Sebenarnya caranya sangat mudah, jika keputihan disertai panas dan gatal yang menyebabkan vagina tidak nyaman, maka Anda wajib waspadai bakteri atau adanya penyebab lain seperti infeksi yang bisa mengancam kesehatan Anda.

Ada beberapa penyebab keputihan abnormal yang menyebabkan perubahan warna, jumlah, bau, dan bisa Anda lihat melalui poin-poin berikut ini :

Baca Juga : Keputihan Bau Amis Adalah Pertanda Bahaya

konsultasi

1. Bakteri vaginosis

Bakteri merupakan salah satu faktor utama timbulnya keputihan berlebihan, sebab biasanya akan memicu infeksi. Jika terjadi infeksi pada vagina, maka volume cairan akan meningkat dan umumnya akan menimbulkan bau menyengat. Salah satu kalangan yang mengalami penyakit ini yakni mereka yang sering berganti-ganti pasangan.

2. Trikomoniasis

Sebab keputihan pada kalangan wanita lainnya yakni karena adanya organisme atau yang menyebabkan infeksi atau biasa disebut dengan trikomoniasis. Infeksi jenis ini biasanya akan menyebar melalui kontak seksual. Namun bisa menyebar melalui cara lainnya seperti menggunakan pakaian dalam, pakaian renang, hingga baju renang secara bersamaan.

keputihan berlebihan

Ciri-Ciri Anda Mengalami Infeksi Trikomoniasis :

Anda akan mendapati cairan berwarna kuning kehijauan yang berbau busuk. Tanda dan gejalanya akan menimbulkan gatal, rasa nyeri dan bisa menyebabkan peradangan. Walau demikian, pada beberapa kalangan wanita terkadang tidak memperoleh gejala apapun.

konsultasi

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur bisa mengakibatkan munculnya kotoran berwarna putih seperti halnya keju yang menimbulkan sensasi gatal dan panas. Infeksi jamur tersebut menjadi penyebab keputihan lain yang abnormal pada kalangan wanita. Namun Anda harus memahami bahwa kehadiran jamur pada vagina merupakan hal normal. Hanya saja, jika pertumbuhannya melewati batas atau berlebihan, hal tersebut yang bisa menyebabkan masalah cukup serius.

2. Gonore dan klamidia

Klamidia dan gonore merupakan infeksi menular seksual yang bisa menyebabkan cairan keputihan menjadi tidak normal. Perubahan tersebut berupa perubahan warna keputihan berlebihan menjadi kuning kehijauan.

konsultasi

3. Akibat peradangan pelvis

Radang panggul atau pelvis menjadi salah satu infeksi yang pada umumnya diakibatkan oleh kontak hubungan seksual. Kondisi seperti ini dialami seorang wanita jika organ reproduksi mereka kemasukan bakteri yang sebabkan keputihan menjadi bau dan kotor.

4. Human Papilloma Virus atau kanker serviks

Berhubungan seksual bisa menyebabkan penyebaran virus jenis Human Papilloma Virus. Kalangan yang terserang kutil kelamin biasanya akan memperoleh peradangan. Infeksi ini bisa berubah menjadi kanker serviks, berikut beberapa tanda dan gejala yang muncul jika seseorang mengidap kanker serviks :

● Keputihan berwarna coklat.
● Keputihan keluar bercampur darah.
● Keputihan menimbulkan bau tidak sedap.

Jika Anda memperoleh tanda dan gejala keputihan abnormal, segera lakukan pemeriksaan bersama kami Klinik Apollo yang terpercaya dan profesional. Lakukan reservasi dengan mudah terlebih dahulu melalui nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan berlebihan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Efektif Atasi Keputihan Secara Ampuh

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.