Inilah Tanda-Tanda Radang Panggul Pada Wanita

Radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Kondisi ini adalah komplikasi yang sering disebabkan oleh beberapa infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore (kencing nanah). Infeksi lain yang tidak menular secara seksual juga dapat menyebabkan kondisi ini. Untuk mengetahui adanya kondisi ini dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter sesegera mungkin.

konsultasi

Fakta Menarik Mengenai Radang Panggul

Radang panggul atau PID adalah infeksi pada organ sistem reproduksi wanita. Biasanya termasuk rahim, ovarium, saluran tuba dan serviks (leher rahim). Biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia atau gonore (kencing nanah) dan bisa diobati dengan pengobatan antibiotik sesuai dengan resep dokter.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Ini?

Radang panggul disebabkan oleh bakteri pada IMS seperti klamidia dan gonore (kencing nanah). Ini adalah bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi pada rahim. Penularan kemungkinan terjadi jika :

• Memiliki penyakit kelamin dan tidak melakukan pengobatan.
• Memiliki lebih dari 1 pasangan seksual.
• Memiliki pasangan seksual yang memiliki pasangan seksual lain.
• Memiliki riwayat penyakit ini.
• Aktif secara sekusal dan berusia antara 25 tahun.
• Douche.
• Menggunakan alat kontrasepsi (IUD) untuk pengendalian kelahiran. Namun peningkatan riisko kecil sebagian besar terbatas pada saat 3 minggu pertama setelah AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim) ditempatkan didalam rahim oleh dokter.

konsultasi

Kenali Setiap Gejala-Gejala Radang Panggul

Pada kebanyakan wanita dengan radang panggul tidak memiliki gejala. Jika gejalanya muncul maka dapat bervariasi dari yang ringan hingga yang berat. Kondisi yang tidak segera diobati dapat memiliki konsekuensi seirus. Gejala yang kemungkina terjadi termasuk :

• Terasa nyeri, kemungkinan parah teruyama di area panggul (pelvic).
• Demam.
• Kelelahan.
• Perdarahan atau bercak antar periode.
• Menstruasi yang tidak teratur.
• Nyeri di punggung bagian bawah dan dubur.
• Rasa sakit selama hubungan seksual.
• Keputihan yang tidak biasa.
• Sering kencing.
• Muntah.

Terkadang gejalanya mirip dengan kista ovarium, radang usus buntu, endometriosis atau infeksi saluran kemih (ISK). Kondisi ini bisa menjadi akut yang berlangsung hingga 30 hari. Atau juga bisa menjadi kronis jika berlangsung lebih dari 30 hari. Salah 1 kesulitan dalam mengobati kondisi ini adalah gejalanya bervariasi dan beberapa wanita kemungkinan tidak memiliki gejala.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kondisi Ini?

Dokter akan menanyakan mengenai gejala dan melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) untuk memeriksa nyeri tekan. Selain itu juga dengan melakukan tes atau pengujian klamidia dan gonore (kencing nanah). Metode usap dapat diambil dari serviks (leher rahim) dan kemungkinan dari uretra yaitu tabung dari kandung kemih area urine mengalir. Kemungkinan juga adanya tes atau pengujian darah dan urine. USG scan dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan peradangan di saluran tuba. Terkadang laparoskop digunakan untuk melihat area tersebut. Jika diperlukan sampel jaringan dapat diambil juga.

radang panggul

Cara Mengatasi Radang Panggul Pada Wanita

Pengobatan sejak dini dapat mengurangi kemungkinan pengembangan komplikasi seperti infertilitas atau kemandulan. Pengobatan antibiotik adalah jenis pengobatan pertama. Konsultasikan dengan dokter dan selesaikan semua pengobatan resep dari dokter. Dan biasanya berlangsung selama 14 hari. Kondisi ini sering melibatkan lebih dari 1 jenis bakteri sehingga penderitanya dapat melakukan 2 pengobatan antibiotik secara bersamaan.

Jika tes dan pengujian ini menunjukkan adanya bakteri yang menyebabkannya, maka dengan terapi yang lebih tepat kemungkinan harus dilakukan. Jika pengobatan antibiotik tidak adanya perbedaan dalam 3 hari, penderitanya harus mencari bantuan yang lebih lanjut. Kemungkinan juga harus melakukan terapi antibiotik secara intravena atau dengan mengganti pengobatan.

Jika penderitanya sedang hamil atau memiliki gejala yang sangat parah kemungkinan harus melakukan konsultasi ulang dengan dokter. Pengobatan lain dapat diresepkan setelah melakukan pemeriksaan. Pembedahan juga jarang sekali dilakukan. Akan tetapi dilakukan jika adanya jaringan parut pada tuba fallopi atau jika adanya abses yang harus dikeringkan.

Operasi kecil melibatkan pengangkatan 1 atau ke 2 tuba fallopi. Pasangan seksualnya juga harus melakukan pengobatan untuk IMS. Jika pasangannya memiliki IMS, akan adanya risiko serius yang kambuh jika tidak segera diobati. Penderitanya tidak boleh melakukan hubungan seksual hingga pengobatannya selesai. Segera lakukan pengobatan ini di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.