Apa Saja Ketentuan Dan Syarat Pap Smear?

Pap smear merupakan jenis pemeriksaan yang harus dijalankan setiap wanita secara rutin, lalu apa saja syarat pap smear? Tujuan dari pemeriksaan tersebut yakni untuk mendeteksi perubahan sel pada mulut rahim atau serviks yang mengarah pada kanker. Jadi kanker serviks bisa dideteksi pada tahap paling awal sebelum berubah menjadi ganas dan sulit ditangani.

Nah agar proses pemeriksaan hasilnya akurat dan berjalan lancar, maka terdapat beberapa syarat pap smear yang harus Anda jalankan. Jangan sampai pemeriksaan rutin yang umumnya dilakukan 3 tahun akan memberi hasil yang tidak bisa diandalkan.

Syarat pap smear tersebut berkaitan dengan kelancaran pemeriksaan serta meminimalisir kesalahan dalam membaca sampel. Sebab sampel diambil dari permukaan mulut rahim. Bagian luar atau kanalnya. Jangan sampai ada zat atau apapun yang menghalangi atau mengubah struktur sel serviks yang sesungguhnya.

konsultasi

Berikut Syarat-Syarat Pap Smear Yang Harus Dijalankan

1. Tidak berhubungan seksual

Satu hari sebelum menjalankan pemeriksaan pap smear, hindari berhubungan seksual. Alasannya, gesekan pada mulut rahim selama kegiatan menyenangkan serta sperma pasangan dapat mengubah struktur sel-sel serviks dan berpotensi mengganggu pembacaan sampel yang dilihat dari bawah mikroskop.

konsultasi

2. Jangan gunakan produk pembersih kewanitaan

Jangan bersihkan alat genital Anda menggunakan cairan khusus, kandungan antispetik, sabun sirih yang dimasukan ke dalam alat vital Anda. Apabila hanya membasuh luarnya saja masih diperbolehkan.

3. Tidak dalam masa haid

Jadwal pemeriksaan pada umumnya ditentukan beberapa hari sebelumnya, nah Anda harus pastikan jadwal pemeriksaan pap smear yang dilakukan selama 4 hari atau lebih sebelum siklus haid. Jika ternyata pada pemeriksaan Anda mengalami menstruasi, maka tunggu sampai haid benar-benar berhenti. Syarat pap smear satu ini bukan tanpa alasan, darah haid bisa menyebabkan hasil tes menjadi tidak normal. Ditambah, darah haid bisa menghalangi ketika sampel diambil dan tentunya ini masalah yang menyulitkan.

konsultasi

4. Tidak menggunakan tampon

Anda harus hindari penggunaan tampon kurang lebih 24 jam sebelum pemeriksaan. Tampon sendiri biasanya berupa bahan yang sama dengan pembalut, namun diubah menjadi bentuk tabung kecil dan digunakan dengan metode dimasukan pada bibir vagina untuk menyerap menstruasi.

5. Tidak menggunakan obat vagina

Jangan menggunakan obat-obatan vagina kecuali memang dokter menyarankan hal tersebut, baik berupa busa, kirm, atau jelly sebelum beberapa hari pemeriksaan dilakukan.

Memang pada umumnya dokter akan menyarankan bahwa pap smear tetap harus dijalankan kalangan wanita dengan usia 21 sampai 65 tahun selama beberapa tahun, baik pernah berhubungan seksual atau sebaliknya. Namun karena pada prosedur pemeriksaan smear mengharuskan bibir vagina dimasukan sebuah alat, maka berpotensi menyebabkan robekan selaput dara.

syarat pap smear

6. Kosongkan kandung kemih

Syarat pap smear yang satu ini memang bersifat yang tidak diwajibkan, demi kenyamanan ketika pemeriksaan. Jadi buanglah air kecil beberapa saat sebelum pemeriksaan tersebut dilakukan. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman akibat menahan pipis saat pemeriksaan berlangsung.

7. Kenakan pakaian yang mudah dilepas dan dipasang

Ini merupakan syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda menjalankan pemeriksaan pap smear. Jangan dianggap remeh, sebab pakaian yang sulit dilepas pasang akan membuat proses menjadi semakin sulit. Jadi Anda harus memperhatikan hal sepele ini, sebelum melakukan pap smear.

Bagi Anda yang ingin melakukan tes pap smear bisa melakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan proses yang mudah. Untuk reservasi hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai syarat pap smear, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.