Bagaimana Jenis Bentuk Selaput Dara?

Semua kalangan khususnya wanita pasti tidak asing lagi mendengar jenis dan bentuk selaput dara. Hymen atau selaput dara merupakan selaput yang terletak di area genital kalangan wanita. Selaput dara selama ini dikaitkan dengan status keperawanan dari seorang wanita, dimana jika wanita masih perawan dikatakan belum robek dan akan mengeluarkan darah ketika berhubungan pertama kalinya.

Keadaan akan berputar balik ketika selaput dara dinyatakan robek, wanita akan di klaim bahwa mereka sudah tidak perawan. Lalu apakah informasi dan pengetahuan mengenai bentuk selaput dara hanya sekedar itu saja? Nah dalam artikel kali ini, kami akan melakukan sharing mengenai informasi luas mengenai selaput dara.

konsultasi

Apakah Itu Selaput Dara ?

Selaput dara merupakan lendir atau jaringan yang tipis, terletak dibagian tengah liang vagina dan melapisi bukaan vagina. Selaput dara dalam dunia medis yakni hymen. Posisi selaput dara hanya 2 cm dari bibir dari luar vagina, bentuknya pun bulat seperti bibir vagina. Namun Anda perlu mengingat bentuk selaput dara tidak melulu sama pada semua kalangan wanita, banyak pula wanita yang mempunyai selaput dara seperti bulan sabit dan berbagai jenis lainnya.

Selain itu yang perlu Anda ketahui yakni bentuk selaput dara mempunyai berbagai macam tingkat keelastisitasan serta ketebalan yang berbeda setiap wanita. Selaput dara merupakan selaput tipis dengan pori-pori dan tidak rapat seutuhnya, keadaan pori-pori ini yang memungkinkan darah menstruasi atau cairan lain bisa lewat dari luar vagina.

konsultasi

Walaupun selaput dara mempunyai lapisan yang tipis, namun jaringan tersebut tidak mudah robek kecuali akibat adanya hubungan seksual, kecelakaan berat serta gangguan penyakit atau tindakan medis yang berhubungan dengan alat vital kaum wanita tersebut.

Fungsi selaput dara sendiri yakni sebagai lapisan untuk melindungi bukaan vagina dan area sekitarnya selama masa pertumbuhan kalangan wanita itu sendiri. Lalu apakah selaput dara selalu menjadi pertanda atau status keperawanan seorang wanita?

Jadi istilah malam pertama harus mengeluarkan darah memang sudah diaplikasikan dan ada secara turun menurun di berbagai budaya dunia, khususnya Asia yang masih didominasi oleh kata nenek moyang atau orang jaman dahulu. Lalu apakah benar adanya selaput dara bisa menandakan bahwa seorang wanita masih perawan atau sebaliknya? Jawabannya yakni tergantung konsep dan arti keperawanan dari masing-masing pribadi, termasuk kamu.

bentuk selaput dara

Bagaimana Arti Sebuah Keperawanan Bagi Wanita?

Sebuah konsep keperawanan yang ada selama ini hanya mengatakan bahwa wanita perawan yakni mereka akan berdarah pada malam pertama. Disini bisa Anda lihat bahwa perawan dan tidak hanya ditandai dengan darah yang keluar dan tidak saja. Darah ini yang menjadi penentu status seorang wanita di mata pasangan.

konsultasi

Tapi apakah Anda tahu ternyata berdarah bukan hanya disebabkan oleh masuknya penis ke lubang vagina saja, banyak faktor yang bisa sebabkan bentuk selaput dara seorang wanita mudah robek sebelum melakukan hubungan seksual atau malam pertama.

Olahraga seperti split, berkuda, bersepeda, dan sejenisnya juga akan membuat selaput dara seorang wanita mudah robek sebelum ia berhubungan seksual pertama kalinya dengan pasangan. Tidak hanya itu, kegiatan seperti mastrubasi dengan alat bantu seks, penggunaan tampon bisa sebabkan selaput dara Anda robek. Adanya kecelakaan atau tindakan medis dan penyakit di organ vital wanita, bisa membuat selaput dara tersebut mudah sekali robek.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua permasalahan Anda, lakukan konsultasi secara online dengan mudah bersama kami. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Sekian mengenai bentuk selaput dara, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Apa Saja Ketentuan Dan Syarat Pap Smear?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.