Bentuk Dan Ukuran Selaput Dara Wanita

Hymen atau selaput dara merupakan bagian dalam alat reproduksi perempuan yang sering menimbulkan kesalahpahaman. Agar Anda tidak salah tangkap mengenai selaput dara, mari kenali fakta penting mengenai selaput dara yang harus Anda ketahui.

Bagaimana Bentuk Dan Ukuran Selaput Dara

Tidak jauh berbeda dengan vagina dan labia, selaput dara juga mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda, antara satu kalangan dengan lainnya. Selaput dara sendiri merupakan jaringan tipis dengan lubang yang ada sampai 2 cm di dalam bibir vagina. Seperti yang sudah disampaikan oleh banyak ahli medis, uniknya selaput dara sama sekali tidak mempunyai fungsi apapun.

konsultasi

1. Selaput dara yang berdarah

Bagi seseorang yang baru pertama kali berhubungan seksual, tidak sedikit yang mengalami pendarahan pada area genitalnya. Sebenarnya, darah tersebut berasal dari hymen, atau jaringan tipis yang tertarik dan robek.

2. Warna selaput dara

Pada umumnya, warna selaput dara yakni pink muda atau lebih terang apabila dibandingkan dengan warna organ lain di sekitar selaput dara.

konsultasi

3. Selaput dara tidak menghilang setelah berhubungan seks

Banyak yang berasumsi seorang wanita akan langsung kehilangan selaput dara yang dimiliki setelah berhubungan seksual. Faktanya selaput dara tersebut memang tertarik dan menyebabkan pendarahan, namun bukan berarti selaput dara langsung menghilang. Demikian yang disampaikan oleh beberapa ahli medis yang berpengalaman.

selaput dara

4. Selaput dara robek tidak selalu timbulkan darah

Walaupun demikian, ada juga kasus dimana selaput dara tidak mengeluarkan darah seseorang yang pertama kali berhubungan seksual. Ini disebabkan karena beberapa kalangan mempunyai selaput dara yang tipis, sehingga ketika tertarik tidak akan menimbulkan pendarahan sama sekali. Jadi Anda harus memahami hal dasar ini, agar tidak salah memahami.

5. Selaput dara bisa dilihat dengan kasat mata

Menurut beberapa dokter, kadangkala kita bisa melihat selaput dara, karena letaknya berada di antara lipat labia atau bibir vagina. Umumnya, selaput dara mempunyai ukuran kecil dan memiliki benjolan dengan warna terang, namun tidak menimbulkan bahaya.

konsultasi

6. Ada yang terlahir tanpa selaput dara

Faktanya tidak semua kalangan terlahir mempunyai selaput dara. Walaupun begitu, hal ini sama normalnya, sebab ketika Anda berhubungan seksual, selaput dara tidak akan berperan atau berpengaruh besar.

7. Terlahir dengan selaput dara yang tebal

Ada kalangan yang terlahir tanpa selaput dara, ada yang terlahir dengan keadaan selaput dara yang tipis serta ada yang terlahir dengan selaput dara yang cukup tebal. Kondisi ini ternyata dapat menimbulkan nyeri ketika penetrasi. Walaupun begitu, selaput dara jenis ini jarang sekali terjadi.

Banyak yang berasumsi bahwa tes keperawanan merupakan sebuah proses yang relevan. Namun kenyataanya, setelah Anda memahami fakta bahwa tidak semua kalangan terlahir dengan selaput dara, selaput dara tidak berdarah ketika berhubungan seksual, hingga alasan selaput dara robek karena berbagai kegiatan lain selain hubungan seksual.

Maka disimpulkan bahwa tes keperawanan hanya sebuah proses yang dijalankan oleh beberapa wanita yang ingin terlihat lebih sempurna di depan suami ketika malam pertama. Tidak masalah semua prosedur yang dijalankan oleh dokter aman dan tidak membutuhkan waktu yang panjang. Anda hanya perlu persiapkan diri dengan baik ketika akan lakukan proses ini.

Lakukan reservasi sekarang juga bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan penanganan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa lakukan reservasi di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai selaput dara, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengapa Operasi Selaput Dara Perlu Dilakukan?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.