Mengapa Operasi Selaput Dara Perlu Dilakukan?

Mengapa operasi selaput dara perlu dilakukan? Keperawanan memang dianggap sebagai mahkota kaum wanita, dengan istilah lain, masyarakat menganggap jika harta paling berharga yakni keperawanan atau selaput dara yang ada di organ genital Anda. Namun apakah semua asumsi tersebut benar adanya?

konsultasi

Mengapa Operasi Selaput Dara Perlu Dilakukan?

Tidak hanya di Indonesia saja, masih banyak wilayah dunia khususnya Asia yang masih memandang bahwa keperawanan merupakan hal sakral bagi kaum wanita. Bahkan menurut beberapa sumber, banyak wanita yang menjadi korban kekerasan atau pembunuhan karena ketahuan melanggar tabu tersebut, yakni menjalankan hubungan seksual sebelum menikah.

Karena situasi tersebut, mayoritas wanita memandang status keperawanan mereka dari selaput dara atau keluarnya darah pada malam pertama. Karena pandangan ini, tidak sedikit wanita memilih operasi selaput dara sebagai jalan keluar untuk memperoleh kembali keperawanan yang telah hilang, atau mereka sedang lari dari kenyataan mengenai opini masyarakat yang sangat diskriminatif dengan menyembunyikan fakta bahwa mereka sudah tidak perawan.

operasi selaput dara

Apa Itu Operasi Selaput Dara?

Jadi operasi selaput dara disebut sebagai hymenorrhaphy atau hymen yang bermakna selaput dan raphe dengan arti jahitan. Dalam dunia medis istilah ini populer disebut dengan hymenoplasty. Beberapa tahun lalu, tren operasi selaput dara telah menjamur dan dilakukan banyak kalangan wanita.

Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa masyarakat India berjenis kelamin wanita merasa perlu memperbaiki selaput dara sebelum menikah. Hal tersebut terjadi, walaupun calon suami mempunyai pikiran yang modern, namun pihak pria ingin pengantin masih perawan. Bahkan beberapa dokter asal eropa mengungkapkan fakta tersebut, bahwa para wanita ingin mengembalikan keperawanan demi menyenangkan hati keluarga.

Baca Juga : Apa Saja Ketentuan Dan Syarat Pap Smear?

konsultasi

Namun tidak semua kalangan wanita yang menjalankan hymenoplasty melakukan seks bebas, ada kalanya mereka menjadi korban kekerasan seksual seperti pemerkosaan atau selaput dara robek karena alasan di luar seksual seperti olahraga.

Bahkan tak jarang dokter menjalankan operasi hymen ketika memperoleh beberapa ancaman, dari keluarga yang inginkan anak perempuannya benar-benar suci di hari bahagiannya. Di Indonesia sendiri, operasi selaput darah masih menjadi kontroversi yang besar. Lalu bagaimana prosedur operasi tersebut di jalankan?

konsultasi

Prosedur Operasi Selaput Dara

Jadi hymenoplasty di jalankan dengan cara menjahit sisa selaput yang robek, hingga mirip seperti kondisi sebelum robek. Selanjutnya, pasien akan diberikan obat antibiotik untuk mempercepat proses pemulihan di dalam sana. Operasi ini hanya akan berlangsung setengah jam dan pasien bisa melakukan rawat jalan.

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, pasien tidak diperbolehkan berhubungan seksual sebelum bekas operasi benar-benar pulih. Walaupun tergolong sebagai rekonstruksi ringan, namun operasi selaput dara tetap mempunyai resiko. Berikut yakni efek samping yang bisa Anda peroleh diantaranya :

● Terdapat infeksi.
● Nyeri di bagian vagina.
● Kesulitan bernapas di tempat operasi tersebut.
● Muncul bekas luka.
● Pasien mengalami pendarahan.

Mengenai resiko yang akan didapatkan, pasien harus lakukan konsultasi bersama dokter mengenai hal positif dan negatif sebelum menjalankan operasi. Perlu Anda ketahui, keperawanan berbeda dari vaginoplasty yang pernah dijalankan beberapa rekan artis. Jika hymen bersifat mengembalikan kondisi selaput dara, sedangkan vaginoplasty merupakan proses merapatkan dinding vagina yang longgar, agar rapat ketika berhubungan seksual.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua pasien yang ingin menjalankan proses rekonstruksi selaput dara. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, lakukan reservasi bersama kami segera di 081233881616. Demikian ulasan singkat kami sampaikan mengenai operasi selaput dara, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bagaimana Jenis Bentuk Selaput Dara?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.