Secara Umum Apa Penyebab Keputihan Berlebihan?

Para kalangan wanita pasti sering mengalami keputihan yang bisa terjadi dalam tingkat ringan sampai berat, lalu apa saja penyebab keputihan berlebihan? Dalam jumlah ringan, keputihan sebenarnya masih normal. Ini merupakan sekresi atau cairan yang keluar dari vagina untuk melindungi kemaluan agar tetap bersih. Tidak hanya itu saja, keputihan juga bisa menunjukan kondisi kesehatan seseorang. Anda bisa cari tahu penyebab keputihan berlebihan tersebut.

konsultasi

Apa Saja Penyebab Keputihan Berlebihan Dan Abnormal

Keputihan merupakan sebuah cairan yang keluar dari vagina. Pada umumnya sedikit kental, tampak transparan atau berwarna putih susu, bersih dan tidak menimbulkan bau atau noda sema sekali. Terkadang keputihan agak kental, biasanya terjadi ketika Anda menstruasi, masa menyusui, dan berhubungan seksual.

Namun pada umumnya penyebab keputihan berlebihan datang dengan beberapa ciri ciri seperti keluarnya lebih banyak dari biasanya, mengeluarkan bau tidak sedap, berwarna transparan atau tidak bersih. Selain itu ada beberapa tanda lainnya seperti nyeri, gatal, dan terasa panas di bagian vagina. Hal tersebut tentunya menunjukan jika kondisi kesehatan Anda sedang mengalami masalah.

Selain itu, keputihan yang tidak normal bisa terjadi setelah seorang wanita mengalami menopause. Hal tersebut terjadi karena kadar estrogen, sehingga vagina menjadi kering. Vagina yang kering tentunya rentan mengalami iritasi atau peradangan, sehingga banyak mengeluarkan keputihan.

Baca Juga : Jenis Dan Macam Macam Keputihan

konsultasi

penyebab keputihan berlebihan

Keputihan Abnormal Bisa Menjadi Tanda Kondisi Kesehatan?

Penyebab keputihan berlebihan yang abnormal bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami infeksi vagina. Dari beberapa sumber, ada berbagai penyakit yang berhubungan dengan keputihan tidak normal, diantaranya.

Bakterial vaginosis disebabkan karena keseimbangan bakteri dalam vagina yang tidak normal. Pertumbuhan bakteri di vagina tentunya cukup berlebihan. Keputihan yang disebabkan oleh penyakit biasanya muncul dengan ciri warna putih, tidak kental, berbau, dan hadir dalam jumlah banyak, penderita juga akan merasa gatal di bagian vagina.

Candidiasis disebabkan oleh infeksi jamur dari vagina. Sekresi tersebut muncul dengan ciri berwarna putih dan kental. Vagina akan mengalami rasa panas dan gatal, area kemaluan penderita pun menjadi bengkak dan kemerahan.

konsultasi

Trichomoniasis yakni infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Trichomonas vaginalis. Keputihan yang keluar saat Anda mempunyai penyakit ini muncul dengan ciri-ciri berwarna kekuningan atau kehijauan, terkadang berbusa, berbau amis, dan dalam jumlah banyak. Vagina juga terasa gatal dan kemerahan.

Selain masalah trichomoniasis, keputihan juga disebabkan penyakit menular seksual jenis lainnya, seperti infeksi klamidia atau gonore. Keputihan yang keluar karena infeksi menular seksual tersebut akan mengalami perubahan warna, bau dan jumlah. Apabila Anda memperhatikan ada yang berubah dari keputihan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab keputihan abnormal tersebut.

Bagaimana Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal?

Keputihan yang abnormal pada umumnya disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk mencegah hal tersebut Anda harus merawat kebersihan vagina sebaik mungkin, terutama ketika Anda menstruasi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi di bagian vagina.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak berganti-ganti pasangan seksual. Mempunyai banyak pasangan seksual bisa meningkatkan risiko terserang infeksi vagina atau penyakit seksual yang menyebabkan keputihan abnormal. Penggunaan kondom ketika berhubungan seksual juga sangat dianjurkan untuk mencegah Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua kalangan yang merasa terganggu oleh keputihan berlebihan tersebut. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyebab keputihan berlebihan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Dampak Buruk Dari Bahaya Keputihan

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.