Struktur Dan Fungsi Kandung Kemih Yang Perlu Diketahui

Fungsi kandung kemih berada di rongga panggul dibelakang pubis. Kandung kemih pada umumnya mengandung sekitar 500 ml urin. Dalam keadaan kosong, veskikel urin seperti halnya pir dan lokasinya berada di rongga nacreous. Apabila urin terkandung, dinding atas vesikel akan masuk kedalam perut.

konsultasi

Apa Saja Fungsi Kandung Kemih

Fungsi kandung kemih yakni menyimpan urin sebelum pada akhirnya dilepaskan selama proses buang air kecil. Biasanya, kandung kemih hanya akan menyimpan 500 ml urin, namun volume maksimumnya bisa disimpan dalam jumlah besar. Fungsinya tidak lain mengirim tubuh sehingga Anda bisa membuangnya jika mempunyai cukup air seni. Kandung kemih membantu buang air kecil dengan mengontrak detrusor.

konsultasi

Struktur Pada Kandung Kemih

Bagian utama dari fungsi kandung kemih yakni detrusor yang terdiri dari otot spiral dan melingkar. Ketika Anda ingin membuang air kecil, otot tersebut berkontraksi dengan kirimkan sinyal parasimpatis. Lapisan vesika dalam urin dari luar merupakan lapisan serosa, lapisan subserous, lapisan otot, mukosa, dan submukosa.

Pada bagian atas atau pucak kandung kemih, mereka akan menghadap area simpatis tulang kemaluan, sedangkan pangkal wajar menghadap dubur pria maupun wanita. Leher terletak di bagian bawah, dimana kandung kemih tampak menyempit menuju uretra.

konsultasi

Tubuh merupakan bagian terbesar dari kandung kemih. Di dalam sana terdapat bagian yang disebut dengan kantung segitiga, yang merupakan sebuah area membentuk struktur segitiga di bagian dinding belakang kandung kemih. Trigon terdiri dari 2 lubang uretra tempat kateter dimasukan dan lubang dibagian pertama uretra.

Ketika Anda ingin buang kecil, apa yang Anda lakukan? Menahannya atau langsung mencari toilet di sekitar? Kami sarankan kepada Anda semua untuk tidak biasakan menahan keinginan buang air kecil, jika tidak ingin mengalami masalah fungsi kandung kemih atau saluran kencing.

fungsi kandung kemih

Hindari Beberapa Jenis Makanan Dan Minuman Berikut Ini

1. Nanas

Buah nanas memang baik untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat dan vitamin C. Namun jangan lupa jika nanas mempunyai rasa asam yang bisa mengiritasi kandung kemih dan memperburuk jaringan di dalam tubuh. Jadi batasi buah-buahan yang mengandung asam berlebihan seperti lemon dan nanas.

konsultasi

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga bisa iritasi kandung kemih dan membuat Anda mengeluarkan air seni lebih banyak daripada biasanya. Bukan hanya itu, gula dan berbagai bahan kimia dalam minuman soda akan memperburuk penyaringan dalam ginjal.

konsultasi

3. Kafein

Konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman berenergi memang mempunyai manfaat yang besar untuk tubuh, namun jangan terbiasa mengkonsumsinya. Kafein mempunyai sifat diuretic, yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak urin. Minuman yang mengandung kafein juga membuat kinerja ginjal semakin berat. Batasi asupan untuk menjaga kesehatan kandung kemih anda.

konsultasi

4. Cokelat

Cokelat merupakan makanan pereda stress yang sangat baik, namun mayoritas makanan berjenis coklat tidak hanya membuat Anda cepat gemuk, namun tidak baik untuk kinerja kandung kemih Anda. Jadi batasi konsumsi cokelat ya.

5. Makanan pedas

Makanan pedas memang dapat menurunkan kadar gula darah, bahkan bisa membahayakan sistem pencernaan Anda. Bukan hanya itu saja, makanan pedas juga akan mengiritasi kandung kemih Anda. Jika Anda suka makanan pedas, sebaiknya jangan berlebihan dan jangan menyantapnya setiap hari.

Jadi hindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang sudah kami sampaikan diatas. Semua kalangan dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya demi menjaga kesehatan saluran kencing dan ginjal Anda.

Kami Klinik Apollo akan membantu atasi masalah Anda dengan professional. Lakukan konsultasi dan reservasi dengan mudah melalui 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai fungsi kandung kemih, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.