Vaginitis Apakah Berbahaya Jika Tidak Segera Diobati?

Vaginitis adalah pembengkakan, rasa gatal, rasa terbakar atau infeksi pada vagina yang dapat disebabkan oleh beberapa kuman yang berbeda. Jenis kondisi ini yang paling umum adalah Bacterial Vaginosis (BV) dan ragi serta jamur terkadang trikomoniasis juga. Kondisi ini sangat umum. Pada kebanyakan wanita akan mengalami beberapa jenis dari kondisi ini setidaknya 1 kali dalam hidupnya.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Vaginitis?

Vaginitis adalah peradangan pada vagina. Biasanya hasil dari infeksi. Penderitanya biasanya mengalami keputihan, rasa gatal, terbakat dan kemungkinan sakit. Ini adalah kondisi yang umum dan sebagian besar wanita akan memilikinya setidaknya 1 kali dalam hidupnya. Vagina adalah saluran otot yang membentang dari serviks (leher rahim) ke bagian luar tubuh, dilapisi oleh selaput lendir. Dan memiliki panjang rata-rata sekitar 6 inci hingga 7 inci. Salah 1 bagian vagina yang biasanya terlihat dari luar adalah lubang vagina.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkannya?

Infeksi adalah penyebab paling umum dari kondisi ini termasuk kandidiasis, Bacterial Vaginosis (BV) dan trikomoniasis. Setelah pubertas, kondisi ini menular sebagian dari pada kasusnya. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh gonore (kencing nanah), klamidia, mikoplasma, herpes, Campylobacter, beberapa parasit dan kebersihan yang buruk.

Kondisi ini dapat terjadi sebelum masa pubertas akan tetapi berbagai jenis bakteri kemungkinan terlibat. Sebelum pubertas, Streptococcus Spp adalah penyebab yang lebih mungkin terkadang karena kebersihan yang tidak tepat menyebarkan atau menularkan bakteri dari area anal ke alat kelamin.

Kedekatan vagina dengan anus, kurangnya hormon estrogen, kurangnya rambut kemaluan dan kurangnya bantalan lemak labial dapat meningkatkan risiko vulvovaginitis sebelum pubertas. Vulvovaginitis adalah peradangan pada vagina dan vulva. Ini dapat mempengaruhi wanita dari segala usia.

konsultasi

Setelah pubertas, infeksi paling sering disebabkan oleh Gardnerella. Terkadang kondisi ini dapat berasal dari reaksi alergi misalnya pada kondom, spermisida, sabun dan parfum tertentu, douche, pengobatan topikal, pelumas dan bahkan air mani. Iritasi dari tampon juga dapat menyebabkan kondisi ini pada beberapa wanita.

Vagina yang sehat memiliki keseimbangan berbagai jenis bakteri. Bakteri baik dapat membantu menjaga vagina sedikit asam. Membuat bakteri jahat tidak tumbuh terlalu cepat. Vagina yang sehat mengeluarkan cairan seperti lendir yang kemungkinan terlihat bening atau sedikit seperti putih susu, tergantung pada siklus setiap bulan seorang wanita.

Ketika keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat terganggu, bakteri jahat tumbuh terlalu cepat dan menyebabkan infeksi. Debit kemungkinan memiliki warna atau bau busuk. Terkadang bakteri jahat dan kuman lain menyebabkan kondisi ini dapat menyebar atau menular melalui hubungan seksual. Hal-hal lain juga dapat mengganggu keseimbangan vagina seperti pengobatan antibiotik, douching, celana yang ketat, pakaian dalam yang lembab, pola makan yang buruk, produk-produk vagina (spray, pelumas, alat kontrasepsi) dan kehamilan.

vaginitis

Kenali Tanda Dan Gejala Vaginitis Pada Wanita

Gejala kondisi ini yang paling umum dapat meliputi :

• Iritasi pada area genital.
• Debit yang kemungkinan berwarna putih, abu-abu, berair dan berbusa.
• Peradangan dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada labia majora, labia mayora dan area perineum terutama karena kelebihan sel-sel kekebalan.
• Disuria yaitu rasa sakit atau ketidaknyamana saat kencing.
• Hubungan seksual yang menyakitkan atau dispareunia.
• Bau vagina yang busuk atau amis.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Dokter melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan mengenai riwayat medis khususnya mengenai riwayat infeksi menular seksual (IMS). Selain itu juga melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) untuk memeriksa bagian dalam vagina adanya peradangan dan keputihan berlebih. Sampel cairan terkadang diambil dama upaya untuk menentukan penyebab peradangan. Penyebab kondisi ini dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan penampilan cairan vagina, tingkat PH vagina, adanya amina yang mudah menguap (gas yang menyebabkan bau tidak sedap) dan deteksi mikroskopis sel-sel tertentu.

konsultasi

Inilah Cara Mengobati Vaginitis Secara Umum

Pengobatan akan tergantung pada kuman yang menyebabkan infeksi. Dokter akan menyarankan pengobatan yang tepat setelah didiagnosis. Pengobatan tergangung pada penyebabnya. Kemungkinan termasuk steroid topikal potensi rendah yang diterapkan pada kulit, pengobatan antibiotik topikal atau oral, pengobatan antijamur atau pengobatan antibakteri.

Bacterial Vaginitis (BV) biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan yang digunakan yaitu pengobatan untuk mengobati infeksi jamur. Pengobatan dilakukan jika iritasinya parah. Pengobatan untuk peradangan yang tampak berasal dari reaksi alergi. Pengobatan yag disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang rendah.

Pada wanita hamil, harus memastikan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter, karena kondisi ini dapat mempengaruhi janin dan karena beberapa pemilihan pengobatan yang kemungkinan tidak cocok untuk wanita hamil. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan biasanya disarankan beberapa tes dan pengujian agar bisa didiagnosis. Setelah hasil diagnosis diketahui. Pengobatan terbaik dapat disarankan. Untuk info ini bisa langsung menghubungi kami dikontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi melalui layanan konsultasi online secara gratis dibawah ini.

Anda tidak perlu khawatir, karena biaya melakukan pengobatan vaginitis di Klinik Apollo sangat terjangkau. Tidak hanya itu, pengobatan yang dilakukan secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Klinik nomor 1 di Jakarta Indonesia.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.