Pengertian Rahim Dan Fungsi Serviks

Banyak perbedaan pertahanan tubuh antara kalangan wanita dan pria, jika membahas rahim, apa sih fungsi serviks? Secara fisik memang pria lebih kuat, namun untuk ketahanan tubuh banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa wanita mempunyai tubuh yang lebih kuat dibandingkan pria.

konsultasi

Pengertian Rahim Pada Kalangan Wanita

Rahim merupakan organ vital yang diinginkan semua kalangan wanita. Rahim atau uterus merupakan organ reproduksi yang dimiliki semua jenis kaum betina. Sehingga rahim tidak hanya dimiliki manusia saja, namun hewan yang melahirkan dan menyusui mempunyai hal yang sama.

Rahim dalam tubuh manusia berada di area panggul. Rahim tersebut bisa berkembang, sebagaimana janin. Rahim ini berkembang untuk memberi ruang yang diperlukan. Rahim merupakan jenis organ yang berongga, bentuknya mirip buah pir dan tersusun atas lapisan-lapisan otot. Ruam pada rahim tersebut mempunyai bentuk segitiga yakni bagian atasnya lebih besar.

konsultasi

fungsi serviks

Bagian-Bagian Pada Rahim Wanita

Sudah kami ulas diatas bahwa rahim merupakan organ yang sangat vital dan penting bagi semua kalangan wanita, karena rahim akan menentukan kemampuan untuk mempunyai keturunan wanita atau tidak. Disamping itu, rahim merupakan organ yang rentan dan mudah terganggu. Maka rahim harus dijaga sebaik mungkin dan lebih teliti nantinya.

Rahim mempunyai beberapa bagian yang cukup kompleks. Banyak bagian rahim, baik yang bisa dilihat oleh manusia, namun ada juga yang tidak bisa dilihat, karena terlalu kecil. Bagian rahim mempunyai nama dan fungsi masing-masing.

Uterus ada yang dinamakan endometrium atau biasa disebut dengan dinding rahim, dinding tersebut sudah tersusun atas sel-sel epitel sebagai pembatas antara uterus. Lapisan endometrium bersifat menebal ketika ovulasi dan akan meluruh ketika siklus haid datang. Rahim ini bisa bertahan pada posisi semestinya.

Salah satu bagian penting dari rahim yakni fungsi serviks atau leher rahim. Serviks merupakan organ yang berperan besar pada kesehatan wanita. Arti kesehatan yang kami maksud luas, bukan hanya di bagian reproduksi saja, namun kesehatan secara menyeluruh.

konsultasi

Apa Saja Fungsi Serviks Pada Wanita

Leher rahim atau serviks mempunyai fungsi yang sangat penting untuk kaum wanita. Fungsi leher rahim ini tak lepas dari lendir yang dikeluarkan dari yang dinamakan lendir rahim. Fungsi serviks atau leher rahim yakni mengeluarkan lendir yang kadarnya berbeda-beda di masa tertentu.

Lendir tersebut berfungsi sebagai perlindungan alami tubuh dari bakteri yang berasal dari luar tubuh manusia. Selain itu, lendir rahim juga berfungsi membantu sperma berenang menuju ovum dalam rangkaian proses reproduksi.

Lendir yang keluar pada masa subur dan sebaliknya mempunyai kadar yang jumlahnya berbeda. Dimana pada masa subur lendir yang keluar dalam jumlah banyak dibandingkan lendir yang keluar pada fase tidak subur. Ketika seorang wanita hamil, serviks ini akan tertutup rapat, sehingga lendir tidak bisa keluar dan menumpuk di dalam rahim untuk menjaga bayi dari bakteri luar yang bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan.

Selain itu serviks atau leher rahim bisa menjadi jalan terbaik untuk bayi. Apabila fungsi serviks Anda sehat, maka menjadi jalan yang lancar pada proses persalinan. Ketika saat itu tiba, serviks yang mempunyai bentuk seperti donat mempunyai lubang kecil dan bersifat elastis ketika membuka atau menutup ketika proses persalinan.

Diatas kami uraikan mengenai fungsi serviks pada kalangan wanita, jika Anda mengalami masalah atau kondisi kurang baik di bagian serviks atau leher rahim, bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo atau hubungi 081233881616 untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Demikian mengenai fungsi serviks, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.