Atasi Penyakit Gonorrhea Sejak Awal

Penyakit gonorrhea mudah diobati akan tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius dan terkadang permanen. Penyakit radang panggul (PID) terjadi pada wanita ketika infeksi penyakit ini mempengaruhi uterus atau saluran tuba. Komplikasi paling serius yang terkait dengan penyakit radang panggul (PID) adalah infertilitas atau kemandulan. Komplikasi pada pria dengan penyakit ini termasuk epididimitis (radang tabung yang membawa sperma) dan infertilitas atau kemandulan.

konsultasi

Apa Itu Penyakit Gonorrhea?

Penyakit gonorrhea adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri menular seksual yang dapat menginfeksi pria dan wanita. Penyakit ini paling sering mempengaruhi uretra, rektum atau tenggorokan. Pada wanita, penyakit ini juga dapat menginfeksi serviks (leher rahim). Penyakit ini paling sering menyebar atau menular saat berhubungan seksual. Akan tetapi bayi juga dapat terinfeksi saat dilahirkan jika ibunya terinfeksi. Pada bayi, penyakit ini paling sering menyerang mata.

Penyakit gonorrhea adalah infeksi umum yang dalam kebanyakan kasus tidak menyebabkan gejala. Kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Dengan tidak melakukan hubungan seksual, menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual dan berada dalam hubungan yang saling monogami adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual (IMS).

Baca Juga : Gonore Adalah Penyakit Menular Seksual

konsultasi

Apa Penyebab Utama Penyakit Ini?

Penyakit gonorrhea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri penykait ini paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain selama kontak seksual, termasuk seks oral, seks vaginal dan seks anal. Adapun faktor risikonya yang dapat meningkatkan risiko infeksi penyakit ini dapat termasuk :

• Usia remaja.
• Pasangan seksual yang baru.
• Pasangan seksual yang memiliki banyak pasangan seksual.
• Banyaknya pasangan seksual.
• Didiagnosis atau memiliki penyakit ini sebelumnya.
• Memiliki infeksi menular seksual (IMS) lainnya.

penyakit gonorrhea

Berikut Tanda-Tanda Penyakit Gonorrhea

Dalam kebanyakan kasus, infeksi penyakit ini tidak menimbulkan gejala. Namun ketika gejalanya muncul, infeksi penyakit ini dapat mempengaruhi banyak area di tubuh, akan tetapi biasanya muncul di saluran genital. Penyakit ini dapat mempengaruhi saluran genital. Berikut ini tanda dan gejala infeksi pada pria dapat meliputi :

• Kencing yang menyakitkan.
• Cairan yang keluar seperti nanah dari ujung penis.
• Terasa nyeri atau bengkak di 1 testis.

konsultasi

Tanda dan gejala infeksi pada wanita dapat meliputi :

• Peningkatan keputihan.
• Kencing yang menyakitkan.
• Pendarahan vagina antar periode, seperti setelah hubungan intim.
• Hubungan seksual yang menyakitkan.
• Nyeri perut atau panggul (pelvic).

Penyakit di area lain pada tubuh juga dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh seperti :

• Dubur, tanda-tanda dan gejala-gejala nya dapat termasuk gatal-gatal di anus, keluarnya nanah dari dubur, bercak darah berwarna merah terang pada jaringan dan tegang selama buang air besar (BAB).

• Mata, penyakit ini mempengaruhi mata dan dapat menyebabkan sakit mata, kepekaan terhadap cahaya, dan keluarnya nanah dari 1 atau ke 2 mata.

• Tenggorokan, tanda dan gejala infeksi tenggorokan kemungkinan termasuk sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

• Sendi, jika 1 sendi atau lebih terinfeksi oleh bakteri (Artritis Septik), sendi yang terkena kemungkinan terasa hangat, berwarna merah, bengkak dan sangat sakit, terutama ketika memindahkan sendi yang terkena.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Untuk menentukan adanya bakteri penyakit ini di tubuh, dokter biasanya akan menganalisis sampel sel. Sampel dapat dikumpulkan dengan melalui :

• Tes atau pengujian urine, ini dapat membantu mengidentifikasi bakteri di uretra.

• Usap area yang terkena, usap tenggorokan, uretra, vagina atau dubur dapat mengumpulkan bakteri yang dapat diidentifikasi di laboratorium.

Untuk wanita, alat tes atau pengujian untuk penyakit ini termasuk swab vagina untuk swa-uji yang dianalisis di laboratorium khusus untuk pengujian. Adapun tes atau pengujian untuk infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama klamidia yang sering menyertai penyakit ini. Tes atau pengujian untuk HIV juga direkomendasikan untuk yang didiagnosis dengan IMS. Tergantung pada faktor risikonya, tes atau pengujian untuk IMS tambahan juga dapat direkomendasikan.

konsultasi

Cara Ampuh Atasi Penyakit Gonorrhea

Penyakit gonorrhea diobati dengan pengobatan antibiotik. Karena strain yang muncul dari Neisseria gonorrhoeae kebal terhadap pengobatan. Pasangan seksual Anda juga harus menjalani tes dan pengobatan untuk penyakit ini, bahkan jika tidak memiliki tanda atau gejala. Bahkan jika telah melakukan pengobatan karena penyakit ini, namun dapat terinfeksi kembali jika pasangan Anda tidak diobati.

Bayi yang lahir dari ibu dengan penyakit ini harus melakukan pengobatan di matanya sesegera mungkin setelah lahir untuk mencegah infeksi. Jika infeksi mata berkembang, bayi dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Anda tidak perlu khawatir, pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Sebagai bukti sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Hubungi lebih lanjut di nomor 081233881616 atau bisa mengkonsultasikannya dibawah ini.

Baca Juga : Penyakit Gonore Yang Dibiarkan Apakah Berbahaya?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.