Panduan Mencegah Penyakit Reproduksi Pada Pria

Merawat penis tentunya tidak boleh sembarangan, sebab alat reproduksi pria memang sangat sensitif, apa saja penyakit reproduksi? Salah merawat justru bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Untuk menghindari masalah ini, kami akan berikan panduan cara merawat alat reproduksi kalangan pria.

konsultasi

Bagaimana Panduan Mencegah Penyakit Reproduksi Pada Pria?

1. Bersihkan penis dengan benar

Membersihkan penis tidak hanya sekedar membasuh dengan air, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan agar kesehatan penis terjaga dengan baik. Setelah berkemih, jangan lupa bilas area pangkal penis termasuk rambut kemaluan dan testis dengan air bersih.

Pastikan area pangkal testis dan anus bersih dan bebas dari bau. Setelah itu, keringkan area dengan baik dan secara menyeluruh. Hindari menggunakan bedak, mengenakan sabun pewangi, atau menyemprotkan deodoran, sebab dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Selain berkemih, Anda juga dianjurkan untuk bersihkan penis sebelum dan sesudah berhubungan seksual. Hal yang sama berlaku jika Anda selesai menjalankan proses mastrubasi.

konsultasi

2. Pilih celana dalam yang tepat

Sekarang sudah banyak pilihan celana dalam untuk kalangan pria. Secara umum, pilihlah jenis celana dengan bahan katun dan tidak ketat. Peningkatan suhu pada penis dan skrotum tidak baik untuk sperma. Yang tidak kalah penting, anda harus mengganti celana dalam setiap harinya.

3. Menggunakan pengaman atau kondom

Kondom merupakan pengaman untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Kondom juga bisa membantu Anda terhindar dari berbagai resiko penyakit reproduksi.

penyakit reproduksi

Penyakit Yang Menyerang Alat Reproduksi Pria

Impotensi

Impotensi atau lebih dikenal dengan disfungsi ereksi merupakan sebuah kondisi penis tidak dapat mengeras secara maksimal. Masalah ini mempunyai beberapa bentuk, seperti tidak mampu ereksi, ereksi pada penis yang kurang keras, hingga penderita kesulitan mempertahankan ereksi. Hasilnya pria menjadi kesulitan untuk melakukan penetrasi ketika berhubungan seksual.

Kondisi ini bisa terjadi seiring bertambahnya umur seorang pria. Namun pria juga bisa mengalami impotensi karena masalah psikis dan mempunyai riwayat medis tertentu, gangguan hormon, dan adanya kerusakan saraf pada penis. Beberapa kalangan yang mempunyai kelebihan berat badan juga rentan pada impotensi.

konsultasi

Infeksi menular seksual

Berbagai jenis infeksi menular seksual dapat mempengaruhi alat reproduksi pria. penyakit reproduksi menular seksual ini termasuk klamidia, gonore, kutil kelamin, herpes genital, dan sifilis.

Buang air kecil yang terasa nyeri, penis terasa sakit berkepanjangan, dan keluarnya cairan yang tidak biasa dari penis merupakan gejala khas dari infeksi menular seksual yang harus Anda waspadai.

Gairah seksual rendah

Gairah seks menjadi rendah pada pria juga menggambarkan penurunan mental pada kegiatan seksual. Hal ini bisa terjadi seiring bertambahnya usia, gairah seksual yang rendah bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti riwayat hidup tidak sehat, pengaruh hormon, dan penyakit tertentu yang mendasarinya.

konsultasi

Anorgasmia

Pada beberapa kasus, pria mungkin tak akan mampu mencapai orgasme walaupun sudah mendapatkan rangsangan yang memadai. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai masalah hormon atau penyakit saraf di sekitar alat reproduksi pria. Selain riwayat penyakit reproduksi, diabetes bisa membuat kondisi ini lebih sering terjadi.

Penyakit dan kondisi lainnya

Jika Anda tak menjaga kebersihan organ intim dengan baik dan benar, maka kalian menjadi semakin rentan terserang berbagai jenis infeksi. Salah satunya infeksi jamur. Kondisi ini akan menyebabkan ruam kemerahan dan bercak keputihan pada bagian penis.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai penyakit reproduksi pria, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Berikut, Jenis Penyakit Kelamin Yang Harus Diwaspadai

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.