Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Disembuhkan

penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa terjadi karena penularan parasit, bakteri dan virus. Pada umumnya kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan pada pria atau wanita, namun lebih sering menyerang wanita. Apalagi ketika seorang wanita sedang berada dalam fase mengandung.

Apa Saja Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Disembuhkan?

Menggunakan kondom dengan bahan lateks akan mengurangi penyebaran infeksi menular seksual. Namun tidak sepenuhnya dapat terhindar, karena infeksi ini bisa terjadi melalui hubungan oral. Sebagian penyakit menular seksual tidak dapat disembuhkan, namun masih ada yang bisa disembuhkan secara total, salah satunya klamidia.

Mengkonsumsi obat antibiotik, menjalankan hubungan seks yang aman, dan menjaga kebersihan menjadi cara penyembuhan infeksi menular seks. Walaupun bisa disembuhkan, namun bukan berarti Anda bisa menyepelekan kondisi ini. Berikut beberapa jenis penyakit menular seksual yang bisa disembuhkan, namun perlu Anda pahami dengan baik.

Baca Juga : Gejala Dan Macam Macam Penyakit Kelamin Wanita

konsultasi

1. Sifilis

Penyebab raja singa atau sifilis yakni bakteri treponema pallidum. Sipilis bahkan pernah menjadi sebuah ancaman kesehatan bagi kalangan masyarakat dengan berbagai komplikasi berbahaya, seperti kerusakan otak, radang sendi dan kebutaan. Sampai pada akhirnya pengobatan medis menemukan jenis antibiotik penisilin yang dikembangkan dan bisa menyebabkan infeksi raja singa.

Jenis infeksi menular seksual tidak disebabkan oleh beberapa kontak seperti kolam renang, bak air panas, mengenakan pakaian renang bersama, memegang daun pintu yang sama dan lain sebagainya. Kontak langsung dengan luka yang disebabkan oleh raja singa menjadi penyebab utama penularan penyakit ini.

konsultasi

2. Gonore

Penyakit gonore dan klamidia merupakan sebuah bakteri yang bisa ditangani dengan antibiotik. Walaupun begitu, terdapat beberapa kondisi dimana gonore tidak bisa sembuh hanya dengan antibiotik. Gonore dengan mudah ditangani, namun bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

Penyakit radang panggul terjadi pada kalangan wanita, ketika infeksi gonore mempengaruhi uterus atau tuba falopi. Komplikasi yang paling serius dan berhubungan dengan radang radang panggul yakni mandul atau tidak dapat mempunyai keturunan.

konsultasi

3. Trichomoniasis

Trikomoniasis merupakan sebuah infeksi menular seks yang disebabkan oleh parasit protozoa dan pada umumnya akan menyerang saluran kemih. Gejala paling umum dan terjadi pada wanita yakni munculnya sekresi berwarna putih, kuning, hijau atau abu-abu. Biasanya sekresi ini berbusa dan mempunyai aroma tidak sedap.

Rasa gatal pada vagina dan timbulnya warna kemerahan akan disertai dengan pembengkakan menjadi gejala utama infeksi ini. Sedangkan pada pria, mereka akan mengalami rasa nyeri ketika ingin buang air kecil atau berhubungan seksual. Menggunakan antibiotik merupakan cara menyembuhkan penyakit menular seksual jenis ini.

konsultasi

4. Kutu kelamin

Walaupun kutu kelamin menjadi jenis penyakit menular seksual yang mudah menyebar melalui kontak intim atau penggunaan pakaian yang sama dengan penderita, namun kutu kelamin bukan kondisi yang berbahaya.

Sebab masalah ini bisa dengan mudah dibasmi dengan menggunakan sabun antiseptik khusus untuk membunuh kutu yang berkembang di area kelamin. Dengan membersihkan pakaian bagian bawah seperti celana, pakaian dalam, atau apapun yang pernah terpapar dengan pengidap kutu pubis adalah cara lain untuk menghindarkan diri dan terbebas dari penyakit kutu pubis.

Untuk beberapa jenis penyakit lainnya, seperti infeksi jamur, kutil kelamin, dan herpes masih bisa disembuhkan. Apalagi jika Anda sadar mengenai infeksi yang menyerang tubuh lebih awal serta melakukan tindakan sedari dini, maka masalah tidak akan menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Mengenai informasi lebih lanjut, Anda bisa lakukan konsultasi segera di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai informasi lebih lanjut hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai penyakit menular seksual, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyakit Kelamin Pada Pria Yang Diwaspadai

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.