Cara Ampun Atasi Penyakit Herpes Genitalis Menular

Penyakit herpes genitalis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang mempengaruhi sebagian pria berusia 14 tahun hingga 49 tahun. Ada 2 virus yang dapat menyebabkan penyakit ini seperti virus tipe 1 dan virus tipe 2. Untuk mengetahui lebih pasti, lakukan konsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih rinci.

konsultasi

Pengertian Mengenai Penyakit Herpes Genitalis

Penyakit herpes genitalis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dimana ada 2 jenis. Tipe 1 biasanya dapat menyebabkan herpes oral atau infeksi pada bibir dan mulut. Gejala umumnya luka atau lepuhan demam. Virus tipe 1 tidak diketahui dapat menyebabkan herpes genital, akan tetapi dapat berubah terutama diantara orang-orang yang memulai hubungan seksual pada usia muda (remaja).

Namun dalam kebanyakan kasus penyakit ini disebabkan oleh virus tipe 2. Virus tipe 2 hidup dalam saraf. Saat aktif virusnya bergerak ke permukaan area yang terinfeksi (kulit atau selaput lendir). Virus baru yang didapat dapat menularkan ke orang lain. Kemudian virusnya berjalan kembali ke saraf ke ganglion (massa jaringan saraf) biasanya di pangkal tulang belakang area virus tidak aktif untuk sementara waktu.

Baca Juga : Gejala Herpes Apakah Bisa Diatasi Dengan Cepat?

konsultasi

Apa Yang Menyebakan Penyakit Tersebut?

Sebagian orang yang berusia 12 tahun ke atas terinfeksi dengan Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2 yang menyebakan penyakit herpes genitalis akan tetapi sebagian tidak mengetahuinya. Lebih banyak wanita daripada pria yang terinfeksi. Karena virus dapat menginfeksi alat kelamin wanita lebih mudah daripada yang dimiliki pria. Penyakit herpes menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia seseorang. Semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki, maka semakin umum pula hal tersebut terjadi.

konsultasi

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Herpes Genitalis

Gejala penyakit herpes seringkali sangat ringan. Luka herpes muncul sebagai benjolan yang kecil dan berwarna merah atau lepuhan yang berwarna putih. Dan dapat muncul di bagian manapun dari alat kelamin. Jika salah 1 dari lepuhan ini pecah, kemungkinan adanya ulkus yang menyakitkan. Dan bisa mengeluarkan cairan atau dapat menyebabkan sakit saat kencing. Saat bisulnya sembuh, maka akan membentuk keropeng. Usahakan tidak menggaruk keropeng tersebut karena hanya akan membuat lebih iritasi. Saat bisulnya sembuh, keropeng akan terbentuk. Gejala potensial lainnya dapat termasuk :

• Terasa gatal di alat kelamin.
• Rasa sakit di alat kelamin.
• Gejalanya mirip dengan flu termasuk sakit pada tubuh dan demam.
• Pembengkakan kelenjar getah bening di area selangkangan.

penyakit herpes genitalis

Inilah Cara Mendiagnosis Penyakitnya

Diagnosis penyakit ini didasarkan pada riwayat medis seseorang, tanda dan gejalanya dan hasil dari tes atau pengujian. Beberapa tes atau pengujian diagnostik juga dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit ini. Tes atau pengujian ini biasanya dapat mengkonfirmasi infeksi dan mengidentifikasi virus (HSV tipe1 dan HSV tipe 2). Pemilihan tes atau pengujian akan tergantung pada gejala dan adanya luka atau borok pada saat melakukan pemeriksaan dengan dokter.

konsultasi

Cara Mengobati Penyakit Herpes Genitalis Dengan Aman

Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini. Akan tetapi pengobatan antivirus dapat membantu mencegah virus berkembang biak dan mengurangi jumlah gejala yang dimiliki. Ini juga dapat mengurangi risiko penularan virus ke orang lain. Pada sebagian orang, melakukan pengobatan diawal sudah cukup.

Akan tetapi jika penyakitnya sering berjangkit, kemungkinan harus melakukan pengobatan lebih sering setiap harinya. Untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa gatal, usahakan agar alat kelamin tetap bersih dan kering selama adanya gejala. Selain itu juga bisa menggunakan kompres air dingin (es) setiap harinya.

Dokter dapat meresepkan pengobatan penyakit herpes genitalis dengan antivirus untuk meringankan rasa sakit dan keparahan luka terutama jika terdapat tanda-tanda lepuhan dalam 2 hari. Jika memiliki banyak gejala, maka perlu melakukan pengobatan setiap saatnya. Pengobatan antivirus tidak dapat menyembuhkan atau menghentikan penularan ke orang lain. Namun pengobatan dapat mengurangi gejala, dan menurunkan risiko penularan terhadap orang lain ketika tidak memiliki gejala apapun. Untuk info lebih lanjut hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dibawah ini.

Baca Juga : Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.