Gejala Herpes Apakah Bisa Diatasi Dengan Cepat?

Herpes adalah penyakit menular seksual (PMS). Kenali setiap gejala herpes agar bisa segera ditangani sejak dini. Tidak ada pengobatan untuk herpes, akan tetapi dengan pengobatan dapat membantu dalam mengendalikan infeksinya. Infeksi virus herpes umumnya disebabkan oleh tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 ditularkan terutama melalui kontak oral ke oral untuk menyebabkan infeksi atau disekitar mulut (herpes oral).

Tipe 2 secara eksklusif ditularkan secara seksual, dapat meneybabakn infeksi pada area genital atau anal (herpes genital). Namun tipe 1 juga dapat ditularkan ke area genital melalui kontak oral ke genital untuk menyebabkan herpes genital. Infeksi herpes oral dan infeksi herpes genital sebagian besar tidak menunjukkan gejala herpes, akan tetapi dapat menyebabkan gejala herpes yang ringan atau lepuhan dan borok yang menyakitkan di area infeksi.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes?

Herpes adalah infeksi virus yang sangat umum. Jika pernah menderita adanya lepuhan atau demam kemungkinan adanya ciri ciri herpes. Pada kebanyakan luka disebabkan oleh virus tipe 1. Atau nama lainnya herpes oral, herpes mulut atau herpes labialis. Virus herpes yang berkaitan erat dengan tipe 2 dapat menyebabkan sebagian besar kasus herpes genital. Akan tetapi tipe 1 dapat menyebabkan herpes pada wajah atau alat kelamin.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Herpes?

Ada 2 virus yang menyebabkan herpes genital, diantaranya adalah :

1. Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1.
2. Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 2.

HSV tipe 1 adalah virus yang menyebabkan luka di sekitar mulut. Kondisi ini dapat menyebabkan herpes genital ketika menyebar atau menular melalui seks oral. Akan tetapi sebagian besar, herpes genital disebabkan oleh HSV tipe 2.

konsultasi

Ketahui Tanda Dan Gejala Herpes Secara Umum

Pada kebanyakan orang dengan herpes genital tidak memiliki gejala herpes apapun. Kemungkinan juga tidak mengetahui saat terinfeksi. Beberapa orang dengan herpes genital dapat mengalami gejala luka di area genital dan anal. Alat kelamin adalah organ seksual atau reproduksi yang ada di luar tubuh. Luka akan sembuh dalam beberapa minggu.

Gejala herpes dapat disebabkan oleh stress, penyakit, kelelahan atau sinar matahari. Wanita dapat mengalami gejala herpes ketika menstruasi. Gejala herpes yang pertama kali biasanya yang paling parah. Gejalanya biasanya tidak terlalu parah dari waktu ke waktu. Kondisi ini sangat umum pada seseorang dengan HSV yang tidak memiliki adanya gejala yang terlihat.

Namun tanpa adanya gejala, seseorang masih dapat menularkan virusnya pada orang lain. Ketika seseorang mengalami gejala, biasanya termasuk luka. Kondisi ini adalah lepuhan yang berkembang di permukaan kulit dan kemungkinan terasa gatal atau ketidaknyamanan. Selain itu juga bisa terbuka dan mengeluarkan cairan.

Luka dapat berkembang dimana saja, akan tetapi biasanya terjadi disekitar mulut, alat kelamin atau anus tergantung pada jenis HSV. Sebagian besar luka muncul dalam 20 hari pertama setelah terinfeksi dan dapat bertahan selama 7 hari hingga 10 hari. Gejala HSV lainnya dapat meliputi kesemutan, terasa gatal atau rasa terbakar di area tersebut, gejalanya seperti flu, masalah dalam kencing dan infeksi mata. Gejala HSV biasanya terjadi dan dapat berlangsung antara 2 minggu hingga 6 minggu tergantung pada jenis HSV dan frekuensi gejalanya dapat bervariasi.

konsultasi

Bagaimana Herpes Dilakukan Diagnosis?

Untuk mengetahui menderita herpes genital, dokter dapat melakukan beberapa tes dan pegujian pada cairan dari luka atau dari darah (jika adanya luka). Seseorang dengan herpes genitali harus melakukan konsultasi dengan pasangan seksulanya yang baru atau dimasa yang akan datang mengenai infeksinya.

Karena seseorang kemungkinan tidak pernah memiliki gejala atau tidak adanya gejala selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah infeksi. Selama gejala, dokter dapat mendiagnosis herpes dengan melihat adanya luka. Atau dengan swab dari luka dan dianalisis di laboratorium. Ketika lukanya tidak ada, tes atau pengujian medis lainnya seperti darah dapat dilakukan untuk menemukan HSV.

gejala herpes

Cara Mengobati Herpes Dengan Cepat

Tidak ada pengobatan untuk herpes genital. Akan tetapi dokter dapat meresepkan pengobatan untuk membantu menghentikan gejala atau agar gejalanya lebih jarang terjadi dan membuatnya tidak terlalu parah jika terjadi. Selain itu juga untuk mengurangi risiko penyebaran atau penularan herpes genital ke orang lain.

Tidak ada pengobatan untuk HSV. Pada kebanyakan orang yang melakukan pengobatan dapat meredakan gejalanya dan dapat mempersingkat gejala. Pada kebanyakan orang diobati dengan pengobatan antivirus. Pengobatan antivirus bisa meredakan rasa terbakar, rasa gatal atau kesemutan. Pengobatan antivirus oral atau intravena dapat mempersingkat gejala.

Pengobatan herpes ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini. Anda sudah dapat melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Biayanya juga sangat terjangkau. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Wanita Yang Parah Apa Bisa Diobati?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.