Jenis Dan Ciri Ciri Herpes Yang Perlu Diketahui

Terdapat alasan tersendiri mengapa penyakit herpes dinyatakan sebagai salah satu kondisi yang menakutkan, lalu bagaimana ciri ciri herpes? Sebab penyakit satu ini dikenal tidak bisa disembuhkan. Jadi dalam kondisi tubuh tertentu, infeksi dapat kambuh lagi. Oleh sebab itu, penting sekali Anda memahami penyebabnya, bagaimana cara penanganannya, dan yang terpenting langkah pencegahan.

Jadi pada dasarnya, penyakit ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis infeksi yang sering ditemui pada beberapa kalangan. Penyakit ini hadir ditandai dengan munculnya gelembung berisikan cairan yang berkelompok pada permukaan kulit. Infeksi ini pada kalangan masyarakat umum disebut dengan cacar. Kemudian untuk penyebabnya, tidak lain karena virus Vsp.

konsultasi

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan kami ulas secara lengkap mengenai jenis dan ciri ciri herpes, bagaimana cara pertolongan pertama, metode pengobatan, apabila sudah terlanjur terjangkit dan tindakan pencegahan yang akan membantu Anda.

ciri ciri herpes

Apa Saja Jenis Dan Ciri Ciri Herpes

Jadi pada dasarnya, terdapat 3 jenis penyakit herpes, yakni herpes simplex dan zoster. Walaupun sebenarnya keduanya disebabkan oleh virus vsp, namun terkait dengan gejala yang ditunjukan oleh kedua jenis penyakit ini tak sepenuhnya sama.

Jadi penting untuk kalian perhatikan terkait gejala panyakit satu ini, perlu untuk diwaspadai supaya tidak semakin parah. Jika memang seperti itu, penting untuk tahu mengenai ciri cirinya.

Baca Juga : Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita

konsultasi

1. Jenis herpes simplex

Type ini pada umumnya ditandai dengan hadirnya ruam dan luka melepuh pada leher, lengan atau anggota tubuh lainnya. Kemudian terkait dengan penyebab, berdasarkan pada virus yang menjadi pemicunya yakni hsv-1.

Tipe 2 lebih dikenal dengan ciri ciri herpes simplex virus hsv 1, pada umumnya bagian tubuh yang diserang adalah mulut atau pinggang ke atas. Virus ini pada kenyataannya bisa dikatakan sebagai infeksi kulit yang cukup umum.

Bahayanya infeksi virus ini memang bisa diobati, namun tak bisa sembuh secara permanen. Sebab sewaktu-waktu apabila tubuh dalam kondisi imun yang lemah, virus berpotensi muncul kembali.

Selain hsv 2 ada juga type 2 atau biasa disebut dengan herpes genital. Pada numumnya virus ini akan menyerang bagian pinggang kebawah. Mayoritas yang diserang yakni bagian kelamin. Itulah kenapa banyak yang menyebutnya dengan herpes genitalis.

konsultasi

2. Jenis herpes zoster

Penyebab dari ciri ciri herpes jenis zoster ini bisa dikatakan sebagai infeksi kulit yang sebenarnya lanjutan dari cacar air. Sebab virus yang menyerang merupakan bakteri yang sama.

Bedanya jenis zoster ini mempunyai ciri seperti cacar bergelembung yang besar serta berkelompok di beberapa bagian badan tertentu, bisa di dada, dahi, atau punggung. Kemudian terkait dengan proses penularannya, bisa melalui batuk, bersin atau pakaian.

Bagaimana Atasi Penyakit Herpes Dengan Tepat

Langkah awal yang perlu dilakukan penderita yakni dengan menjaga gelembung cairan supaya tidak pecah, sehingga tidak akan meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk kuman lainnya. Kemudian untuk penderita yang tidak tahan dengan hawa dingin, sebaiknya Anda tidak mandi dahulu. Sebab kami khwatirkan akan menimbulkan kendala yang semakin buruk.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan yakni jika Anda sudah terserang infeksi penyakit herpes kulit, sebaiknya segera berkunjung ke dokter. Ini menjadi langkah yang sangat penting, karena berhubungan dengan kesehatan diri Anda dan orang yang ada disekitar.

Pada umumnya dokter akan menjalankan pemeriksaan sesuai dengan tanda dan gejala yang timbul. Apalagi infeksi akibat virus herpes bisa dilihat secara kasat mata dengan cara perhatikan luka yang meradang. Bagi Anda yang merasa tidak nyaman, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai ciri ciri herpes, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Ampun Atasi Penyakit Herpes Genitalis Menular

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.