Mengenal Penyakit Kelamin Wanita Dan Gejalanya

Tidak hanya kalangan pria, lawan jenis pun harus waspada kepada penyakit kelamin wanita. Sebab tidak jarang, infeksi kelamin wanita tak disadari keberadaanya dan berdampak buruk pada kesuburan.

Penyakit kelamin wanita bersifat asimtomatis yakni hadir tanpa gejala. Namun bisa berkembang dan ditandai dengan munculnya keputihan atau benjolan luka yang disertai rasa nyeri dan gatal pada area organ intim. Pada umumnya, penyakit kelamin wanita disebabkan oleh infeksi menular seksual. Selain itu, masalah lainnya seperti dermatitis disebabkan oleh iritasi atau alergi.

konsultasi

Bagaimana Cara Mengenal Penyakit Kelamin Wanita Dan Gejalanya

Tanda gejala yang timbul dari berbagai jenis infeksi kelamin wanita mayoritas tidak disadari penderitanya. Berikut beberapa penyakit kelamin wanita serta gejala yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Gejala Penyakit Menular Seksual Dan Pengobatannya

1. Keputihan Tidak Normal

Cairan keputihan normal bermanfaat untuk melembabkan, mencegah terjadinya infeksi, dan membersihkan vagina. Normalnya, sekresi keputihan mempunyai warna putih atau jernih dengan tekstur encer, lengket, dan tebal.

Namun apabila cairan keputihan hadir dengan warna kuning, kehijauan, dan abu-abu, bahkan bercampur dengan bercak darah, kemungkinan ini menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada vagina.

Keputihan tidak normal, pada umumnya disertai dengan bau tidak sedap, kemerahan pada vagina, bengkak, dan adanya sensasi panas seperti terbakar. Bahkan beberapa penderita merasakan nyeri ketika berhubungan seksual.

Ketika mengalami keputihan tidak normal serta diikuti dengan tanda lainnya seperti nyeri perut, terasa lelah, demam, dan sering buang air kecil tanpa sebab, segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter.

penyakit kelamin wanita

2. Herpes

Wanita memang rentan pada infeksi menular seksual, termasuk herpes. Pada awalnya, mungkin penderita tidak akan merasakan tanda dan gejala terserang virus herpes. Apabila seseorang sudah terinfeksi penyakit herpes, maka virus akan tetap hidup dalam tubuh, meskipun mungkin virus dalam keadaan tidak aktif.

Pada kalangan wanita, virus herpes mudah menular dan masuk melalui vagina, mulut, labia, dan kulit yang terluka. Penularan infeksi ini bisa terjadi jika adanya kontak kulit secara langsung, termasuk kegiatan seksual baik melalui anal, oral maupun vagina dengan penderita herpes.

Tanda-tanda seseorang terserang virus yakni mengalami gejala seperti masuk angin dan flu disertai dengan nyeri pada sendi dan otot. Di permukaan kulit pada area peradangan akan terasa gatal dan menjadi panas seperti terbakar, mengalami keputihan tidak normal, dan sakit kepala serta ketika buang air kecil terasa sakit.

konsultasi

3. Salpingitis

Salpingitis merupakan peradangan pada saluran tuba. Hampir semua kasus penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, termasuk infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore. Peradangan yang terjadi bisa menyebabkan kerusakan permanen di bagian saluran tuba, sehingga bisa menyebabkan kemandulan pada wanita.

Pada masalah salpingitis yang ringan, gejala yang ditimbulkan tidak akan terlihat oleh kalangan penderita. Adapun gejala yang akan muncul yakni keputihan tidak normal dan bau, sakit di bagian perut bawah, munculnya bercak darah, rasa nyeri saat menstruasi, sakit ketika berhubungan seksual, sakit ketika masa subur, mual dan muntah.

Apabila gejala salpingitis menyerang Anda, kami sarankan untuk segera konsultasi kepada dokter dan mendapatkan penanganan. Dokter akan memberi obat antibiotik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

konsultasi

4. Kutil kelamin

Sama dengan namanya, infeksi yang menular secara seksual ini menimbulkan gejala yang cukup mengganggu, yakni tumbuhnya kutil pada area kelamin. Disebabkan oleh infeksi virus dengan jenis human papilloma yang menular ketika terjadi kontak secara langsung, umumnya ketika berhubungan seksual.

Bagi Anda yang merasa terganggu dengan kondisi ini dapat segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo Jakarta untuk dapatkan penanganan terbaik. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit kelamin wanita, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Berikut, Jenis Penyakit Kelamin Yang Harus Diwaspadai

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.