Apakah Kutil Kemaluan Wanita Bisa Diobati?

Kutil kemaluan wanita terlihat seperti pertumbuhan yang kecil dan berwarna seperti daging, merah muda atau kemerahan di dalam atau disekitar organ seksual. Kutil kemungkinan terlihat mirip dengan bagian yang kecil seperti kembang kol atau sangat kecil dan sulit untuk dilihat. Biasanya sering muncul dalam kelompok dan dapat tumbuh dan menyebar atau menular dengan cepat. Kutil ini biasanya tidak menyakitkan meskipun dapat menyebabkan rasa sakit yang ringan, perdarahan dan terasa gatal.

konsultasi

Fakta-Fakta Mengenai Kutil Kemaluan

Kutil kemaluan wanita adalah infeksi menular seksual (IMS) yang sangat umum. Kutil ini dapat berkembang disekitar alat kelamin dan dapat muncul sebagai benjolan yang kecil atau pertumbuhan berdaging. Kutil ini hasil dari infeksi virus. Seseorang yang memiliki virus dapat menularkannya melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Kutil kemaluan dapat menyebabkan ketidaknyamanan akan tetapi tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya dan tidak bersifat kanker. Dokter biasanya meresepkan pengobatan untuk menghilangkan gejala dan juga untuk menghilangkan kutilnya.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Kutil Kemaluan?

Kutil kemaluan wanita merupakan hasil dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV). HPV adalah jenis infeksi menular seksual (IMS). HPV adalah IMS yang paling umum. Mempengaruhi kebanyakan orang dewasa dibawah usia 30 tahun. Seseorang dengan infeksi HPV dapat menularkan virusnya melalui :

• Seks vaginal, seks anal dan seks oral.
• Kontak genital kulit ke kulit.
• Persalinan.

Kutil kemalian tidak selalu muncul setelah terinfeksi, namun membutuhkan waktu selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk berkembang. Pada kebanyakan orang melawan virus tanpa pengobatan dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Setelah virusnya hilang, maka tidak dapat menularkannya lagi. Ada banyak jenis HPV, jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil kemaluan tidak dapat menyebabkan kanker.

konsultasi

Apa Saja Gejala Kutil Kemalian Wanita Secara Umum

Penularan kutil kemaluan wanita dapat berkembang di dalam vagina, vulva, serviks (leher rahim), dubur, area selangkangan dan paha atas. Karena virus dapat menyebar atau menular melalui seks oral, kutil juga dapat muncul di bibir, di mulut dan di tenggorokan. Kutil kemaluan wanita cenderung terlihat seperti benjolan yang kecil atau pertumbuhan.

Jumlah kutil dapat bervariasi dan berkelompok serta berkembang yang menyerupai bunga kol. Kutil kemaluan biasanya berwarna sama dengan kulit atau bisa juga lebih gelap. Benjolan kemungkinan terasa halus juga kasar. Namun sangat kecil untuk bisa diperhatikan. Kutil kemaluan tidak dapat menimbukan gejala, namun dapat terjadi dengan :

• Rasa gatal.
• Seperti terbakar.
• Kelembutan atau terasa sakit.
• Berdarah.

konsultasi

Bagaimana Cara Akurat Mendiagnosis Kutil Kemaluan?

Dokter biasanya mendiagnosis kutil kemaluan dengan melakukan pemeriksaan fisik. Untuk melihat kutil dengan lebih baik dan dapat menggunakan kolposkopi atau dengan yang lain jika kutil tidak terlihat oleh pandangan. Selain itu juga dengan mengambil sampel yang kecil dan terlihat serta dianalisis. Pengujian ini dapat membantu mengkonfirmasi diagnosis.

kutil kemaluan wanita

Cara Ampuh Mengobati Kutil Kemaluan Wanita

Tidak ada pengobatan untuk HPV. Sistem kekebalan seseorang untuk melawan virus seiring waktu. Jika kutil kemaluan wanita dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau kesusahan, dokter dapat meresepkan pengobatan untuk menghilangkan gejala atau menghilangkan kutil. Pengobatan ini juga dapat membantu mengurangi risiko penularan infeksi pada orang lain. Seseorang dengan kutil yang lebih besar atau kutil yang sulit untuk diobati, dokter biasanya merekomendasikan untuk menghilangkannya. Beberapa metode untuk menghilangkan kutil diantaranya :

konsultasi

• Cryotherapy

Melibatkan pembekuan kutil. Cryotherapy dapat menyebabkan sensasi seperti terbakar serta rasa sakit dan terik.

• Eksisi Bedah

Melibatkan pemotongan kutil. Sebelum prosedur ini dilakukan, biasanya dengan memberikan obati bius lokal untuk mematikan rasa di area tersebut.

• Electrocautery

Melibatkan pembakaran kutil pada kulit dengan alat-alat listrik. Kemungkinan memerlukan anestesi lokal atau anestesi umum.

konsultasi

• Terapi Laser

Dalam prosedur ini, dokter melakukan pembedahan dengan menggunakan sinar yang kuat untuk menghancurkan kutil. Prosedur ini dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi setelahnya.

Sangat penting untuk tidak menggunakan pengobatan untuk jenis kutil lain pada kutil kemaluan. Jika melakukannya hanya akan memperburuk gejalanya. Dengan menghilangkan kutil kemaluan tidak berarti dapat menghilangkan infeksi HPV. Kemungkinan dapat kambuh kembali setelah pengobatan dan masih dapat menularkan virusnya.

Usahakan menggunakan kondom saat berhubungan seksual karena akan membantu menurunkan risiko penularan kutil kemaluan wanita, akan tetapi tidak sepenuhnya dapat mencegahnya. Namun untuk lebih jelasnya lakukan pengobatan di Klinik Apollo. Dokter akan menyarankan dan merekomendasikan berbagai pengobatan terbaiknya. Atau bisa juga dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Fasilitas Dan Pengobatan Di Klinik Apollo Bagus Apa Tidak?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.