Berikut, Jenis Penyakit Kelamin Yang Harus Diwaspadai

Dalam beberapa tahun terakhir, jenis penyakit kelamin seksual sudah sangat mengkhawatirkan. Di beberapa negara, sudah banyak kalangan yang meninggal akibat berhubungan seksual yang tidak sehat dan beresiko. Seharusnya seks dilakukan dengan aman, meski bersama pasangan dalam jangka panjang sah Anda.

Menurut beberapa sumber, melakukan hubungan seks yang aman merupakan wujud dari rasa cinta kepada diri sendiri. Menjalankan seks yang aman seperti menggunakan kondom atau tidak melakukan casual seks bisa menghindari diri dari berbagai penyakit yang mematikan.

jenis penyakit kelamin

Apa Saja Jenis Penyakit Kelamin?

Nah jika Anda tidak ingin tertular infeksi menular seks ini, kenali jenis penyakit kelamin dibawah ini. Jika paham, Anda bisa lebih waspada dengan gejala aneh serta muncul pada area kelamin. Mari kita ulas informasi mengenai penyakit yang kami informasikan dibawah ini.

konsultasi

1. HIV

Salah satu penyakit menular seksual yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya yakni Hiv. Virus tersebut menyebabkan Hiv menular dari kegiatan seksual yang dilakukan dengan cara tidak aman. Selain itu pria homoseksual yang melakukan kegiatan seks anal juga berpeluang menyebarkan Hiv dengan cepat. Selain menular melalui hubungan seks, Hiv bisa menyebar melalui jarum, transfusi darah, atau jarum. Jika Anda hobi melakukan tato, jangan lupa minta jarum yang baru.

Tanda dan gejala dari Hiv sendirinya biasanya mirip dengan penyakit pada umumnya. Para penderita akan memperoleh tanda seperti sakit tenggorokan, demam, flu hingga sering berkerang ketika malam hari. Jika sudah semakin parah, penyakit ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang drastis dan tubuh menjadi mudah sakit-sakitan.

konsultasi

2. Kutil kelamin

Coba periksa alat kelamin Anda, terdapat kutil atau bintil yang tidak wajar atau tidak? Jika tidak ada, artinya Anda tidak terserang jenis penyakit kelamin ini. Jika terdapat bentol segera sembuhkan kutil kelamin agar tidak menyebar dan mempengaruhi fungsi seksual.

Secara umum kutil kelamin disebabkan oleh infeksi Hpv. Virus yang mempunyai banyak jenis penyakit kelamin ini akan menyebabkan kulit di sekitar kelamin, anus, dan di area wajah tumbuh bintik kecil. Jika dibiarkan, kutil akan selalu tumbuh dan tidak mudah di kontrol.

konsultasi

3. Gonore

Selanjutnya adalah gonore. Penyakit gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini mudah sekali menular dari kegiatan seksual. Baik kalangan wanita dan pria yang terkena sperma bisa tertular dengan mudahnya.

Penyakit yang dinamakan kencing nanah ini tak akan memberi gejala awal yang jelas. Pria atau wanita tak akan memperoleh tanda apapun. Penyakit akan terlihat setelah semakin parah dan muncul gangguan di area vagina atau penis.

konsultasi

4. Sifilis

Sifilis atau raja singan muncul pada penis dalam bentuk luka kecil di ujungnya. Selain pada ujung penis, terdapat luka di mulut walaupun rasanya tidak terlalu sakit. Luka tersebut pada umumnya akan bertahan selama 10 minggu sebelum pada akhirnya menghilang. Selanjutnya gejala akan hilang dengan sendirinya.

5. Klamidia

Klamidia disebabkan oleh bakteri jenis Chlamydia trachomatis. Penyakit ini tidak akan memberi gejala secara langsung, hingga penderita akan mengetahui setelah kondisi mulai parah. Gejala klamidia pada wanita berupa keluarnya cairan tak wajar di vagina, perih ketika berhubungan seksual, nyeri di bawah perut ketika kencing dan pendarahan menstruasi berjalan dalam jumlah banyak.

Pada kalangan pria, klamidia terlihat dari ujung penis yang terasa sakit dan mengeluarkan cairan bukan sperma ataupun precum. Tidak hanya itu, kantung zakar Anda akan terasa sakit ketika disentuh. Jika Anda mengalami masalah diatas, segera konsultasikan kondisi bersama kami Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik. Lakukan reservasi dengan mudah bersama sekarang di 081233881616. Demikian ulasan mengenai jenis penyakit kelamin, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.