Faktor Yang Menyebabkan Penyakit Kelamin

Baik kalangan wanita atau pria harus menjaga kebersihan organ intim, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit kelamin. Ada beberapa jenis faktor yang menyebabkan penyakit kelamin seperti parasite, jamur, bakteri, dan akan menginfeksi organ intim.

Apa Saja Macam Macam Penyakit Kelamin

Infeksi tersebut bisa terjadi karena berbagai jenis faktor, mulai dari kebiasaan mencuci bagian organ intim tidak bersih hingga menjalankan hubungan seksual yang tak sehat. Mari simak beberapa jenis penyakit kelamin yang perlu Anda pahami dan waspadai diantarannya.

konsultasi

1. Bartholinitis

Jenis penyakit satu ini tidak menular ketika berhubungan seksual. Penyebabnya yakni infeksi bakteri yang membengkak di bagian pinggir salah satu kelenjar bartholin. Ukuran kelenjar ini yakni satu senti dan ada di bagian lubang vagina. Ketika berhubungan seksual, kelenjar akan mengeluarkan cairan yang berguna sebagai pelumas.

2. Herpes genitalis

Penyakit herpes genital merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual. Kondisi tersebut di bagi menjadi dua jenis. HSV yang pertama pada umumnya menyerang badan bagian pinggang keatas dan HSV kedua menyerang badan bagian pinggang kebawah. Gejala HSV yakni menimbulkan rasa terbakar di bagian kulit yang mengalami luka. Selanjutnya penderita akan merasakan demam atau tidak enak badan, pusing, lelah, sakit kepala, dan nyeri otot.

Baca Juga : Seorang Dengan Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

konsultasi

3. Kanker serviks

Ini merupakan penyakit jenis kanker yang ditakuti banyak kalangan wanita. Menurut beberapa sumber, penyakit tersebut menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian wanita di dunia. Kebanyakan wanita mengidap kanker rahim, penyakit tersebut disebabkan oleh virus HPV yang sudah berkembang selama beberapa tahun, namun tak disadari penderitanya.

Kanker serviks sendiri tak mempunyai ciri yang spesifik, namun pada umumnya seorang yang mengidap kanker serviks akan memperoleh keputihan secara berlebihan, sakit ketika berhubungan seksual, terasa nyeri ketika buang air kecil, serta darah haid yang keluar lebih banyak dari jumlah normal atau pada umumnya.

konsultasi

4. Ulkus mole

Ini merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular melalui hubungan seksual dan lebih sering menyerang kalangan pria dibandingkan wanita. Terutama bagi pria yang sering berganti-ganti pasangan.

Jadi ulkus mole bisa disembuhkan hanya dengan antiseptik. Ciri penyakit pada kalangan pria adalah timbulnya luka di pangkal paha dan terdapat rasa nyeri jika sudah terjadi infeksi. Sedangkan pada wanita, mereka akan mengalami rasa sakit ketika buang air kecil, terdapat luka pada vagina, adanya keputuhan, dan lain sebagainya.

penyakit kelamin

5. Trikomoniasis

Parasite protozoa menjadi penyebab utama timbulnya trikonomiasis yakni penyakit kelamin yang menular melalui hubungan seksual. Penyakit tersebut merupakan salah satu dari 3 penyakit yang umumnya terjadi pada wanita.

Faktor utama Anda memperoleh penyakit trikomoniasis yakni sering berganti-ganti pasangan, melakukan hubungan seksual dengan pria yang sudah terinfeksi terlebih dahulu atau tak menjaga kebersihan organ intim dengan benar. Jadi pada umumnya, trikomoniasis akan menunjukan tanda seperti dinding vagina yang kekuningan dan berbau tak sedap. Dalam beberapa kasus, bahkan vagina terlihat bengkak dan kemerahan.

Jaga selalu kesehatan organ vital Anda dan waspadai ada resiko penularan penyakit kelamin. Hubungi doter yang tepat untuk masalah kesehatan Anda. Dapatkan solusi untuk menjalankan tindakan pertama sebelum membuat janji langsung. Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan professional untuk semua pasien. Segera lakukan reservasi bersama di nomor 081233881616. Demikian ulasan mengenai penyakit kelamin, semoga beruntung.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Wanita Yang Parah Apa Bisa Diobati?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.