Jenis Dan Cara Pencegahan Pada Penyakit Kondiloma

Kondiloma merupakan istilah yang masih asing bagi kalangan masyarakat, namun kondiloma cukup dengan nama umumnya yakni kutil kelamin. Jadi kondiloma bisa disebabkan oleh infeksi virus Hpv yang menyebabkan kemunculan kutil dalam bentuk benjolan yang mirip dengan kembang kol atau jengger ayam. Pada kebanyakan masalah, sistem imun tubuh berhasil membunuh bakteri yang ada dalam penyakit tersebut.

konsultasi

Apa Saja Jenis-Jenis Penyakit Kondiloma

1. Kondiloma akuminata

Kondiloma akuminata merupakan sebuah kutil yang kemunculan disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11. Kadang kutil kelamin ini datang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah seseorang terserang virus HPV tersebut. Kutil kelamin bisa muncul di bagian luar vagina, serviks, vagina, penis, anus, sekitar anus, dan kulit di antara kelamin dan anus.

Baca Juga : Penyebab Kutil Kelamin Pada Masa Kehamilan

konsultasi

2. Kondiloma lata

Kondiloma nata merupakan sebuah kondisi kulit yang muncul ketika infeksi sifilis pada tahapan sekunder. Kondiloma lata pada umumnya mempunyai bentuk luka seperti kulit berwarna putih keabuan serta tidak terasa nyeri dan muncul di area yang lembab. Bakteri ini pada umumnya akan muncul di area kelamin dan anus serta mudah menular.

kondiloma

Potensi Munculnya Kondiloma

Kondiloma rentan dialami oleh kalangan yang terserang infeksi penyakit menular seksual, yang berhubungan dengan seks bersama orang yang tidak diketahui latar belakangnya atau menjalankan hubungan intim dengan banyak orang.

Sistem imun yang rendah, melakukan kontak kulit secara langsung dengan penderita kondiloma dan mempunyai luka pada kulit yang akan meningkatkan resiko seseorang mengalami kondiloma.

konsultasi

1. Kondiloma dan kanker

Kondiloma yang disebabkan oleh infeksi virus HPV dengan type tertentu berpotensi untu memicu kanker. Beberapa jenis kanker yang dialami karena infeksi virus HPV merupakan kanker testis, vulva, kanker serviks, anus, serta kanker mulit dan tenggorokan.

2. Kondiloma dan kehamilan

Ketika hamil, kutil kelamin bisa membesar atau bertambah banyak serta menimbul darah. Kutil kelamin bisa membesar dan membuat penderita kesulitan buang air kecil dan menghalangi vagina.

Selain itu, kutil kelamin dapat kurangi kemampuan jaringan vagina untuk meregang ketika melahirkan. Jadi kutil kelamin yang besar di vulva atau dalam vagina bisa berdarah ketika proses persalinan.

Dalam beberapa kasus, bayi bisa terinfeksi oleh virus kondiloma pada tenggorokan dan bisa menyebabkan terhalangnya pernafasan pada bayi. Apabila hal tersebut terjadi, bayi perlu dioperasi untuk mengangkat kutil pada tenggorokannya. Biasanya, dokter akan melakukan operasi kutil kelamin pada bayi atau merekomendasikan operasi atau besar saat kelahiran.

konsultasi

Bagaimana Cara Melakukan Pencegahan Pada Penyakit Kondiloma

Kondiloma bisa dicegah dengan menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual, walaupun tidak 100% dapat melindungi, namun bisa mencegah Anda terserang kondiloma. Selain penggunaan kondom, Anda bisa mencegah kondiloma dengan melakukan imunisasi HPV gardasil yang bisa melindungi dari berbagai jenis virus Hpv.

Namun ada beberapa efek samping dari vaksin jenis ini, Anda bisa alami efek samping berupa nyeri kepala demam seperti gejala flu, rasa pegal pada tubuh yang diberikan injeksi vaksin gardasil 9, pusing, bahkan pingsan.

Bagi kalangan wanita, melakukan pemeriksaan pap smear bisa mendeteksi ada tidaknya kondiloma yang terjadi karena infeksi Hpv. Selain itu, pap smear juga bisa membantu deteksi kanker serviks.

Jika Anda mengalami kutil kelamin, segera berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan penanganan sebelum kutil kelamin yang dialami semakin parah. Jika anda mengalami tanda dan gejala diatas segera diskusi bersama dokter di Klinik Apollo Jakarta. Lakukan reservasi sekarang bersama kami di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai kondiloma, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Gejala Penyakit Menular Seksual Dan Pengobatannya

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.