Penyebab Kutil Kelamin Pada Masa Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu masa paling membahagiakan dan dinantikan oleh banyak wanita, lalu apa penyebab kutil kelamin di masa kehamilan? Selama hamil wanita akan berusaha menjaga kondisi fisik demi buah hati yang ada dalam kandungan.

Salah satu hal yang tak kalah penting untuk dijaga ketika hamil yakni kondisi organ kewanitaan. Pasalnya resiko mengalami berbagai jenis penyakit tetap akan terjadi, bahkan akan meningkat, ketika seorang wanita hamil. Salah satunya yakni kutil kelamin.

konsultasi

Apa Penyebab Kutil Kelamin Pada Masa Kehamilan?

Kutil kelamin atau biasa disebut dengan kondiloma akuminata pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus HPV. Virus ini terdiri dari berbagai jenis tipe, namun yang menyebabkan kutil kelamin yakni tipe 6 dan 11. Kutil kelamin tergolong kedalam penyakit menular seksual, yakni kondisi yang ditilarkan melalui kontak seksual, baik secara anal, oral atau vaginal.

Karena kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual, maka setiap kalangan yang sudah aktif secara seksual menjadi berisiko untuk mengalami penyakit ini. Angka kejadian kutil kelamin yang tinggi yakni pada usia kurang lebih 30 tahun.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghentikan Penularan Kutil Kelamin?

konsultasi

Infeksi virus HPV pada umumnya tidak akan menimbulkan gejala yang spesifik. Seseorang baru menyadari dirinya terserang kutil kelamin, karena pada saat infeksi timbul benjolan di area kemaluan. Selain itu, beberapa tanda dan gejala lainnya yakni.

● Permukaan mempunyai bentuk seperti jengger ayam.
● Terdapat benjolan dengan warna lebih pucat dan kemerahan.
● Benjolan ada di area kemaluan dengan ukuran yang bervariasi.

Secara umum, penyebab kutil kelamin yang muncul saat hamil tidak akan menimbulkan komplikasi pada kehamilan seperti kelahiran prematur, keguguran, atau bayi lahir dengan berat rendah. Kutil kelamin jarang menimbulkan kecacatan organ pada janin.

konsultasi

Walaupun demikian, bukan berarti kutil kelamin ketika hamil boleh dibiarkan begitu saja. Jika kutil menjadi semakin besar, bertambah banyak dan mudah mengeluarkan darah, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Pendarahan yang berasal dari penyebab kutil kelamin bisa memicu pembukaan leher melalui rahim dan terjadilah persalinan prematur.

Selain itu, Anda perlu diskusikan dengan dokter mengenai pilihan cara persalinan, apakah masih mungkin dijalankan secara normal atau melalui jalan lahir atau metode operasi cesar. Perlunya Konsultasi tersebut dilakukan karena ditemukan resiko bayi mengalami kondisi respiratory papillomatosis, yakni tumbuhnya benjolan kutil pada saluran napas menengah atau bawah, jika persalinan dilakukan secara normal.

Jadi perlu Anda ketahui bahwa kondisi ini memang jarang terjadi, namun tidak ada salahnya untuk mewaspadai hal ini.

penyebab kutil kelamin

Pengobatan Dan Pencegahan Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin bisa diatasi dengan berbagai jenis obat atau proses bedah. Obat-obatan yang dipilih bersifat sitotoksik atau dapat menghancurkan sel. Metode pembedahan dilakukan pada kutil yang berpotensi menjadi ganas dan tumbuh dalam jumlah besar, bahkan posisinya ada di lokasi yang sulit di jangkau.

Pada masa kehamilan, pengobatan kutil kelamin umumnya harus ditunda sampai persalinan, kecuali kutil mengalami pendarahan. Jika terdapat pendarahan, dokter akan melakukan penanganan segera.

Walaupun demikian, infeksi HPV tetap bisa dicegah dan meminimalisir resikonya yakni dengan melakukan kegiatan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan serta menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, kutil kelamin ketika hamil jarang menyebabkan penyakit, namun bukan berarti Anda boleh mengabaikan masalah ini. Segera konsultasi dengan dokter, jika Anda mengalami kutil kelamin ketika hamil untuk penanganan terbaik, demi kesehatan.

Lakukan konsultasi sekarang juga di Klinik Apollo untuk mendapatkan perawatan terbaik. Untuk reservasi Anda bisa segera hubungi 081233881616. Demikian mengenai penyebab kutil kelamin yang harus dipahami, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Apakah Kutil Kemaluan Wanita Bisa Diobati?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.