Atasi Sejak Dini Penyakit Sipilis Pada Wanita

Penyakit sipilis pada wanita dalah infeksi bakteri yang dapat disembuhkan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir atau kulit yang terkelupas. Begitu masuk ke dalam tubuh, penyakit sifilis memasuki aliran darah dan menempel pada sel, serta merusak ogan seiring waktu.

Ada beberapa tahap melalui mana penyakit sipilis yang tidak diobati berkembang, masing-masing tahapan dengan tanda dan gejala yang bervariasi. Penyakit sipilis pada wanita yang tidak segera diobati dari tahap awal hingga tahap akhir dapat menghasilkan gejala selama 17 hari hingga 30 tahun. Sementara dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Komplikasi yang dapat berkembang pada tahap selanjutnya tidak dapat diatasi dengan pengobatan.

konsultasi

Penyakit Sipilis Itu Apa?

Penyakit sipilis pada wanita adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri. Klamidia dan gonore (kencing nanah) adalah PMS yang paling umum. Infeksi ini dapat mempengaruhi wanita dan biasanya muncul sebagai chancre. Penyakit sipilis menyebar atau menular dari orang ke orang melalui kontak seksual dengan luka penyakit sipilis.

Luka penyakit sipilis dapat ditemukan pada vagina atau anus dan dapat ditemukan pada dubur, di dalam mulut atau di bibir. Seseorang dapat terinfeksi dengan melakukan kontak langsung dengan luka penyakit sipilis selama hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral yang tidak terlindungi. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kehamilan.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?

Wanita tertular penyakit sipilis dari kontak sekusal dengan seseorang yang terinfeksi oleh bakteri Treponema Pallidum atau Spirochete. Orang lain pun dapat terinfeksi dan dapat menularkan ke orang lain lain. Terkadang luka atau infeksinya kemungkinan tidak terlihat dan kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Penyakit sipilis dapat menyebar atau menular pada pria dan wanita, pada wanita dan wanita, pada pria dan pria. Kontak dengan luka penyakit sipilis dapat menyebarkan atau menularkan infeksi. Bisa masuk ke tubuh melalui vagina, anus, mulut dan tenggorokan atau kulit yang rusak. Wanita hamil dapat menularkan infeksinya pada bayinya sebelum dilahirkan.

konsultasi

Apa Saja Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita

Ada beberapa tahapan penyakit sipilis pada wanita. Masing-masing ditentukan oleh jangka waktu seseorang terinfeksi. Tanda dan gejalanya dapat bervariasi di setiap tahapnya.

1. Tahap Primer

Tanda pertama penyakit sipilis berupa luka yang kecil dan bulan serta kencang. Luka ini muncul di area dimana saat memasuki tubuh seperti vulva, vagina, lidah atau bibir. Tandanya kemungkinan ada di dalam vagina. Sebagian besar tidak menyebabkan rasa sakit. Bisa juga lebih dari 1 luka. Tanda penyakit sipilis bisa hilang dalam waktu sekitar 3 minggu hingga 6 minggu bahkan tanpa adanya pengobatan. Jika tidak segera ditangani pada tahap ini, maka akan berlanjut ke tahap lain.

konsultasi

2. Tahap Sekunder

Tahap ini dapat muncul dengan ruam pada 1 area atau lebih di tubuh. Sebagian besar muncul di telapak tangan dan bagian bawah kaki. Tanda-tanda lain kemungkinan termasuk sakit tenggorokan, kelenjar membengkak, demam, rambuh rontok, sakit kepala dan otot, penurunan berat badan, kelelahan. Jika tidak segera diobati dalam tahap ini, tanda gejalanya akan hilang. Namun bakteri penyakit sipilis masih ada didalam tubuh. Infeski akan berlanjut ke tahap laten.

3. Tahap Laten

Tahap ini juga bisa bertahun selama bertahun-tahun. Penyakit sipilis tetap berada di dalam tubuh tanpa adanya gejala infeksi. Setelah 10 tahun hingga 20 tahun tanpa adanya pengobatan, penyakit sipilis dapat berkembang ke tahap lanjut.

konsultasi

4. Tahap Tersier

Penyakit sipilis pada tahap ini dapat menyebabkan mati rasa, masalah dengan pembuluh darah, kerusakan pada tulang dan sendi, kesulitan berjalan, kebutaan, kelumpuhan, kerusakan otak, demensia, penyakit jantung dan kematian.

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?

Penyakit sipilis dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan fisik, mempelajari sampel cairan yang diambil dari luka dibawah mikroskop atau yang lebih umum dengan tes atau pengujian darah. Konsultasikan dengan dokter mengenai tes dan pengujian sipilis jika sedang hamil, melakukan hubungan seksual tanpa kondom, memiliki tanda dan gejala penyakit sipilis. Pernah melakukan hubungan seks anal, seks oral dan seks vaginal dengan seseorang yang didiagnosis menderita penyakit sipilis, telah didiagnosis dengan IMS lainnya.

penyakit sipilis pada wanita

Pengobatan Untuk Penyakit Sipilis Pada Wanita

Penyakit sipilis pada wanita dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik di semua tahap penyakit. Selesaikan pengobatan antibiotik. Usahakan tidak berhubungan seksual hingga pengobatannya seleai dan dinyatakan sembuh oleh dokter. Selalu konsultasikan dengan dokter jika adanya gejala yang tidak hilang setelah melakukan pengobatan.

Beberapa kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh penyakit kemungkinan tetap ada. Penyakit sipilis harus diobati dengan pengobatan antibiotik. Penyakit sipilis baisanya diobati dengan pengobatan antibiotik lain yang dapat digunakan untuk penderita yang alergi terhadap pengobatan tertentu.

Beberapa orang dengan penyakit sipilis pada wanita tahap awal kemungkinan mengalami demam yang ringan, sakit kepala atau pembengkakan luka setelah pengobatan. Bisanya tidak serius. Setelah pengobatan, dokter akan menindaklanjuti pengobatan untuk memastikan pengobatannya berjalan lancar. Sangat penting mengobati penyakit sipilis sejak dini, karena kerusakan yang disebabkan oleh penyakit ini tidak dapat diatasi. Hubungi kami di Klinik Apollo dengan kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan online dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.