Bahaya 4 Tahap Penyakit Raja Singa

Penyakit raja singa atau sipilis adalah penyakit menular sekusal (PMS) yang serius dan disebabkan oleh bakteri. Setelah sipilis memasuki tubuh, sipilis dapat merusak organ dan sistem saraf. Sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Sipilis masih dianggap sebagai penyakit yang berpotensi mematikan.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Raja Singa?

Penyakit raja singa atau sipilis adalah infeksi bakteri menular seksual yang terus meningkat. Sipilis ditularkan melalui hubungan seks oral, seks vaginal atau seks anal dengan seseorang yang terinfeksi. Seorang wanita hamil dengan sipilis dapat menularkannya pada bayinya yang belum lahir, terkadang menyebabkan cacat lahir atau kematian.

Meskipun kurang umum, namun juga dapat ditularkan melalui berbagi jarum atau melalui kulit yang rusak. Kasus sipilis jarang terjadi, akan tetapi angka ini telah meningkat dari tahun ke tahun. Ketika gejalanya mulai terjadi. Jumlah kasus terus bertambah menunjukkan bahkan seseorang tidak melakukan dengan baik hubungan seks yang lebih aman. Sipilis dapat mempengaruhi pria khususnya yang berusia diatas 30 tahun.

konsultasi

Penyebab Umum Penyakit Ini

Penyakit raja singa atau sipilis disebabkan oleh Treponema Pallidum atau Spirochete yang tidak bisa bertahan lama di luar tubuh seseorang. Bakteri ini masuk melalui selaput lendir atau kulit mencapai kelenjar getah bening regional dalam beberapa jam dan dengan cepat menyebar atau menular ke seluruh tubuh.

Sipilis dapat menyebar atau menular melalui kontak seksual yang dekat biasanya dalam bentuk seks oral, seks vaginal atau seks anal. Pada wanita hamil dapat menularkan penyakitnya ke anaknya yang belum lahir dan mengakibatkan bayi dilahirakan dengan sipilis atau dikenal dengan sipilis bawaan dan dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit dan organ pada bayi. Sipilis bawaan bisa berakibat fatal. Seorang wanita hamil yang menderita sipilis juga kemungkinan memiliki bayi yang lahir mati.

Baca Juga : Penyembuhan Untuk Penyakit Sipilis Pada Pria

konsultasi

Kenali Gejala Penyakit Raja Singa

Berikut ini beberapa gejala penyakit raja singa atau sipilis menurut tahapannya, meliputi :

• Tahap Primer

Sipilis awalnya dapat menyebabkan luka atau bisul di sekitar area genital, mulut atau tenggorokan dalam 10 hari hingga 90 hari (rata-rata 21 hari) setelah infeksi. Luka ini disebut chancre yang dapat berupa berbagai ukuran atau bentuk. Biasanya tanpa rasa sakit, tidak berdarah dan bisa terasa seperti benjolan yang keras pada kulit. Terkadang luka ini bersifat internal dan tidak diketahui. Jika tidak segera diobati, lukanya biasanya sembuh dan hilang setelah beberapa minggu, namun infeksi sipilis tetap ada di dalam tubuh dan seseorang tersebut masih bisa menularkannya.

konsultasi

• Tahap Sekunder

Dalam 2 bulan hingga 6 bulan setelah terinfeksi, tahap sekunder terjadi. Gejalanya kemungkinan termasuk penyakit seperti flu, ruam pada batang, telapak tangan dan telapak kaki, kelenjar membengkak, kutil seperti benjolan di sekitar area yang lembab pada tubuh dan rambut yang rontok. Beberapa orang juga mengalami sakit kepala, kelelahan dan nyeri pada tulang, otot dan persendian. Ketika gejala ini hilang, namun seseorang tersebut masih bisa menularkannya.

• Tahap Laten

Seseorang tersebut tidak memiliki gejala akan tetapi menular. Salah 1 cara mengetahui menderita sipilis dengan melakukan tes atau pengujian darah.

konsultasi

• Tahap Tersier

Pada tahap ini tidak menular. Salah 1 cara mengetahui menderita sipilis dengan melakukan tes atau pengujian darah.

penyakit raja singa

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Sipilis didiagnosis melalui tes atau pengujian darah sederhana dan mudah diobati dengan pengobatan antibiotik lain. Jika tidak segera diobati sipilis dapat bergerak melalui beberapa tahapan seperti tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier. Sipilis biasanya menular selama kurang dari 1 tahun selama tahap primer dan tahap sekunder dan awal tahap laten. Jika infeksinya terus tidak diobati, sipilis dapat berkembang ke tahap tersier. Tidak semua orang yang terinfeksi sipilis akan mengalami gejala.

konsultasi

Cara Tepat Mengobati Penyakit Raja Singa

Sipilis adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Sipilis juga dapat salah ketika didiagnosis, terutama jika seseorang berada pada tahap sekunder dan menderita dengan gejala yang mirip dengan flu. Karena beberapa gejala tampaknya hilang dengan sendirinya seperti chancre, biasanya orang tersebut mengabaikannya.

Karena penyakit ini dapat bertahan selama 10 tahun untuk mencapai ke tahap tersier, pada kebanyakan orang kemungkinan tidak menyadari pada penyakitnya atau masalahnya yang dialami selama rentang waktu yang kemungkinan disebabkan oleh berbagai tahapan sipilis. Konsultasikan dengan dokter jika adanya salah 1 gejala tersebut.

Sipilis dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Hubungi kami di Klinik Apollo untuk melakukan pengobatan penyakit raja singa ini. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Dengan menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya dibawah ini.

Baca Juga : Sifilis Adalah Raja Singa Dengan Penularan Seksual

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.