Mencukur Rambut Kemaluan Penyebab Penyakit Kelamin Pria?

penyakit kelamin pria

Beberapa pasangan mempunyai ritual khusus sebelum berhubungan seksual, mencukur rambut dapat sebabkan Penyakit kelamin pria? Misalnya berkumur, sikat gigi, menggunakan deodoran, dan berbagai hal lainnya.

Mungkin memilih membersihkan badan dengan merapikan bulu halus di sekujur tubuh, misalnya mencukur rambut kelamin. Mencukur entah bulu ketiak, kaki, atau area kemaluan merupakan pilihan masing-masing.

Cukurlah jika Anda menginginkan penampilan rapi atau bahkan membiarkan tumbuh lebat. Namun kali ini kami ingin memberi informasi bahwa tidak mencukur rambut kemaluan sebelum berhubungan seks dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

konsultasi

Apakah Mencukur Rambut Kemaluan Jadi Penyebab Penyakit Kelamin Pria?

Walaupun mencukur rambut kemaluan terbukti dapat menurunkan resiko mempunyai kutu pubis, namun kebiasaan ini berkaitan dengan peningkatan resiko berbagai jenis penyakit kelamin pria. Mencukur rambut kemaluan sebelum berhubungan seks dapat meningkatkan kesempatan tertularnya penyakit kelamin cukup drastis.

Rambut pada kemaluan hadir mempunyai tujuan tersendiri. Jadi area tersebut mempunyai fungsi sebagai pelindung terhadap gesekan pada kulit sensitif yang bisa menyebabkan cedera pada kulit. Rambut kemaluan dapat melindungi kulit dari berbagai kuman dan bakteri yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Beragam Penyakit Pada Kelamin Laki Laki

konsultasi

Beberapa sumber bahkan menerbitkan bahwa kalangan pria yang mencukur rambut kelamin mereka sebelum berhubungan seks lebih besar kemungkinannya terserang penyakit kelamin pria menular dalam hidupnya termasuk klamidia, gonore, HPV, HIV, kutil kelamin, dan sipilis.

Tidak hanya itu, terdapat berbagai faktor lainnya seperti usia, dan jumlah pasangan seksual yang dimiliki seseorang. Teori mencukur rambut kemaluan dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan luka mikro yang tidak disadari penderitanya.

Luka pada daerah kemaluan bisa menjadi pintu utama bagi bakteri dan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi area alat kelamin atau daerah kemaluan yang rentan terhadap infeksi herpes. Karena luka kecil yang terserang oleh virus baik melalui alat kelamin seperti vaginal, anal atau mulut yakni seks oral.

konsultasi

Cara Aman Mencukur Rambut Kemaluan Sebelum Berhubungan Seksual

Luka kecil yang terbuka dikombinasikan dengan lingkungan genital yang hangat dan lembab merupakan tempat ternyaman bagi bakteri untuk berkembang. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyebaran lebih lanjut dari berbagai penyakit kelamin pria.

Apabila Anda harus mencukur rambut di area tersebut, kami sarankan untuk memastikan Anda serta pasangan sudah benar-benar di uji untuk kemungkinan penyakit kelamin menular, agar kekhawatiran mengenai risiko dapat dihindari.

Selain itu, sebaiknya tidak mencukur rambut kemaluan tepat sebelum berhubungan seksual terjadi. Cukur sehari atau dua hari sebelum Anda berhubungan seks untuk memberi jeda waktu pada kulit di area kemaluan pulih dari gesekan alat cukur.

Sebab kulit di bagian tersebut sangat sensitif dan rentan rambut tumbuh ke dalam setelah bercukur, sehingga setiap gesekan yang terjadi ketika berhubungan seksual bisa menyebabkan iritasi.

Kami sarankan Anda tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau jenis apapun yang akan bergesekan secara langsung dengan kulit tepat setelah mencukur area sensitif tersebut, karena hal tersebut dapat menyebabkan benjolan atau iritasi yang beresiko.

Jika Anda mempunyai berbagai keluhan yang mengganggu saatnya melakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk dapatkan penanganan terjamin. Semua pasien akan dapatkan pelayanan dan kualitas maksimal.

Dokter yang bekerjasama dengan kami sudah berpengalam dan ahli dalam bidangnya. Untuk dapatkan informasi lebih lanjut hubungi 081233881616. Demikian mengenai penyakit kelamin pria, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Gejala Dan Macam Macam Penyakit Kelamin Wanita

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.